Tips Menjadi Guru Youtuber Pemula Dan Cara Publikasinya

- Editor

Kamis, 21 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Guru Youtuber – Menjadi Guru Youtuber dengan banyak subcriber menjadi salah satu kebanggaan bagi seorang guru, selain tugas utamanya mengajar di kelas, namun melalui media Youtube juga bisa membagikan ilmunya untuk masyarakat luas.

Memang bukanlah hal yang mudah untuk memulai sesuatu yang baru, apalagi hal yang sebelumnya belum pernah dilakukan. Namun, melihat kondisi sekarang semua dapat dipeljari dimana saja dan kapan saja.

Begitu juga dengan cara- cara atau langkah- langkah menjadi guru youtuber, yang juga dapat di pelajari dengan cara menonton video di Youtube maupun artikel.

Nah, berikut ini merupakan Tips menjad Guru Youtuber bagi seorang yang pemula.

Tips Menjadi Guru Youtuber

1. Bulatkan Niat

Untuk menjadi seorang youtuber, dengan niat yaitu untuk memberikan atau membagikan ilmu ke banyak orang, maka mulailah dengan mindset sebagai seorang pembelajar dan niat untuk memberikan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat.

Jangan ada keraguan untuk mengupload video yang menurut Anda masih biasa saja, masih kalah dengan video yang ada di Youtube. Namun, memang memerlukan waktu, kerja keras, kreatifitas, dan konsistensi untuk membuat video yang bagus dan banyak ditonton banyak orang.

2. Memilih Topik Channel Youtube

Terdapat dua jalan yang biasa ditempuh youtuber  dalam menentukan topik channel, yaitu yang pertama, Topik Channel Populer, dimana dalam channel terseut Anda bisa mengupload video dengan konten mengenai hal-hal yang sedang populer di masyarakat.

Yang kedua, mengenai Minat, Bakat, Pengetahuan, dan Pengalaman Anda, sebagai contoh seorang guru bisa mengupload video-video kegiatan pembelajarannya bersama siswa, tips sebagai seorang guru, maupun informasi- informasi yang pintung untuk guru ketahui.

3. Tentukan Target Penonton

Selanjutnya yaitu tentukanlah target penonton Anda. Untuk siapa  konten-konten video ini dibuat? Sebagai contoh konten edukasi  seperti media pembelajaran, tips mengajar, maupun informasi tentang guru tentu saja penontonnya adalah para guru.

Tentu jika sasarannya seorang guru, Anda pelu mengerti karakteristik konten yang disukai oleh para target penonton Anda.

4. Memilih Konten Video

Konten adalah hal yang penting dalam sebuah channel Youtube, bisa dijadikan sebagai branding sebuah channel youtube. Maka Anda harus benar membuat konten yang disukai dan sesuai dengan kebutuhan penonton.

Beberapa contoh konten video diantaranya seperti Hiburan, Teknologi, Komedi, Review product, Vlog, Podcast, Travel, challenge, Education, Gaming, Music, Film, Olahraga, Q & A, dan lain sebagainya.

5. Siapkan Sumber Daya Pendukung

Selain memikirkan konsep channel hingga pilihan konten youtube, Anda juga perlu memikirkan sumber daya harus disiapkan untuk menseriusi bisnis youtube yang menjanjikan ini mulai dari pikiran, tenaga, dan waktu kita.

Untuk Peralatan dipersiapkan secara bertahap sesuai dengan kemampuan awal bahkan bisa memulai dengan hanya bermodal hp saja, peralatan lain seperti kamera, tripod, lighting, kain green, microphone, dan laptop/pc bisa anda tambahkan secara bertahap.

Kemudian instal software/aplikasi video editing di hp maupun laptop anda, mulai saja dengan yang free dan bertahap untuk membeli software video editing yang berbayar.

Selain itu, seiring berjalannya waktu Anda dapat sambil belajar untuk terus meningkatkan konten video yang lebih berkualitas.

Selain dari tips diatas, PR selanjutnya adalah bagaimana cara membuat Channel yang kita buah mendapat perhatian penonton dan diminati untuk kemudian memiliki banyak subcriber?

Simak informasi berikut ini cara publikasi Youtube agar lebih maksimal

Publikasi Youtube

1. Buat Thumbnail Semenarik Mungkin

Thumbnail Youtube adalah kilasan video yang berbentuk gambar atau foto dan muncul sebagai cover video. Bagi para youtuber atau content creator thumbnail youtube memiliki peran penting, karena dapat mengundang banyak penonton untuk menonton videonya.

Buatlah Thumbnail Youtube yang membuat calon penonton penasaran hingga kemudian mengklik video Anda. Dengan memperhatikan seperti : dibuat dengan perpaduan warna desain yang menarik, gunakan font yang powerfull, tambahkan teks menarik penonton dan lain sebagainya.

2. Buat Judul Yang Menarik

Terkadang judul yang sedikit clikbait atau judul – judul yang membuat penoton penasaran. Dengan cara memilih kosa kata atau redaksi yang membuat calon penonton menjadi ingin menonton video Anda.

Anda bisa memodifikasi judul – judul dari Youtuber kenamaan yang sudah sukses sebelumnya.

3. Maksimalkan SEO Youtube

SEO YouTube merupakan langkah optimasi dari video yang Anda buat dan unggah di YouTube. Tujuan utama optimasi ini adalah membuat video lebih banyak diakses oleh masyarakat. Dengan kata kunci tertentu, video bisa muncul di posisi atas.

Dengan memperhatikan hal- hal sebagai berikut seperti : riset kata kunci, buat video dengan kualitas terbaik, upload pada jam terbaik (prime time Youtube), optimasi metadata, membuat thumbnail yang menarik, promosi video, manfaatkan Youtube analystics.

4. Promosikan Channel Youtube

Anda dapat melakukan promosi channel youtube di sosial media yang Anda miliki, dengan membagikan link konten video terbaru Anda, atau mengajak teman sejawat untuk menonton video Anda.

Selain itu, Anda juga bisa bergabung ke grup atau komunitas sesama Youtuber untuk bisa saling mendukung channel Youtubenya.

Keuntungan Menjadi Guru Youtuber :

1. Memperoleh penghasilan tambahan

Penghasilan menjadi youtuber dapat berasal dari Adsense. Maksudnya, Anda perlu mendaftarkan diri ke program google adsense terlebih dulu. Syaratnya adalah memiliki jumlah pelanggan minimal 1.000 dengan viewer dalam 1 tahun terakhir adalah 4.000 jam atau 240.000 menit.

2. Menjadi Pribadi Yang Bermanfaat

Ada banyak sekali jenis konten yang dapat Anda bagikan. Untuk memilihnya, Anda bisa fokus pada kemampuan, skill, atau passion. Nah, dari semua konten yang dibagikan tersebut akan ada beberapa yang menurut para penonton bermanfaat.

Sebagai contoh, khusus untuk konten tentang pembelajaran. Tentu ini akan menjadi video yang sangat bermanfaat juga bagi guru- guru lainnya.

3. Meningkatkan Skil di Bidang Lain

  1. Kemampuan videografi.
  2. Skill editing
  3. Meningkatkan kemampuan menulis deskripsi, judul, dan tag.
  4. Mengenal dan memahami konsep SEO.
  5. Tahu cara editing gambar untuk membuat thumbnail, dll.

4. Menjadi Amal Jariyah

Contoh konten yang berpotensi jadi amal adalah video edukasi seperti cara pemecahan soal, pembahasan soal-soal tertentu, trik cepat menyelesaikan soal, dan yang lainnya.

Yang menarik, saat pembuat videonya sudah meninggal dan channel-nya masih berjalan, konten ini tetap bisa bermanfaat buat orang lain sehingga berpotensi mendatangkan amal secara terus menerus.

Demikian informasi mengenai Tips Menjadi Guru Youtuber Pemula Dan Cara Publikasinya, semoga bermanfaat dan jangan ragu untuk memulai hal yang baru salah satunya yaitu menjadi seorang guru Youtuber.

Kesempatan terbuka untuk seluruh guru untuk mengikuti seleksi BEAEF Bacth 11, yaitu BEAEF (Beasiswa e-Guru Foundation) BACTH 11 dengan tema Belajar Berkarya untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar & Bersahabat dengan Siswa.

Kuota terbatas untuk 100 guru, benefit bagi penerima Beasiswa yaitu sebagai berikut :

  1. FREE Pelatihan bersertifikat 32 JP yang diselenggarakan e-Guru.id Bulan Mei
  2. FREE VIP Seminar Nasional e-Guru.id Bulan Mei dengan fasilitas eksklusif

Bagi Anda yang berminat mendaftar dapat mendaftar melalui link berikut ini : DAFTAR BEASISWA

(rtq/rtq)

Berita Terkait

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Berita ini 95 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:15 WIB

Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Berita Terbaru