Home / News

Selasa, 1 Februari 2022 - 10:38 WIB

Resmi, Guru TMT 2016 Ke Atas Bisa Ikut PPG Tahun 2022

PPG tahun 2022 – Dalam tahun 2022 ini akan dilaksanakan PPG Dalam Jabatan dan PPG Pra Jabatan Model Baru. Jadi harapannya dengan adanya sistem dan regulasi PPG tahun 2022 itu bisa menjangkau semua guru, sehingga semua guru memiliki kesempatan yang sama.

PPG atau Pendidikan Profesi Guru resmi diluncurkan guna menggantikan konsep lama dari pendidikan profesi. Hal tersebut bertujuan agar para guru mendapatkan tunjangan profesi guru seperti program dulu yang bernama PLPG. Adapun perbedaan mendasar yaitu pelaksanaan PPG yang cukup panjang dibandingkan dengan PLPG yang hanya dilaksanakan selama 11 hari saja. Selain itu, PLPG juga hanya bisa diikuti oleh mereka yang sudah memiliki status guru dengan beberapa syarat lainnya. Namun, PPG dibagi menjadi dua, pertama prajabatan atau belum jadi guru dan kedua adalah jabatan atau sudah menjadi guru.

Perlu kita ketahui PPG dalam jabatan merupakan Pendidikan Profesi Guru dalam jabatan ditujukan untuk lulusan S1 atau D4 dari jurusan Kependidikan atau Non kependidikan yang sudah memiliki status sebagai guru di satuan pendidikan. Status guru tersebut bisa berupa PNS dan juga Non PNS, yang terpenting sudah mengajar dan sudah terdata di data pokok pendidikan.

Mulai tahun ini pula, akan di laksanakan PPG model baru yaitu Pendidikan Profesi Guru yang terintegrasi dengan seleksi CASN.

Lalu muncul pertanyaan di benak kita, bagaimana regulasi PPG tahun 2022 ini ? Yuk mari kita simak bagaimana dan berapa jumlah kuota dalam pelaksanaan program Pendidikan Profesi Guru di tahun ini 2022.

Rencana Kuota PPG tahun 2022

1. PPG Dalam Jabatan (TMT s.d Tahun 2015)

Ini seperti regulasi PPG tahun tahun sebelumnya, yaitu PPG daljab diperuntunkan bagi guru yang Terhitung Mulai Tanggal menjadi guru yang dibuktikan dengan SK pengangkatan sebelum tahun 2015, atau 2015 kebawah (Tahun 2014, 2013 dst).

Dengan rencana pelaksaan program PPG ini yaitu selama 3 (tiga) bulan, dengan kuota sebanyak 40.000 guru yang terbagi menjadi 2 angkatan (masing- masing angkatan 20.000 guru). Dari total guru sebanyak 1.138.373 guru.

2. PPG Dalam Jabatan (TMT mulai Tahun 2016)

Ini merupakan regulasi baru, dari seleksi PPG dalam jabatan yang di laksanakan tahun- tahun sebelumnya. Di tahun ini yaitu 2022 PPG untuk guru yang Terhitung Mulai Tanggal menjadi gurunya dari tahun 2016 keatas boleh mengikuti PPG (Tahun 2016 – 2019).

Baca Juga:  Mengenang Format Ujian Akhir Sekolah dari Masa ke Masa

Dengan rencana pelaksanaan program PPG ini yaitu selama 1 semester atau 6 (enam) bulan. Dengan kuota peserta PPG sebanyak 36.000 ribu guru, dari jumlah total guru 428.765 guru .

3. PPG Pra Jabatan Model Baru

Ini model baru dalam pelaksanaan PPG Pra Jabatan yang seleksinya akan terintegrasi dengan seleksi CANS. Yang di peruntukan bagi guru guru yang TMT nya mulai tahun 2020- 2022.

Dengan rencana pelaksanaan program PPG yaitu selama 2 semester atau 1 (Satu ) tahun. Dengan kuota peserta sebanyak 40.000 guru dari jumlah total 45.590 guru (data terakhir belum di update).

Yang perlu menjadi catatan bagi kita semua, yaitu bahwa jumlah kuota peserta PPG berbeda jauh dengan jumlah guru yang ada, sehingga pastinya PPG tahun 2022 akan melakukan seleksi terlebih dahulu, untuk bisa menentukan siapa siapa saja yang akan masuk kedalam kuota peserta PPG tahun 2022.

Yang menjadi pertanyaan kita selanjutnya yaitu , Bagaimana dan Kapan Timeline pelaksanaan PPG tahun 2022 ? Yuk jika ingin mengetahui informasi selengkapnya berikut ini dan jangan sampai ada yang terlewatkan.

Timeline Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan Tahun 2022

Berikut ini merupakan timeline atau jadwal dalam pelaksanaan PPG tahun 2022, yaitu sebagai berikut :

Pelaksaan PPG Daljab (TMT dibawah 2015), akan dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan Maret sampai dengan bulan Mei yaitu bagi PPD Dalam Jabatan angkatan 1 yaitu dengan kuota peserta 20.000 guru. Sedangkan untuk Angkatan 2 dilaksanakan bulan Juni sampai bulan Agustus atau bisa juga dilaksanakan pada bulan Oktober sampai Desember dengan kuota peserta 20.000 guru.

Pelaksanaan PPG Daljab (TMT mulai 2016), akan mulai dilaksanakan selama 6 bulan atau 1 semester pada bulan April sampai dengan bulan September. Dengan kuota peserta 36.000 guru.

Dan untuk pelaksanaan PPG Pra Jabatan Model baru, yang diperuntukan bagi guru tahun 2020- 2022 akan dilaksanakan pada Bulan Agustus sampai dengan bulan Desember untuk yang semester pertama, sehingga nantinya masih ada semester ke dua karena harus diselesaikan selama 1 tahun.

Lalu bagaimana jika kuota peserta yang ada tidak sebanding dengan jumlah guru? Maka dari itu akan diadakannya seleksi PPG dalam jabatan ini. Dan tahapan penyelenggaraannya yaitu sebagai berikut

Baca Juga:  Begini Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Belajar Siswa!

Tahapan Penyelenggaraan PPG Dalam Jabatan 2022

  1. Pendaftaran dan Seleksi Administrasi
  2. Lulus seleksi akademik
  3. Konfirmasi kesediaan
  4. Penetapan mahasiswa calon PPG dalam jabatan
  5. Lapor diri
  6. Analisis materi pembelajaran berbasis masalah literasi dan HOTS 5 SKS
  7. Desain pembelajaran inovatif 3 SKS
  8. Uji komprehensif
  9. Praktik pembelajaran inovatif 4 SKS
  10. UKMPPG UKIN (4 hari).

Bagaimana untuk tahapan penyelenggaraan PPG Pra Jabatan Model Baru ? Berikut ini informasi selengkapnya.

Untuk tahapan penyelenggaraan PPG pra jabatan ini, baru adanya RANCANGAN, yang dalam tahapan tersebut menjadi 2 (dua) tahapan, apakah saja ketiga tahapan tersebut ?

Rancangan Tahapan Asesmen PPG Pra Jabatan Model Baru

1 Tahap Awal

Adanya Biodata dan Pengalaman yang di dalamnya memuat mengenai Administrasi, CV dan Essai yang meliputi mengenai informasi umum, pengalaman mengajar, pengalaman pelatihan dan lain sebagainya.

Selanjutnya Knowladge dan Skill, yang di dalamnya memuat mengenai tes penguasaan konten, pedagogical content knowladge, tes kemampuan dasar literasi dan numerasi.

2. Tahap Akhir

Panggila jiwa, yang didalamnya berisi tes kepribadian dan wawancara.

Dengan alur Registrasi sebagai berikut ini :

  1. Calon mahasiswa lulusan S1/ D4 Kependidikan/ Nonkependidikan
  2. Lulus seleksi administrasi
  3. Lulus tes tahap awal
  4. Lulus tes tahap akhir
  5. Konfirmasi kesediaan LPTK dan tempat PPL
  6. Penetapan Peserta
  7. Lapor diri

Sebelum itu pastikan Bapak dan Ibu sudah melakukan pemutakhiran data agar bisa terpanggil mengikuti seleksi PPG. Agar bisa terpanggil untuk mengikuti seleksi administrasi calon peserta program PPG di tahun 2022 ini.

Demikian informasi terbaru, secara lengkap kami sajikan untuk Bapak dan Ibu guru sekalian yang tahun ini 2022 akan mengikuti serangkaian proses pendaftaran calon peserta PPG. Semoga bisa di berikan kesempatan dan memanfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik mungkin agar bisa berhasil.

Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat membantu Bapak dan Ibu guru dalam memperoleh informasi terbaru.

e-Guru.id menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apalagi DAFTAR SEKARANG

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah banner-member-tahunan-300x300-1.jpeg

Ingin dibantu mendaftar ? Hubungi 087719662338 (Rahma)

Penulis : Rahma Ta’nisa

Share :

Baca Juga

News

Guru Harus Tahu, Penerapan Fleksibilitas Kurikulum Merdeka pada Proses Pembelajaran!

News

Tanya Jawab Seputar Platform Rapor Pendidikan

News

Informasi Terbaru! BKN telah merilis NIP CPNS dan NI PPPK 2021

News

Review dan Download Materi Diklat 40 JP Pertemuan Keempat: Strategi Praktik Pembelajaran Kurikulum Merdeka

News

Mengenal Media Pembelajaran Audio dan Visual

News

Teknis Pelaksanaan Pendidikan Guru Penggerak
https://naikpangkat.com/download-materi-pertama-free-diklat-32jp-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-mudah--pengenalan-liveworksheet/

News

Contoh Pelatihan Bersertifikat untuk Guru dari e-Guru.id

News

Contoh Profil Sekolah SD dan Instrumen Pelengkapnya