Home / News

Kamis, 6 Januari 2022 - 08:41 WIB

Pentingnya Penggunaan Digital Marketing Dalam Pembelajaran Online

Digital marketing memiliki du aarti yaitu digital yang merupakan sebuah penggunaan perangkat elektronik dan komputer sehingga segala sesuatu yang membutuhkan elektronik dan komputer adalah digital.

Sedangkan marketing merupakan proses memperkenalkan produk atau layanan yang terkenal. Marketing juga berarti proses pemasaran suatu produk atau jasa mulai dari pengembangan strategi hingga kesadaran konsumen.

Sehingga digital marketing merupakan strategi bisnis yang dapat menguntungkan dengan menggunakan sarana elektronik dan komputerisasi. Pada era sekarang ini domain digital dapat mengambil dari berbagai bentuk mulai dari situs web, pemasaran media sosial, iklan PPC, pemasaran email, dan SEO.

Kelebihan Digital Marketing

  1. Fleksibilitas

Digital marketing memiliki kelebihan yakni lebih fleksibel dalam hal pengerjaan karena dapat dilakukan kapan saja. Selama memiliki internet anda dapat melihat semua media, iklan, dan email tanpa dibatasi oleh waktu dan tempat.

2. Jangkauan yang Luas

Di dunia nyata interaksi manusia dibatasi oleh ruang dan waktu. Berbeda dengan transaksi online. Transaksi online terkait dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

3. Kemudahan evaluasi

Dengan menggunakan media online anda dapat mencapai hasil langsung dari kegiatan pemasaran yang di lakukan. Informasi seperti waktu produk dilihat, jumlah pengguna yang melihat produk, dan persentase konversi penjualan untuk setiap iklan. Setelah mendapatkan informasi anda dapat langsung mengevaluasi hal baik dan buruknya.

4. Branding

Pemasaran digital membantu pengelola bisnis dalam membangun merek yang hebat. Kehadiran brand pengelola dalam media digital menjadi penting karena dengan demikian pelanggan nantinya akan melakukan riset secara online sebelum membeli produk yang di jual.

Kekurangan Digital Marketing

  1. Rentan Penipuan

Dalam melakukan digital marketing, salah satu kelemahan terbesar adalah kerentanannya terhadap penipuan. Ada banyak situs ilegal yang beredar untuk mencuri uang dari data sensitif yang dilakukan secara illegal oleh para peretas.

2. Rentan Kesalahan Teknis

Seperti yang diketahui bahwa digital marketing sangat bergantung pada teknologi yang mana membuatnya rentan terhadap kesalahan teknis yang terjadi akibat teknologi/internet. Sebagai pengguna teknologi yang semakin maju maka anda harus selalu berhati-hati untuk meminimalkankesalahan besar.

3. Menciptakan banyak pesaing.

Ketika melakukan digital marketing tentunya anda tidak memiliki batasan teritorial yang dapat menghalangi pengelola bisnis untuk menjual. Oleh karena itu akan ada beberapa pengelola bisnis yang menjual produk yang serupa di lingkup area yang sama.

Untuk menerapkan digital marketing hal yang dapat dilakukan yakni dengan:

  1. Menyiapkan Media Pemasaran
Baca Juga:  Guru Wajib Tahu! Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan

Langkah pertama yang harus anda lakukan untuk menerapkan digital marketing adalah dengan menyiapkan media yang ingin di gunakan untuk melakukan pemasaran. Media yang dapat digunakan dalam melakukan digital marketing yakni berupa situs web dan akun media sosial. Selain itu anda juga dapat menyediakan merek dan produk, unduhan blog, dan tautan online (ulasan, komentar pelanggan, dll).

2. Menyiapkan Konten

Langkah kedua yakni anda  perlu menyiapkan konten yang menarik dan dapat dibagikan di media sosial. Konten bisa berupa foto, video, teks, dan lainnya. Selain tiu anda juga perlu menentukan tujuan pemasaran dan target pasar untuk konten tersebut.

3. Rutin Melakukan Evaluasi

Langkah ketiga yakni ketika anda mulai mengunggah sebuat konten anda wajib melakukan evaluasi rutin pada setiap unggahan di semua jejaring sosial yang anda imiliki. Anda dapat fokus terhadap identifikasi jejaring sosial yang memberikan umpan balik dan beberapa sumber yang memberikan umpan balik yang sesuai untuk bisnis.

Tips dan Trik meningkatkan penjualan dengan strategi digital marketing yaitu :

  1. Pahami Target Pelanggan

Pertama anda perlu memahami terlebih dahulu karakteristik pelanggan dari produknya yang dapat dilakukan dengan menggunakan media yang paling mudah digunakan seperti Facebook, Instagram, Google Business, dll.

2. Jalin komunikasi yang baik dengan pelanggan

Salah satu kunci sukses strategi pemasaran digital adalah komunikasi yang baik sehingga perlu menjalin komunikasi yang baik tidak hanya ketika pelanggan membeli produk tetapi juga ketika terdapat kendala dalam bisnis. Misalnya, ketika pengiriman pelanggan akan telat karena satu dan lain hal. Hal-hal tersebut harus di komunikasikan terhadap pelanggan agar tidak terjadi kesalah pahaman.

3. Menggunakan marketplace

Dengan menggunakan marketplace maka anda dapat mempermudah meningkatkan penjualan karena sudah disediakan platform untuk membuat toko online. Dengan demikian pelanggan pun tidak khawatir akan penipuan saat berbelanja online karena seperti yang diketahui bahwa di marketplace memiliki pihak ketiga yang menjamin kepercayaan antara penjual dan pembeli.

4. Siapkan media untuk transaksi digital

Media digital yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi memiliki jenis dan bentuk bermacam-macam seperti transfer antar bank, virtual account, atau bahkan dompey digital seperti ovo,gopay,dana,dll.

5. Tidak melakukan pemasaran secara terus menerus

Melakukan pemasaran memang sangat di anjurkan akan tetapi apabila anda terlalu terobsesi dengan pemasaran produk tentunya tidak baik.

6. Selalu perhatikan citra produk yang dijual

Ketika anda berhasil melakukan strategi digital marketing yang tentunya akan memiliki pelanggan baru maka anda juga perlu memastikan produk yang akan di berikan berkualitas baik dan juga menerapkan metode pengepakan yang baik. Harap jangan sampai salah dalam memilih produk atau kemasan yang akan di berikan kepada pelanggan.

Baca Juga:  Meniti Jalan Menjadi Guru:  Juli Sugianingsih

Ada beberapa contoh strategi digital marketing yang dapat digunakan pada digital marketing diantaranya

  1. Blogging

Salah satu contoh strategi pemasaran terbaik yang bekerja untuk hampir semua bisnis adalah blogging. Blogging melibatkan penulisan dan penerbitan konten online pada topik yang relevan dengan bisnis Anda. Blogging membantu bisnis menghasilkan lebih banyak prospek karena meningkatkan visibilitas secara online dan dapat memberikan informasi berkualitas yang membantu pelanggan membuat keputusan pembelian yang lebih cerdas blogging merupakan taktik pemasaran yang sangat penting untuk optimasi mesin pencari (SEO). Semakin banyak konten yang relevan dan berkualitas yang Anda miliki di situs web Anda, semakin banyak halaman yang dapat diindeks oleh mesin pencari seperti Google.

2. Sosial media marketing

Sosial media marketing adalah salah satu contoh strategi pemasaran terbaik untuk semua ukuran bisnis. Banyak konsumen menggunakan saluran media sosial setiap hari untuk berkomunikasi dengan teman, update perkembangan yang terjadi di dunia, atau bahkan mendapatkan tawaran pekerjaan. Jika bisnis anda tidak eksis di media sosial maka anda  akan kehilangan peluang kuat untuk menjangkau pelanggan potensial. Agar akun bisnis anda semakin optimal maka anda dapat menggunakan tools pengelola sosial media yang saat ini banyak beredar.

3. Email marketing

Email marketing adalah cara yang efektif untuk menjangkau dan melibatkan pelanggan Anda di mana pun mereka berada. Tidak hanya sebagian besar konsumen memiliki alamat email tetapi banyak juga yang benar-benar menikmati mendengar dari bisnis melalui konten email. Tapi jangan terjebak dalam perangkap membeli hanya untuk menumbuhkan daftar email Anda.

4. Pay-Per-Click Ads

Pay-per-click atau PPC merupakan contoh strategi pemasaran yang dapat membantu meningkatkan visibilitas online bisnis anda. Iklan PPC meruakan iklan yang muncul di bagian atas halaman hasil mesin pencari. Saat Anda membuat iklan ini melalui Iklan Google maka anda dapat menawar kata kunci tertentu yang relevan dengan konten Anda. Ketika seorang konsumen mencari kata kunci ini di Google mereka akan melihat iklan anda di bagian atas halaman.

Ikutilah DIKLAT GRATISSSSS 40 JP SPESIAL AWAL TAHUN “Membuat PTK Untuk Kenaikan Pangkat” yang diselenggarakan oleh gurujuara.com

PTK

Penulis : Erlin Yuliana

Share :

Baca Juga

News

Panduan, Tata Tertib Seleksi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap II Tahun 2022
https://naikpangkat.com/segera-daftar-pe…-dan-power-point/

News

Guru dan Kepala Sekolah Belum Sertifikasi Segera Bersiap Tanggal 9 Mei

News

Lokakarya Nasional Bersertifikat: Berlatih Seni Animasi untuk Pembelajaran Inspiratif!

News

Wayang sebagai Media Pembelajaran yang Menarik

News

Tugas Wajib Seorang Guru yang Harus Diketahui

News

Langkah-langkah Menjadi Pendengar Aktif Untuk Melatih Public Speaking

News

Cara Mudah Membuat Video Pembelajaran Interaktif dengan Platform Digital Ini

News

Cek Segera! Ini Bocoran Gaji PPPK Terbaru