Segera Daftar Lokakarya Nasional: Pengelolaan Administrasi Sekolah dan Mahir Membuat Soal dengan Aplikasi Online

- Editor

Rabu, 9 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Lokakarya nasional bersertifikat ini merupakan lokakarya yang diselenggarakan oleh e-Guru.id secara gratis tanpa dipungut biaya apapun. Kegiatan lokakarya ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2022 pukul 19.00 WIB melalui Zoom siaran langsung di Youtube.

Lokakarya kali ini berjudul ” Pengelolaan Administrasi Sekolah dan Mahir Membuat Soal dengan Aplikasi Online” yang akan diisi oleh Fitri Nurjanah S.Pd.Ing. yang juga merupakan salah satu instruktur e-Guru.id.

Pada kesempatan lokakarya kali ini peserta akan belajar berbagai hal tentang bagaimana mengelola administrasi sekolah, aplikasi seperti apa yang digunakan dan apa saja yang membuat guru mahir dalam membuat soal dengan aplikasi online.

Sekilas Tentang Lokakarya

Lokakarya merupakan suatu kegiatan ilmiah yang dilakukan para ahli dalam satu bidang yang sama untuk membahas suatu permasalahan sesuai dengan keahliannya. Lokakarya juga bisa disebut dengan workhsop yang artinya suatu pertemuan kecil sederhana.

Tujuan Lokakarya

Tujuan dari pelaksanaannya adalah agar dapat menemukan solusi atas permasalahan yang menjadi topik utama. Kegiatan ini biasanya menghadirkan pembiacara atau narasumber yang memang kompeten dalam bidang yang hendak dibahas.

Manfaat Lokakarya

Lokakarya memberikan berbagai manfaat bagi peserta yang mengikutinya. Karena dengan mengikuti kegiatan ini, guru maupun tenaga kependidikan bisa mendapatakan ilmu, pengalaman, melahirkan pemikiran, refleksi, analisis, maupun mengevaluasi sesuai dengan topik dan bidangnya masing-masing.

  • Tambahan Angka Kredit (AK)
  • Menambah wawasan guru
  • Lebih memahami tentang tugas dan tanggungjawab
  • Meningkatkan rasa kebersamaan dan Kerjasama
  • Meningkatkan kompetensi guru
  • Antusias dan terbuka tentang pendidikan kekinian

8 Unsur Administrasi Sekolah

Yang akan menjadi bahasan dalam lokakarya nasional kali ini adalah tentang administrasi sekolah. Sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan (NSP), terdapat 8 (delapan) unsur administrasi sekolah, antara lain adalah sebagai berikut.

1. Administrasi Kurikulum

Kurikulum tentunya menjadi bagian yang sangat penting karena kurikulum berfungsi sebagai acuan dalam pelaksanaan kegiatan-kegiatan pendidikan. Setiap sekolah umumnya memiliki WaKa Kurikulum. WaKa inilah yang bertanggungjawab pada bagian ini.

2. Administrasi Kesiswaan

Administrasi kesiswaan ini meliputi pencatatan data siswa, raport, bertanggungjawab atas penerimaan siswa baru dan bantuan untuk siswa, dan lain sebagainya.

Seluruh hal yang berkaitan dengan siswa mulai dari penerimaan siswa baru sampai tamat, akan diurusi oleh bidang ini.

3. Administrasi Kepegawaian

Administrasi kepegawaian ini akan banyak berurusan dengan guru dan karyawan yang ada di satuan pendidikan tersebut. Hal-hal yang berkaitan dengan administrasi ini adalah membuat absensi guru dan karyawan, pengusulan kenaikan pangkat, membuat penilaian terhadap kinerja pegawai, dan lain-lain.

4. Administrasi Keuangan

Dalam administrasi keuangan, hal-hal yang dikerjakan berkaitan dengan pengelolaan keuangan penggunaan jasa atau pembelian barang untuk keperluan sekolah, pencatatan seluruh keuangan sekolah, pengelolaan dan pelaporan dana bantuan (BOS & BOP), pengurusan pajak, penyusunan RKAS, dan lain-lain.

5. Administrasi Persuratan dan Pengarsipan

Hal yang yang perlu dilakukan dalam melakukan administrasi persuratan dan pengarsipan adalah pencatatan surat masuk dan keluar, pembuatan surat sekolah, mengklasifikasikan surat, dan melakukan manajemen pengarsipan surat.

6. Administrasi Sarana dan Prasarana

Administrasi sarana dan prasarana berkaitan dengan pengadaan dan pengelolaan berbagai barang atau fasilitas yang dapat menunjang pelaksanaan pendidikan.

Urusan sarana prasarana biasnya meliputi; perencanaan, pengadaan, pengelolaan dan pengawasan, inventaris, penghapusan, dan pengawasan.

7. Administrasi Hubungan Sekolah dan Masyarakat

Sebagai institusi, lembaga atau layanan pendidikan, tentunya sekolah berdiri di tengah-tengah masyarakat. Dengan demikian sekolah sangat memerlukan bantuan pihak lain diluar institusi.

Pelaksanaan administrasi dalam urusan hubungan sekolah dan masyarakat ini meliputi; pembuatan MOU, melaksanakan kegiatan sesuai MOU, dan lain sebagainya.

8. Administrasi Layanan Khusus

Layanan khusus bertujuan dalam membantu hal-hal yang ada diluar kegiatan utama suatu satuan pendidikan. Pelngelolaan administrasi pekerja layanan khusus dalam hal ini biasanya menjadi satu dengan administrasi pegawai.

Mengenal Aplikasi Online untuk Pembuatan Soal

Pada lokakarya nasional ini akan dibahas juga tentang salah satu aplikasi yang mudah dan kekinian dalam membuat soal online. Aplikasi ini adalah Ispiring Quiz Maker.

Ispiring Quiz Maker adalah suatu authoring tool atau aplikasi yang bisa digunakan oleh guru untuk membuat sebuah konten penilaian interaktif dalam menunjang proses pembelajaran.

Dengan menggunakan Ispring Quiz Maker, guru dapat membuat salah satu jenis penilaian kompetensi dengan berbagai kriteria soal. Selain itu sistem penilaian ini dapat terhubung dengan jaringan internet, sehingga akan lebih mudah digunakan dan saling terhubung.

Tujuan penggunaan Ispring Quiz Maker sebagai media penilaian interaktif dalam meningkatkan efektifitas hasil pembelajaan serta untuk meningkatkan penggunaan teknologi informasi dalam setiap proses pembelajaran.

Sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan secara efisien, efektif dan kreatif yang berdampak positif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan.

Daftarkan segera diri Anda dalam “Pengelolaan Administrasi Sekolah dan Mahir Membuat Soal dengan Aplikasi Online” dan dapatkan fasilitas serta bonusnya!

Nikmati harga khususnya. Ayo daftar sekarang juga!!

Klik disini untuk mendaftar!
Klik disini untuk mendaftar!

Narahubung : wa.me/6281228039087 (Ratih)

Berita Terkait

Saran Kemendikbud soal Pelatihan di PMM: Daripada Menjadi Beban Administratif, Lebih Baik Pilih yang Cocok
5 Pilihan untuk Memudahkan Membuat Bahan Ajar dengan Bantuan AI
Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK
Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini
Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024
Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 
Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan
Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024
Berita ini 14 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 29 Mei 2024 - 02:34 WIB

Saran Kemendikbud soal Pelatihan di PMM: Daripada Menjadi Beban Administratif, Lebih Baik Pilih yang Cocok

Rabu, 29 Mei 2024 - 01:49 WIB

5 Pilihan untuk Memudahkan Membuat Bahan Ajar dengan Bantuan AI

Senin, 27 Mei 2024 - 17:53 WIB

Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK

Senin, 27 Mei 2024 - 10:54 WIB

Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini

Senin, 27 Mei 2024 - 10:52 WIB

Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024

Senin, 27 Mei 2024 - 09:27 WIB

Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:19 WIB

Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Berita Terbaru

Keluarga Besar SD Negeri 001 Tanjung Perepat, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1444 H / 2023.

News

Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK

Senin, 27 Mei 2024 - 17:53 WIB