Home / News

Selasa, 19 Oktober 2021 - 08:19 WIB

Tips Mendapatkan Dana Hibah Untuk Penelitian Dosen

Setiap dosen tentu memiliki tugas untuk selalu melakukan berbagai penelitian lalu melaporkan penelitian tersebut pada pihak-pihak tertentu. Untuk melakukan penelitian ini tentu dana yang dibutuhkan tidaklah sedikit melainkan perlu dana yang cukup besar.

Jika dana ini diemban sendiri tentu akan sangat kesulitan dan bisa saja penelitian ini gagal karena dananya kurang. Maka dari itu, Anda perlu dana hibah yang bisa didapatkan dari beberapa lembaga nasional maupun internasional.

Karena dananya besar tentu tidak semudah itu untuk mendapatkan dana tersebut. Dengan demikian Anda bisa mencoba tips berikut ini agar proses untuk mendapatkan dana hibah ini bisa lancar dan segera cair.

Memiliki Tujuan yang Jelas

Untuk melakukan suatu penelitian tentunya seorang dosen perlu memahami akan penelitian yang akan dilakukannya ini. Pemahaman seperti ini sangat penting karena untuk mendapatkan dana hibah tersebut syaratnya harus punya tujuan yang jelas.

Untuk tujuan dari penelitian ini tentunya bukan bersifat pribadi tetapi harus ada manfaat pada banyak orang. Oleh sebab itu, Anda bisa sampaikan pada lembaga-lembaga terkait akan tujuan dari penelitian anda.

Baca Juga:  Tips Mencari Jurnal di Google Scholar, Optimalkan Fitur-fitur Berikut Ini!

Sifatnya Mendesak

Setiap penelitian yang sifatnya sudah urgent tentu akan didahulukan untuk mendapatkan dana hibah. Sebab, penelitian seperti ini jika tidak dilakukan segera secara cepat akan menimbulkan dampak yang kurang baik pada masyarakat atau lingkungan sekitar.

Sehingga, untuk mendapatkan dana ini tentu penelitian yang Anda buat harus menyentuh sesuatu yang mendesak. Tetapi untuk hal ini jangan sampai disalahgunakan agar tidak menimbulkan efek yang tidak diinginkan pada diri Anda.

Manfaatnya Besar

Penelitian yang memiliki manfaat yang begitu besar tentu akan lebih didahulukan dari penelitian yang lingkup manfaatnya kecil. Sehingga, carilah penelitian yang dampaknya bisa memberi manfaat pada banyak orang, misalnya berdampak besar pada bidang pendidikan.

Semakin bermanfaat penelitian tersebut semakin besar pula peluang untuk mendapatkan dana hibah ini. Membuat penelitian seperti ini tentu tidak mudah dan Anda harus berpikir keras menemukan masalah dan diangkat untuk dijadikan penelitian.

Baca Juga:  Memperjuangkan Hak Sertifikasi Dosen yang ‘Disembunyikan’

Memaparkan Keunggulan

Dalam mendapatkan dana hibah, Anda harus ahli dalam mengolah kata-kata khususnya pada saat menyampaikan untuk mendapatkan dana hibah ini. Anda bisa memaparkan keunggulan akan penelitian yang akan dilakukan ini.

Jadi paparkan apa yang diteliti dan disampaikan dengan bahasa yang mudah, singkat dan jelas. Anda tidak boleh tegang atau gugup pada saat menyampaikan proposal agar lembaga tersebut benar-benar percaya jika penelitian yang Anda lakukan memang layak untuk mendapatkan dana hibah.

Jadi untuk mendapatkan dana hibah ini Anda harus berusaha keras memengaruhi lembaga dengan memaparkan secara singkat dan jelas. Buatlah penelitian ini sebaik mungkin dan jelaskan berbagai keunggulan serta anggaran yang masuk akal pada lembaga terkait. 

Dapatkan info terbaru dan ikuti seminar atau diklat untuk guru atau dosen secara gratis yang dapat menunjang profesionalitas serta kompetensi dengan cara menjadi anggota e-Guru.id. Klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/new-contoh-penyusunan-cp-kurikulum-merdeka/

News

[Info] Begini Dasar Modul Ajar Kurikulum Merdeka

News

Alur Pendaftaran Ujian UKBI dan Manfaatnya

News

3 Informasi Terbaru dari Dirjen GTK Kemdikbud untuk Seluruh Guru di Indonesia!

News

Teknik Menulis Buku Ilmiah Populer
https://naikpangkat.com/diklat-35jp-implementasi-proyek-penguatan-profil-pelajar-pancasila-dan-budaya-kerja-pada-kurikulum-merdeka-segera-daftar-sebelum-tutup/

News

Cara Menggunakan Google Meet untuk Belajar Online
penggunaan google docs

News

Tips Membuat LKPD secara Online yang Mudah dan Cepat
https://naikpangkat.com/download-materi-pelatihan-gratis-4-jp--membuat-kartu-ucapan-lebaran-di-canva/

News

Tips Menulis Artikel Populer Beserta Contohnya

News

Aplikasi untuk Analisis Soal Pilihan Ganda, Mudah dan Praktis!