Home / News / Pelatihan Guru

Senin, 21 Februari 2022 - 16:45 WIB

Review Materi Ke 3 Diklat Gratis 35JP ” Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat”

Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) terdiri dari pengembangan diri, karya inovatif serta publikasi ilmiah. Publikasi ilmiah dapat dilakukan dengan cara presentasi pada forum ilmiah, publikasi ilmiah hasil penelitian atau gagasan inovatif, publikasi buku pelajaran, dan buku pedoman guru.

Bentuk-bentuk penerbitan artikel ilmiah berkaitan dengan dunia penelitian dan literasi yaitu:

1.Buku atau Teks Pelajaran

Buku pembelajaran merupakan hasil dari publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh penerbit yang dibuat dengan berbagai pertimbangan ilmiah sehingga layak untuk dipublikasikan pada masyarakat umum.

2.  Presentasi Pada Forum Ilmiah

Presentasi yang dilakukan pada forum ilmiah merupakan salah satu dari bentuk publikasi ilmiah yang hanya perlu memaparkan hasil penelitianya di suatu perkumpulan ilmiah.

3.  Artikel Ilmiah

Anda juga bisa memaparkan hasil penelitian yang telah dilakukan dan mempublikasikanya dalam bentuk artikel. Biasanya, cara ini sangat digemari oleh mayoritas penulis karena memag artikel tersebut lebih singkat daripada sebuah buku atau jurnal.

4. Laporan Penelitian

Laporan penelitian merupakan sebuah bentuk dari publikasi ilimiah dengan jenis laporan penelitian yaitu jurnal, skripsi, tesis, disertasi, makalah terpublikasi, laporan penelitian tindakan kelas, laporan penelitian kepustakaan dan sebagainya.

5. Tulisan Ilmiah Populer

Tulisan ilmiah populer merupakan sebuah artikel yang biasanya diterbitkan di koran, majalah atau media online. Tulisan ilmiah populer bersifat memaparkan hasil penelitian singkat layaknya pada artikel akan tetapi artikel tersebut dapat diterbitkan di media kemasyarakatan.

6. Hasil Penelitian

Hasil penelitian adalah proses pengaturan dan pengelompokan secara baik tentang informasi suatu kegiatan berdasarkan fakta melalui usaha pikiran peneliti dalam mengolah dan menganalisis objek penelitian atau topik penelitian secara sistematis dan objektif untuk memecahkan suatu permasalahan atau menguji suatu hipotesis sehingga terbentuk prinsip-prinsip umum atau teori.

7. Modul/diktat

Modul adalah satu kesatuan program yang dapat mengukur tujuan dan dapat dipandang sebagai paket program yang disusun dalam bentuk satuan tertentu guna keperluan belajar.

8. Buku dalam bidang pendidikan

Salah satu syarat untuk naik pangkat yaitu menulis buku dalam bidang pendidikan. buku ini berisi tentang apa saja terkait dengan pendidikan.

9. Buku pedoman guru

Buku pedoman guru merupakan salah satu bentuk publikasi karya ilmiah guru. Publikasi Ilmiah adalah merupakan sebuah proses yang dilakukan untuk mempublikasikan karya ilmiah yang telah dibuat oleh guru sebagai bagian dari pengembangan keprofesionalan berkelanjutan.

Ketentuan karya tulis ilmiah untuk kenaikan pangkat guru akan bergantung dari jenjang atau golongan guru yang mengajukan kenaikan pangkat. Syarat karya tulis ilmiah yang dapat digunakan untuk kenaikan pangkat guru berdasarkan jenjang jabatan atau golongan yaitu:

1. Guru Pertama Golongan III/a ke Guru Pertama Golongan III/b

Karya tulis ilmiah yang dapat digunakan pada kenaikan pangkat guru tidak wajib dilakukan untuk kenaikan dari jenjang Guru Pertama Golongan III/a ke Guru Pertama Golongan III/b. Untuk kenaikan jenjang ini hanya membutuhkan laporan pengembangan diri berupa kegiatan kolektif dan diklat jabatan fungsional.

Baca Juga:  Download Materi Ke-3 Diklat Gratis 35JP "Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat"

2. Guru Pertama Golongan III/b ke Guru Muda Golongan III/c

Jenis karya tulis ilmiah untuk kenaikan pangkat guru pertama Golongan III/b mengajukan kenaikan ke Guru Muda Golongan III/c bebas memilih jenis karya tulis ilmiah yang akan dijadikan sebagai syarat untuk kenaikan pangkat mulai dari diktat, buku pedoman, dan lain-lain, selama angka kreditnya terpenuhi 4 dari publikasi ilmiah atau karya inovatif.

3. Guru Muda Golongan III/c ke Guru Muda Golongan III/d

Jenis karya tulis ilmiah untuk kenaikan pangkat guru pada jenjang ini juga bebas mulai dari diktat, buku pedoman, dan lain-lain selama angka kreditnya terpenuhi 6 dari publikasi ilmiah atau karya inovatif.

4. Guru Muda Golongan III/d ke Guru Madya Golongan IV/a

Karya tulis ilmiah yang dapat digunakan untuk kenaikan pangkat guru pada jenjang ini memiliki beberapa ketentuan yaitu angka kredit dari publikasi ilmiah/karya inovatif minimal 8.

Salah satu publikasi ilmiah untuk kenaikan pangkat guru pada golongan ini harus berasal dari unsur penelitian yang mana penelitian tersebut harus diseminarkan yang mana peserta seminar minimal dihadiri 15 peserta yang berasal dari lebih dari dua sekolah atau di forum MGMP kabupaten/kota. Jumlah publikasi yang dihasilkan dari karya ilmiah tersebut harus berbentuk diktat, karya terjemahan, atau tulisan ilmiah populer paling banyak tiga buah.

Buku pedoman guru dibuat paling banyak satu buah untuk setiap periode penilaian angka kredit yang penulisan laporan penelitian maksimal dua laporan per tahun.

5. Guru Madya Golongan IV/a ke Guru Madya Golongan IV/b

Karya tulis ilmiah untuk kenaikan pangkat guru di jenjang ini memiliki beberapa ketentuan yaitu angka kredit dari publikasi ilmiah/karya inovatif minimal 12.

Salah satu publikasi ilmiah untuk kenaikan pangkat guru pada golongan ini harus berasal dari unsur penelitian yang mana penelitian ini harus diseminarkan dengan peserta seminar minimal dihadiri 15 peserta yang berasal dari lebih dari dua sekolah atau di forum MGMP kabupaten/kota.

Buku pedoman guru dibuat paling banyak satu buah, untuk setiap periode penilaian angka kredit. Penulisan laporan penelitian maksimal 2 laporan per tahun. Karya Inovatif maksimal 50% dari angka kredit yang dibutuhkan.

6. Guru Madya Golongan IV/b ke Guru Madya Golongan IV/c

Karya tulis ilmiah untuk kenaikan pangkat guru di jenjang ini memiliki beberapa ketentuan yaitu angka kredit dari publikasi ilmiah/karya inovatif minimal 12. Penelitian tersebut harus diseminarkan, dimana peserta seminar minimal dihadiri 15 peserta yang berasal dari lebih dari 2 sekolah atau di forum MGMP kabupaten/kota.

Baca Juga:  Materi Ketiga Diklat Gratis 32JP Guru Bisa Menulis

Salah satu hasil penelitian dimuat dalam jurnal dan diterbitkan dengan ISSN yang mana jumlah publikasi yang berbentuk diktat, karya terjemahan, atau tulisan ilmiah populer paling banyak tiga buah. Buku pedoman guru dibuat paling banyak satu buah untuk setiap periode penilaian angka kredit. Penulisan laporan penelitian maksimal 2 laporan per tahun.

7. Guru Madya Golongan IV/c ke Guru Utama Golongan IV/d

Karya tulis ilmiah untuk kenaikan pangkat guru di jenjang ini memiliki beberapa ketentuan yakni angka kredit dari publikasi ilmiah/karya inovatif minimal 14.

Salah satu publikasi ilmiah untuk kenaikan pangkat guru pada golongan ini yaitu melalui penelitian yang harus diseminarkan dengan jumlah peserta minimal dihadiri 15 peserta yang berasal dari lebih dari 2 sekolah atau di forum MGMP kabupaten/kota.

Salah satu hasil penelitian dimuat dalam jurnal ilmiah dan diterbitkan dengan ISSN dengan jumlah publikasi yang berbentuk diktat, karya terjemahan, atau tulisan ilmiah populer paling banyak tiga buah.

8. Guru Madya Golongan IV/d ke Guru Utama Golongan IV/e

Karya tulis ilmiah untuk kenaikan pangkat guru di jenjang ini memiliki beberapa ketentuan yaitu angka kredit dari publikasi ilmiah/karya inovatif minimal 20.

Salah satu publikasi ilmiah untuk kenaikan pangkat guru pada golongan ini yaitu penelitian yang harus diseminarkan dimana peserta seminar minimal dihadiri 15 peserta yang berasal dari lebih dari dua sekolah atau di forum MGMP kabupaten/kota.

Salah satu hasil penelitian dimuat dalam jurnal ilmiah dan diterbitkan dengan ISSN dengan jumlah publikasi yang berbentuk diktat, karya terjemahan, atau tulisan ilmiah populer paling banyak tiga buah.

Buku pedoman guru dibuat paling banyak satu buah untuk setiap periode penilaian angka kredit dengan penulisan laporan penelitian maksimal dua laporan per tahun.

Jika bapak dan ibu berminat agar tulisannya dapat dimuat di Naikpangkat.com bapak dan ibu dapat mengikuti program Publikasi Artikel Populer di Naikpangkat.com,

Keuntungan Publikasi artikel di Naikpangkat.com yaitu:

  1. Dapat surat keterangan terbit
  2. Karya tulis dibaca oleh ribuan orang
  3. Koreksi artikel dan masukan dari editor berpengalaman
  4. Konsultasi gratis kepenulisan artikel populer
  5. Berpotensi mendapat angka kredit 1,5 untuk kenaikan pangkat guru

Berikut ada beberapa prosedur untuk publikasi artikel populer di Naikpangkat.com yakni:

  1. Kirim artikel dengan minimal 400 kata atau maksimal 1.200 kata
  2. Sertakan gambar pendukung (bila ada)
  3. Lakukan pembayaran 95 ribu per artikel ke no rekening BCA. No Rekening 816-106-4548
  4. Kirimkan artikel melalui link PUBLIKASIARTIKELPOPULER

Untuk informasi lebih lanjut mengenai pembuatan artikel populer yang ditayangkan di Naikpangkat.com dapat mengunjungi facebook: naikpangkatcom, Telegram: naikpangkatcom atau anda dapat mengunjungi website naikpangkat di naikpangkatcom. Informasi selengkapnya dapat menghubungi nomor telepon 0813-3404-0185 ( Moh Haris S)

Penulis: Erlin Yuliana, Instagram: erlinyuliana3110

Share :

Baca Juga

Karya Inovatif

Optimasi WhatsApp untuk Pembelajaran dan Penilaian Otomatis

News

Ketahui Jenis-Jenis Hibah Penelitian bagi Dosen

News

Segera Daftar Lokakarya Nasional: Pengembangan Soft Skill Membuat Video Pembelajaran dengan Power Point

News

4 Cara Mengatasi Stres Belajar di Era Pandemi Covid-19 pada Peserta Didik

Advertorial

Download Materi Webinar Gratis “Implementasi Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia Studio”

Pelatihan Guru

Seminar Gratis : Reformasi Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) untuk Guru

News

Gabung e-Guru Roadshow Nusantara, Dapat Pelatihan GRATIS 32 JP
https://naikpangkat.com/kelebihan-micros…olah-nilai-siswa/

News

Situs dan Aplikasi Pembelajaran yang Wajib Diketahui Guru