5 Aplikasi Edit Video Menggunakan HP Untuk Youtuber Guru Pemula

- Editor

Rabu, 20 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Aplikasi edit video menggunakan HP sudah banyak sekali tersedia berbagai aplikasi. Sehingga tidak menutup kemungkinan bagi Anda seorang guru yang ingin menjadi Youtuber akan dipermudah.

Mungkin beberapa puluhan tahun sebelumnya, tidak terfikirkan ada profesi yang namanya Youtuber. Siapa sangat justru sekarang profesi inilah yang sangat diminati banyak orang.

Serta dapat menghasilkan penghasilan yang dibilang fantastis. Sebut saja seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, Jerome Polin hingga Youtuber lain dengan berbagai jenis kontennya sudah di kenal seluruh Indonesia.

Tidak menutup kemungkinan juga Anda akan bisa menjadi salah satu diantara mereka, dengan konsistensi serta konten- konten yang dapat menarik perhatian penonton.

Banyak yang sudah memulai menjadi seorang Guru Youtuber, selain mengajar di sekolah, juga membuat konten- konten yang kemudian di upload di Youtube.

Apa yang menjadi kendala memulai menjadi Youtuber? Pasti sebagian besar memiliki masalah yang sama yaitu Editing Video.

Mendengar Editing Video seperti sudah menjadi momook yang tidak meng-enakan. Merupakan suatu proses panjang dari pembuatan suatu video dimulai dari penyeleksian, penambahan meta teks atau judul, variasi, transisi/perpindahan, effect yang dihasilkan, pemilihan lagu, sound effect, dan narasi,

Hingga semua komponen tersebut mewarnai suatu hasil rekaman gambar mentah menjadi sebuah video yang mempunyai tampilan dan format video yang dibutuhkan untuk ditayangkan pada kebutuhan tertentu.

Atau pengertian secara lebih sederhanya adalah sebuah usaha untuk membuat sebuah video menjadi lebih bagus dan enak untuk dinikmati saat ditonton.

Aplikasi Editing Video Menggunakan HP

Berikut ini beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan sebagai pilihan untuk mengedit video, untuk youtuber guru pemula, yaitu :

1. KineMaster

Aplikasi KineMaster merupakan salah satu aplikasi yang terkenal dan banyak di gunakan. Fitur yang tersedia dalam aplikasi ini sangat lengkap.

Anda bisa secara leluasa menambah gambar, teks, video, hingga menambah filter serta efek lainnya. Storyboard di aplikasi KineMaster ini termasuk canggih namun tetap pengunaannya yang simpel.

Diproduksi oleh NexStreaming Corp, KineMaster cocok bagi pemula hingga level profesional. Terutama karena sudah menggunakan sistem drag and drop yang memudahkan Anda dalam mengimpor atau memasukan file yang dibutuhkan.

Aplikasi ini menyediakan banyak tema, efek, hingga musik pendukung yang menarik. Namun, agar bisa maksimal memanfaatkan fitur di aplikasi ini, sebaiknya ponsel Android Anda sudah menggunakan versi terbaru. Setidaknya, Android 4.1.2 JellyBean.

2. Filmora Go

Aplikasi edit video YouTuber berikutnya ada FilmoraGo, aplikasi ini tersedia juga untuk PC atau Laptop. Dalam aplikasi ini menawarkan berbagai kemudahan bagi pemula.

Penggunaan apliksi yang cukup mudah, meungkinkan bagi pemula untuk bisa mengguanakannya. Cukup dengan memasukan klip-klip video yang sudah direkam dengan smartphone android, aplikasi ini otomatis melakukan penyuntingan video untuk Anda.

Salah satu keunggulan dari Aplikasi FilmoraGo adalah fitur picture in picture. Fitur ini memungkinkan bagi Anda yang ingin menambah foto atau video dalam video utama. Sehingga video yang dihasilkan bisa lebih variatif dan menarik.

Dalam aplikasi ini Anda juga dapat memilih berbagai macam filter dan tema dari template yang sudah tersedia dengan gratis.

Ditambah lagi. aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 10 juta pengguna ini tidak memasang watermark dalam setiap video yang Anda edit. Selain itu, juga tak ada batasan durasi video.

3. Adobe Premiere Clip

Nama besar ‘Adobe’ tentu sudah banyak dikenal sebagai pembuat program komputer yang andal. Untuk Adobe Premier Clip memang tak sehebat versi dekstop atau PC. Tetapi setidaknya sudah mencukupi untuk mengedit video hasil karya Anda.

Adobe Premiere Clip ini hadir menyajikan fitur yang mudah dioperasikan bagi YouTuber pemula. Fitur tersebut adalah pengeditan otomatis, dimana dalam fitur tersebut Anda cukup memasukan potongan – potongan video nantinya dengan sendirinya akan diracik dengan berbagai pilihan editing berbeda yang bisa dipilih.

Satu fitur lagi adalah Adobe Creative Cloud. Dalam fitur ini memungkinkan video yang sudah diedit di aplikasi mobile atau HP bisa dilanjutkan di aplikasi versi PC sehingga memungkinkan untuk proses editing yang lebih mendetail lagi.

Untuk dapat menggunakan aplikasi ini, Anda perlu melakukan registrasi di Adobe ID terlebih dahulu. Setelah Anda terdaftar, bisa melakukan sinkronisasi dengan Adobe Premiere Pro jika kebetulan butuh sentuhan yang lebih profesional.

Di dalam aplikasi ini juga Anda dapat melihat hasil video sesama pengguna untuk dijadikan bahan referensi pengguna yang lainnya.

4. VivaVideo

Aplikasi edit video menggunakan HP selanjutnya adalah VivaVideo. Aplikasi ini menggabungkan video kamera dan video editing sekaligus.

Dalam aplikasi ini, terdapat fitur untuk merekam video dan fitur mengedit video yang tersedia dalam satu aplikasi saja. Jadi Anda bisa mengedit video yang sudah ada atau membuat video yang baru dan kemudian mengolahnya menjadi lebih bagus lagi.

Untuk video kamera memiliki fitur yang disebut dengan capture modes. Pilihannya antara lain basic, selfie, slow motion, fast motion, music video, collage, dan FX.

Untuk video editing disediakan fitur photo slideshow maker hingga video collage maker.

Aplikasi buatan QuVideo Inc ini memiliki lebih dari 200 spesial efek. Ditambah dengan stiker, filter, teks, dan transisi yang menarik. Namun, dalam aplikasi ini watermark dalam setiap video yang telah Anda edit akan selalu tampak, tanpa bisa di hilangkan.

5. Quik

Aplikasi berikutnya yaitu Quik, Keunggulan aplikasi ini dibandingkan aplikasi lainnya adalah kecepatan dalam proses penyimpanan video yang telah diedit.

Selain namanya yang mudah disebutkan, aplikasi ini juga menawarkan kemudahan bagi pengguna pemula editing video.

Untuk menyisipkan transisi atau efek cantik, Anda hanya butuh waktu beberapa detik. Bahkan Anda bisa menambahkan puluhan foto dan video kemudian Quick secara otomatis akan mengolahnya menjadi sebuah video pendek.

Aplikasi yang telah diunduh kurang lebih 10 juta pengguna ini juga tetap memberikan kesempatan bagi Anda untuk menambahkan pemanis dalam video. Seperti menambahkan musik, teks, dan lebih dari 20 filter yang bisa Anda coba untuk membuat video semakin menarik.

Demikian 5 aplikasi edit video menggunakan HP untuk Youtuber Guru pemula, yang dapat Anda coba berbagai fitur serta kemudahannya. Dan mulai menjadi Youtuber Guru dengan berbagai kreatifitas serta kreasi yang bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Kesempatan terbuka untuk seluruh guru untuk mengikuti seleksi BEAEF Bacth 11, yaitu BEAEF (Beasiswa e-Guru Foundation) BACTH 11 dengan tema Belajar Berkarya untuk Meningkatkan Kualitas Mengajar & Bersahabat dengan Siswa.

Kuota terbatas untuk 100 guru, benefit bagi penerima Beasiswa yaitu sebagai berikut :

  1. FREE Pelatihan bersertifikat 32 JP yang diselenggarakan e-Guru.id Bulan Mei
  2. FREE VIP Seminar Nasional e-Guru.id Bulan Mei dengan fasilitas eksklusif

Bagi Anda yang berminat mendaftar dapat mendaftar melalui link berikut ini : DAFTAR BEASISWA

(rtq/rtq)

Berita Terkait

Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024
MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah
PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?
Sebentar Lagi! Berikut Tanggal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan
Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024
Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!
Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024
Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024
Berita ini 44 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 24 Februari 2024 - 11:32 WIB

Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 10:43 WIB

MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:02 WIB

PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?

Jumat, 23 Februari 2024 - 11:34 WIB

Sebentar Lagi! Berikut Tanggal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Kamis, 22 Februari 2024 - 11:23 WIB

Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:25 WIB

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:08 WIB

Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 11:18 WIB

2 Kabar Gembira Terealisasi Bulan Maret untuk Guru Sertifikasi maupun Non Sertifikasi Tentang Tunjangan hingga Gaji Guru

Berita Terbaru