Home / News

Jumat, 5 Agustus 2022 - 14:39 WIB

Resmi, Surat Edaran Kemdikbud Wajibkan Semua Kepala Sekolah dan Guru Hingga Tenggat Waktu Agustus 2022

Survey Lingkungan Belajar – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan secara resmi meminta kepala sekolah dan guru untuk mengisi survei di bulan Agustus tahun 2022 ini. Yaitu berkenaan dengan SLB atau Survey Lingkungan Belajar.

Arahan Kemdikbud untuk kepala sekolah dan guru di satuan pendidikan ini merupakan hal yang wajib dilakukan oleh seluruh guru di semua jenjang pendidikan.

Untuk survei nya sendiri, Kemdikbud memberlakukannya ke semua guru pada tanggal 1 hingga 31 Agustus tahun 2022. Masih ada tenggat waktu hingga akhir bulan, sebaiknya diisi lebih dahulu sebelum nantinya terlewat.

Perlu diketahui terkait asesmen Nasional, yang merupakan kebijakan terbaru dari Kemdikbud Ristek. Asesmen Nasional adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan.

Baca Juga:  Breaking News! Mekanisme Pendaftaran Beasiswa Pendidikan Indonesia Bergelar 2022

Untuk asesmen Nasional ini sendiri berlaku bagi pertengahan jenjang dan salah satunya adalah survei lingkungan belajar atau SLB.

Mengutip laman Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik), Survei Lingkungan Belajar adalah alat ukur yang digunakan untuk mengevaluasi dan memetakan aspek pendukung kualitas pembelajaran di lingkungan satuan pendidikan

Terkait survei lingkungan belajar ini, per tanggal 1 Agustus tahun 2022, Kemdikbud mengeluarkan surat edaran yang perlu diketahui oleh semua guru.

Surat Edaran dengan Nomor 3336/H.H4/SK.01.01/2022, yang diterbitkan pada tanggal 1 Agustus 2022. Yang ditujuan untuk seluruh Kepala Sekolah serta guru.

Lebih lanjut surat edaran Kemdikbud ini membahas mengenai pemberitahuan pengisian survei lingkungan belajar tahun 2022.

Surat yang ditujukan ke Kepala Dinas untuk disampaikan ke semua guru ini, Kemdikbud meminta untuk kepala satuan pendidikan dan guru untuk diwajibkan mengisi instrumen survei lingkungan belajar.

Baca Juga:  Komponen Modul Ajar dalam Kurikulum Merdeka

Survey ini ditujukan untuk memotret berbagai aspek yang berkaitan dengan lingkungan belajar di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.

Sehingga dari hasil Asesmen Nasional 2022 ini dapat memberikan informasi komprehensif mengenai input serta proses pembelajaran.

Untuk kepala sekolah dan guru yang akan mengisi survei SLB ini dapat melalui laman https://surveilingkunganbelajar.kemdikbud.go.id.

Di mana untuk jadwal pengisian survei untuk kepala sekolah dan guru adalah sebagai berikut:

  • Jenjang pendidikan SMA/SMK/SMALB/Paket C Sederajat, waktu pelaksanaan 1 sampai 10 Agustus 2022.
  • SMP/LB/Paket B Sederajat, waktu pelaksanaan 11 sampai 20 Agustus 2022.
  • SD/LB/Paket A Sederajat, waktu pelaksanaan 22 sampai 31 Agustus 2022.

Halaman selanjutnya

Sebagai informasi untuk…

Share :

Baca Juga

Seleksi CPNS 2022

News

Manfaat Menjadi Guru Penggerak Kemendikbud

News

Memanfaatkan OBS Studio untuk Pembelajaran

News

Penting Diketahui Guru! Implementasi Kurikulum Pendidikan Pancasila Pada Satuan Pendidikan

News

Mengasah Keterampilan Di Abad 21 Bagi Siswa

News

4 Kompetensi Tambahan bagi Guru Kontemporer yang Wajib Dikuasai

News

Prioritas Rekrutmen Guru PPPK 2022

News

3 Rekomendasi Website Belajar Matematika Menyenangkan

News

Kabar Gembira! Guru Honorer Dipastikan Lulus PG PPPK Tanpa Tes