Teknik dan Tips Merekam Video Menggunakan HP Dengan Hasil Yang Bagus

- Editor

Selasa, 19 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tips merekam video menggunakan HP – Menjadi seorang youtuber guru tidak boleh ada batasan karena sarana yang dimilikinya, merekam video bisa menggunakan dan memanfaatkan kamera yang tersedia di HP. Dengan sentuhan tips dan teknik yang memadai hasilnya tidak jauh beda dengan kamera profesional.

Mengabadikan momen penting dan bahagia dengan keluarga, teman dan kejadian menarik berupa video bukan lagi hal yang tidak mungkin, apalagi bagi Anda yang ingin mulai menjadi Youtuber.

Mengingat sekarang, kecanggihan smartphone yang semakin hari semakin memiliki kualitas kamera yang bagus, tidak kalah dengan kamera profesional.

Agar mendapatkan hasil gambar atau rekaman video yang bagus, maka terdapat beberapa hal yang harus diterapkan dan perhatikan dalam merekam.

Yaitu dengan memaksimalkan kemampuan kamera smartphone, sehingga kamera yang bagus tidak sia-sia dan dapat dimanfaatkan untuk membuat konten Youtube yang dapat menghasilkan.

Bagaimana Teknik dan Tips kamera yang biasa-biasa saja bisa menghasilkan kualitas video bagus ? Berikut ini tips merekam video menggunakan HP  agar hasilnya berkualitas bagus.

1. Mengatur Resolusi

Sebelum merekam, pastikan terlebih dahulu bahwa pengaturan resolusi video di HP yang akan anda gunakan tinggi. Beberapa kamera handphone saat ini sudah sanggup merekam video dalam resolusi full HD atau bahkan 4K.

Dengan memanfaatkan kemampuan dari kamera beresolusi yang tinggi, dapat menghasilkan video yang lebih jelas, tajam dan jernih. Jadi pastikan kalian sudah mengaturnya sebelum merekam.

2. Minimalisir Guncangan dengan Tripod

Gunakan dua tangan waktu pengambilan video menggunakan smartphone. Cara ini bisa membantu untuk meredam guncangan yang bisa membuat kualitas video kurang fokus.

Walaupun di smartphone sudah ada fitur anti guncangan ( image stabilization ) tapi teknik memegang smartphone juga cukup berpengaruh. Lebih bagus lagi jika anda menggunakan alat bantuan seperti tripod.

Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam merakam sebuah objek yang bergerak, karena jika hanya mengandalkan handphone dengan fitur (image stabilization) dan kekuatan tangan saja, tentu akan sangat sulit.

Jadi penggunaan tripod akan membantu Anda menghasilkan video yang lebih stabil. Sehingga hasilnya tetap jelas walaupun nantinya objek tersebut bergerak.

3. Mengatur Jarak Pengambilan

Untuk bisa mengambil rekaman video dengan kualitas yang bagus, Anda perlu mencari posisi yang ideal jarak obyek yang akan kita ambil.

Semakin jauh jarak kita maka dapat dipastikan kualitas video akan kurang bagus. Mengingat kemampuan kamera smartphone yang terbatas.

Selain itu yang perlu diperhatikan juga yaitu anda perlu memperhatikan posisi pencahayaan yang tepat, saat pengambilan rekaman video.

Hindari kontras dengan sumber cahaya, melawan sumber cahaya dan atur Angle yang menurut anda paling pas.

Terkadang sering posisi smartphone yang sering diabaikan, padahal ketika kita mengambil video dengan smartphone dengan posisi handphone tegak dan posisi horisontal ( miring ) hasilnya jauh berbeda. Hal ini akan terlihat ketika kita memutar hasil rekaman video di laptop.

Mada dari itu perlu memperhatikan posisi kamera HP saat akan memulai merekam dengan mempertimbangkan video yang terputar saat di laptop.

4. Maksimalkan Fitur di HP

Sebelum merekam, atur fitur yang dimiliki smartphone nada, mulai dari pencahayaan. Kualitas video yang dihasilkan, seperti pemilihan kualitas bagus ( hight quality ) sama seperti ketika kita akan mengambil foto.

Meskipun sebenarnya tidak semua handphone memiliki fitur khusus untuk merekam video seperti gyroscope atau Super Steady. Namun apabila HP Anda sudah memilikinya, ini sangat membantu dalam pengambilan video dengan objek yang bergerak cepat.

Mengkombinasikan fitur Super Steady atau gyroscope dengan tripod, karena selain dapat mengambil objek yang bergerak cepat, beberapa fitur tersebut mampu mengurangi guncangan pada handphone ketika merekam gambar.

Sehingga dapat menghasilkan video yang lebih stabil dan jelas tentunya dengan kualitas yang tidak kalah dengan menggunakan kamera profesional.

5. Audio Harus Jelas

Dalam sebuah video yang dihasilkan, selain memperhatikan gambar video hasil rekaman yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah kualiatas audio yang masuk di dalam video tersebut.

Memang banyak handphone yang memiliki audio bawaan yang bagus. Namun untuk memberikan hasil yang lebih maksimal, ada baiknya menggunakan microphone tambahan.

Hal ini mengingat banyak suara lain di sekitar kita yang nantinya ikut terekam atau kebocoran audio. Sehingga penggunaan microphone pada handphone sangat penting untuk menghasilkan audio yang jelas.

Microphone bisa menangkap suara dengan baik dan menghasilkan output suara yang lebih jernih. Sehingga Anda tidak perlu lagi bersusah payah menghilangkan noise audio ketika dalam proses editing.

Hal tersebut merupakan 5 teknik yang bisa dimaksimalkan dalam merekam video menggunakan kamera HP.

Berikut ini merupakan tips yang bisa di terapkan untuk dapat menghasilkan video yang bagus menggunakan HP, selain memperhatikan teknik yang sudah di jelaskan di atas.

Tips Merekam Video Menggunakan HP

Pertama, dari segi durasi rekaman video, ketika Anda mengambil rekaman untuk sebuah momen yang lama, sebaiknya matikan led flash ketika pencahayaan yang cukup bagus. Cara ini untuk menghemat baterai dan juga kontras cahaya yang berlebih.

Kedua, merekam video ber-since, maksudnya adalah ketika Anda ingin membuat dokumentasi seperti film. Sebaiknya merekam video secara bertahap, ambil spot atau since yang bagus dan engle yang bagus jugas secara bertahap.

Tidak dengan sekali ambil dan berpindah-pindah karena kamera smartphone hasilnya kurang begitu bagus jika kita merekam dengan menggerakkan cepat. Hasilnya akan blur dan tidak fokus.

Dari beberapa since atau bagian yang bisa kita edit menggunakan aplikasi edit video, baik di smartphone langsung maupun di komputer/laptop nantinya

Itulah teknik dasar dan tips merekam video menggunakan HP yang bisa anda coba terapkan, dengan memperhatikan hal-hal yang kecil dapat mempengaruhi dan menambah kualitas hasil rekaman video.

Mengingat kemampuan kamera HP terbatas, namun jika Anda bisa memaksimalkannya tidak menutup kemungkinan bisa menghasilkan yang berkualitas bagus dan dapat dinikmati dengan baik oleh penonton.

Namun jangan sampai keterbatasan harus menghalangi kreativitas Anda, apalagi bagi Anda guru yang ingin memulai menjadi youtuber.

Sudah banyak contoh guru-guru yang menjadi Youtuber, bisa simak beberapa kisah menariknya para guru-guru yang juga menjadi Youtuber. Meskipun pasti banyak kendala, tapi mencoba bukanlah hal yang salah. Seorang guru, sangat diuntungkan karena materi ajar setiap sesi bisa diunggah setiap pekan, bahkan setiap hari.

Kini giliran Anda untuk memulainya !

Melalui Workshop Nasional Gratis Editing Video Profesional Untuk Youtuber Guru Era Digital bersertifikat 32 JP, Anda akan memperoleh tips serta cara menjadi Guru Youtuber Profesional mulai dari membuat footage Video Youtube.

Simak dalam link ini untuk PENDAFTARAN GRATIS Workshop Nasional Editing Video Profesional Untuk Youtuber Guru Era Digital diselenggarakan kerjasama antara Belajar Era Digital dan e-Guru Foundation yang diselenggarakan secara gratis mulai tanggal 18- 21 April 2022.

https://naikpangkat.com/100-gratis-bersertifikat-32-jp-workshop-nasional-editing-video-profesional-untuk-youtuber-guru-era-digital/

Untuk Informasi lebih lengapnya silahkan menghubungi Wa.me/6289572129797 (Faizin)

(rtq/rtq)

Berita Terkait

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG
Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran
Terbaru, Siaran Pers Kemdikbud untuk  Guru TK,SD, SMP, dan SMA/SMK Tertanggal 16 Mei 2024, Simak Selengkapnya!
Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Berita ini 1,885 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:22 WIB

Terbaru, Siaran Pers Kemdikbud untuk  Guru TK,SD, SMP, dan SMA/SMK Tertanggal 16 Mei 2024, Simak Selengkapnya!

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Berita Terbaru