Home / Pengembangan Diri / Pengembangan Profesi

Jumat, 5 Agustus 2022 - 00:01 WIB

Prezi dan Powerpoint, Aplikasi Pembuatan Presentasi Interaktif

Presentasi Interaktif  – Media pembelajaran interaktif adalah media pembelajaran yang mengkaitkan teks, suara, gambar bergerak, dan video yang bertujuan memudahkan dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran interaktif yang sering digunakan adalah presentasi interaktif.

Presentasi “interaktif” pada dasarnya berarti percakapan dua arah antara presenter dan audiens. Ini adalah beberapa  (tetapi tidak semua) poin-poin yang dapat guru rujuk untuk melihat apakah presentasi guru cukup interaktif: konten dan alat peraga yang disesuaikan untuk setiap jenis audiens.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat presentasi interaktif adalah Prezi dan Microsoft Power Point. Kedua Aplikasi tersebut memiliki kelebihan masing masing terutama prezi. Akhir akhir ini prezi menjadi cukup ngetren sebagai aplikasi yang dapat digunakan sebagai aplikasi pembuatan presentasi interkatif.

Baca Juga:  Kursus Speaking Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru

Prezi Adalah sebuah perangkat lunak untuk presentasi berbasis internet . Selain untuk presentasi, Prezi juga dapat digunakan sebagai alat untuk mengeksplorasi dan berbagi ide di atas kanvas virtual.

Prezi menjadi unggul karena program ini menggunakan en:Zooming User Interface (ZUI), yang memungkinkan pengguna Prezi untuk memperbesar dan memperkecil tampilan media presentasi mereka.

Prezi digunakan sebagai alat untuk membuat presentasi dalam bentuk linier maupun non-linier, yaitu presentasi terstruktur sebagai contoh dari presentasi linier, atau presentasi berbentuk peta-pikiran (mind-map) sebagai contoh dari presentasi non-linier. Pada Prezi, teks, gambar, video, dan media presentasi lainnya ditempatkan di atas kanvas presentasi, dan dapat dikelompokkan dalam bingkai-bingkai yang telah disediakan.

Baca Juga:  Konsep Sekolah Unggulan

Pengguna kemudian menentukan ukuran relatif dan posisi antara semua obyek presentasi dan dapat mengitari serta menyorot obyek-obyek tersebut. Untuk membuat presentasi linier, pengguna dapat membangun jalur navigasi presentasi yang telah ditentukan sebelumnya.

Sedangkan Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya.

Halaman Selanjutnya

Program PowerPoint

Share :

Baca Juga

membuat animasi sebagai media pengajaran guru

Karya Inovatif

Cara Membuat Animasi dengan Animaker sebagai Media Pengajaran Guru

Pengembangan Diri

Soft Skill Guru : Semakin Kreatif untuk Pendidikan Tercerahkan

Pengembangan Diri

Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Jenjang PAUD

Pengembangan Diri

Materi Hari Kedua Diklat 40JP : Peningkatan Keterampilan Guru
APLIKASI TAP

Pelatihan Guru

Mengenal TAP, Aplikasi yang Memudahkan Guru Menganalisis Soal

Pengembangan Diri

Implementasi Kurikulum Merdeka Secara Mandiri di Sekolah

Pengembangan Diri

Daftar Sekarang! Pelatihan Khusus 90jp : Penggunaan Moodle

News

Tunjangan Sertifikasi Dihapus Dalam RUU Sisdiknas Yang Baru? Simak Penjelasannya