Telah Dibuka! Pendaftaran Diklat Bersertifikat 32JP Pengembangan RPP Bermuatan Literasi dan Numerasi Dengan Nilai-Nilai Kearifan Lokal

- Editor

Selasa, 29 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru dalam memanfaatkan tekonologi dalam mengembangkan RPP bermuatan literasi dan numerasi dengan nilai-nilai kearifan lokal, e-guru.id telah membuka pendaftaran diklat bersertifikat 32JP Pengembangan RPP Bermuatan Literasi dan Numerasi Dengan Nilai-nilai Kearifan Lokal.

Diklat ini merupakan salah satu diklat yang diadakan oleh e-guru.id untuk mendidik dan melatih guru agar dapat mengembangkan RPP bermuatan literasi dan numerasi dengan nilai-nilai kearifan lokal.

e-guru.id merupakan sebuah website membership yang memberikan beragam fasilitas untuk menunjang peningkatan kompetensi akademisi baik guru, dosen, instruktur, essay writer, maupun pelaku pendidikan lainnya.

Dalam menerapkan kegiatan pembelajaran, guru memerlukan suatu rencana. Hal tersebut bertujuan agar kegiatan pembelajaran tersebut bisa berjalan dengan baik. Rencana yang diperlukan guru untuk merancang kegiatan pembelajaran termuat dalam bentuk RPP.

RPP merupakan sebuah rencana yang menggambarkan prosedur kegiatan belajar agar dapat mencapai satu kompetensi dasar yang telah ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan pada silabus.

Suatu cara agar guru dapat membuat RPP yang baik dan benar yakni tenaga pendidik harus menyesuaikan RPP dengan Kompetensi Dasar serta memahami setiap komponen RPP sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Saat ini komponen dalam pembuatan RPP hanya terdiri dari tiga dan satu halaman saja.

Pada pelaksanaan pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) menuntut berbagai upaya termasuk pemikiran, pengambilan keputusan, dan pertimbangan guru, serta memerlukan usaha intelektual, pengetahuan teoritik, pengalaman yang ditunjang oleh sejumlah aktivitas, seperti meramalkan, mempertimbangkan, menata, dan memvisualisasikan.

Berdasarkan kurikulum 2013, pengembangan RPP dapat dilakukan oleh guru secara mandiri atau berkelompok di sekolah/madrasah yang dikoordinasi, difasilitasi dan disupervisi oleh kepala sekolah/madrasah.

Pengembangan RPP yang dilakukan oleh guru dan/atau secara bersama-sama melalui musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) di dalam suatu sekolah tertentu akan difasilitasi dan disupervisi kepala sekolah atau guru senior yang ditunjuk oleh kepala sekolah dan dikoordinasikan dan disupervisi oleh pengawas atau dinas pendidikan.

RPP atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran memiliki banyak manfaat bagi guru, siswa dan sekolah. Manfaat tersebut diantaranya:

1. Digunakan sebagai petunjuk arah kegiatan yang akan dilakukan guru dalam mencapai tujuan pembelajaran.

2. Digunakan sebagai pola dasar dalam mengatur tugas dan wewenang bagi setiap unsur yang terdapat dalam proses pembelajaran.

3. Digunakan sebagai pedoman kerja bagi setiap unsur, baik terhadap guru maupun siswa.

4. Digunakan sebagai alat ukur yang efektif dalam membantu pekerjaan, sehingga guru bisa mengetahui ketepatan dan kelambatan cara kerjanya dalam mengajar di kelas.

5. Digunakan sebagai bahan penyusunan data supaya dapat membuat keseimbangan kerja.

6. Sebagai upaya untuk menghemat waktu, tenaga, alat, dan biaya.

Sebuah RPP biasanya akan dibuat guru sebelum proses kegiatan belajar dimulai, tepatnya saat akhir semester. Dengan membuat RPP pekerjaan guru dapat semakin ringan dan proses belajar mengajar di kelas bisa berjalan dengan efektif.

Selain itu agar dapat mengembangkan RPP, maka guru harus berpedoman pada beberapa prinsip, yakni sebagai berikut:

1. Standar kompetensi yang akan direncanakan dalam RPP harus jelas, konkrit, dan mudah dipahami, agar tidak terjadi kesalahpahaman.

2. RPP yang dibuat tersebut harus sederhana dan juga fleksibel.

3. Pembuatan RPP harus bersifat menyeluruh, utuh, dan harus jelas pencapaiannya.

4. Perlunya koordinasi dengan komponen pelaksana program kegiatan sekolah agar pembuatannya tidak mengganggu jam pembelajaran lainnya.

Agar dapat mengembangkan RPP bermuatan literasi dan numerasi dengan nilai-nilai kearifan lokal, ikutilah pelatihan bersertifikat 32JP dengan tema “ Pengembangan RPP Bermuatan Literasi dan Numerasi dengan Nilai-Nilai Kearifan Lokal” yang diselengarakan oleh e-guru.id dengan cara mendaftar pada link di bawah ini

DAFTAR SEKARANG

 

Penulis : (EYN)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Berita Terkait

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Berita ini 3 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:15 WIB

Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Berita Terbaru