Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris Guru di Era 4.0

- Editor

Sabtu, 28 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris – Di era 4.0, penggunaan teknologi digital semakin masif digunakan di seluruh belahan dunia. Lalu, bagaimana dengan peran guru di era 4.0? Meskipun saat ini informasi sangat mudah untuk didapatkan, peran guru masih sangat penting dan belum tergantikan.

Faktanya, peran guru di era 4.0 semakin besar karena tugas guru tidak hanya menyampaikan materi pelajaran saja tetapi juga mempersiapkan peserta didik agar siap menghadapi tantangan di era 4.0.

Agar guru bisa mendidik sesuai era 4.0, guru harus menguasai kemampuan yang mendukung, salah satunya adalah kemampuan berbahasa Inggris. Mengapa demikian? Bapak/Ibu guru pasti sudah tahu jika bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa internasional dan hal ini membuat bahasa Inggris dapat dengan mudah ditemukan dimana saja, mulai dari lingkungan sekitar, alat komunikasi dalam kegiaan bisnis/perdagangan, inovasi teknologi, dan masih banyak lagi.

Selain mendukung hal-hal yang telah disebutkan diatas, penguasaan bahasa Inggris juga penting untuk mendukung kegiatan belajar mengajar antara guru dengan peserta didik di era digital. Guru harus siap dalam menerima dan memperoleh segala informasi berbahasa Inggris, begitupun dengan penerapan kemampuan bahasa Inggris dalam kegiatan pembelajaran.

Pentingnya Kemampuan Bahasa Inggris bagi Guru

  1. Menambah Pengetahuan

Dengan semakin berkembangnya teknologi, tidak dapat dipungkiri bahwa informasi di berbagai belahan dunia banyak yang disajikan menggunakan bahasa Inggris yangmana informasi tersebut dapat menambah wawasan guru dalam mengajar dan mengembangkan diri.

Dengan menguasai Bahasa Inggris, seorang guru bisa semakin update mengikuti perkembangan zaman. Dengan begitu, daya pikir akan semakin meningkat setelah memproses dan memahami informasi yang disajikan. Melalui informasi-informasi yang didapat, Bapak/Ibu guru dapat berbagi kepada peserta didik di kelas mengenai informasi atau berita penting yang telah didapat, misalnya terkait suatu penemuan/inovasi.

  1. Meningkatkan Kemampuan Diri

Sudah jelas jika dengan menguasai bahasa Inggris maka kemampuan diri juga dapat meningkat. Banyak orang yang mengatakan bahwa mempelajari dan menguasai bahasa Inggris adalah hal yang sulit. Namun, guru tidak harus patah semangat akan pendapat tersebut karena Bapak/Ibu guru dapat mulai belajar bahasa Inggris dengan perlahan-lahan.

Setelah menguasai bahasa Inggris, tentu akan dapat meningkatkan kemampuan diri karena guru yang pandai menggunakan bahasa Inggris akan dinilai mempunyai poin lebih dalam berbahasa dan berkomunikasi.

  1. Bahasa ilmiah

Bahasa Inggris juga berfungsi sebagai bahasa ilmiah dan banyak jurnal-jurnal pendidikan yang ditulis menggunakan bahasa Inggris. Bila guru menguasai bahasa Inggris, tentu guru tersebut akan lebih mudah mengakses jurnal dan memahami isi jurnal sebagai bahan referensi pembelajaran. Selain itu, guru tersebut juga berkesempatan untuk menulis jurnalnya sendiri menggunakan bahasa Inggris.

  1. Bahasa Internasional

Ratusan tahun yang lalu, kerajaan Inggris merupakan salah satu kerajaan terbesar di dunia karena lebih dari seperempat dunia berada dibawah kekuasaannya. Bahasa Inggris juga menjadi bahasa tertua di dunia, yakni sekitar abad ke 8M.

Dan sekarang ini, bahasa Inggris digunakan sebagai bahasa internasional jadi sudah seharusnya di era 4.0, guru pandai menggunakan bahasa Inggris.

  1. Memahami Teknologi

Dengan menguasai bahasa Inggris, guru dapat lebih mudah untuk menguasai teknologi. Dapat menguasai bahasa Inggris dapat membantu guru dalam mengoperasikan teknologi-teknologi terkini yang mendukung pembelajaran, seperti penggunaan komputer, laptop, smartphone, internet, dan masih banyak teknologi lain.

  1. Mempermudah Literasi Digital

Guru juga dapat meningkatkan kualitas mengajar dngan mengunduh bahan ajar atau mengakses situs-situs berbahasa Inggris melalui internet yang bisa diperoleh dengan mudah, kapan saja, dan dimana saja.

Dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi, kemampuan literasi digital semakin meningkat.

  1. Melatih Kemampuan Peserta Didik

Guru yang bisa bahasa Inggris akan mudah melatih peserta didiknya untuk siap menghadapi era global yang merupakan konsekuensi dari era 4.0 ini.

Sebagaimana yang diketahui, di era global bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Bila guru bisa melatih kemampuan bahasa Inggris peserta didiknya, itu artinya guru bisa membantu setiap peserta didiknya untuk menjadi individu-individu yang siap berperan secara global.

  1. Mengembangkan Potensi Peserta Didik

Dengan menguasai bahasa Inggris, guru dapat mengembangkan potensi peserta didik, mulai dari potensi debat bahasa Inggris, sains, robotik, teknologi, dan masih banyak lagi yangmana hal-hal tersebut membutuhkan kemampuan bahasa Inggris.

  1. Meningkatkan Peluang untuk Mendapatkan Pekerjaan

Dengan kemampuan berbahasa Inggris, Anda bisa memperoleh kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan, entah menjadi guru di sekolah negeri ataupun di sekolah swasta.

Selain itu untuk menjadi PNS ataupun karyawan, banyak instansi yang mempersyaratkan untuk melampirkan skor TOEFL tertentu, untuk menjadi guru di sekolah swasta juga demikian. Bahkan, jika seorang guru benar-benar fasih menguasasi bahasa Inggris maka guru tersebut juga berpeluang untuk bekerja di sekolah swasta internasional yangmana gaji dan fasilitas yang diperolah sangatlah tinggi.

  • Berpikir rasional

Guru yang memiliki keahlian dua bahasa atau lebih, contohnya pandai berbahasa Indonesia dan bahasa Inggrs, maka bisa mempertimbangkan aspek dan melakukan analisa terhadap informasi yang didapat, baik suatu opini, kejadian, fakta, maupun data. Dengan begitu, dapat tercipta pola pikir rasional dimana logika akan lebih mudah untuk mengambil keputusan.

  1. Memperluas Relasi

Dengan fasih berbahasa Inggris, Bapak/Ibu guru dapat lebih mudah untuk memperluas relasi. Relasi yang dijalin pun tidak hanya dengan stakeholder pendidikan dalam negeri saja, tetapi juga bisa menjalin relasi dengan stakeholder pendidikan luar negeri. Tentu dengan banyaknya relasi dapat membantu guru untuk mengembangkan potensinya.

Tips dan Trik Menguasai Bahasa Inggris

  1. Belajar Kosa Kata Bahasa Inggris

Untuk menguasai bahasa Inggris, cobalah untuk memperbanyak membaca. Jika Bapak/Ibu guru menemukan kosakata yang belum dipahami, maka buatlah catatan kecil dan masukkan kosakata yang belum dipahami serta carilah artinya.

Bapak/ibu guru tidak harus mencatat di buku, tetapi gunakanlah kecanggihan teknologi berupa handphone agar catatan tersebut bisa dibawa kemana-mana.

  1. Membaca

Untuk mengasah kemampuan berbahasa Inggris, cobalah untuk memperbanyak membaca dan mencari bahan ajar yang menggunakan bahasa Inggris.

Bapak/Ibu guru dapat menemukan berbagai macam e-book dari internet yang bisa dibaca kapan saja dengan harga murah ataupun gratis sehingga tidak harus menghabiskan banyak biaya.

  1. Menonton Film dan Mendengarkan Lagu Berbahasa Inggris

Selain sebagai hiburan, film dan lagu juga dapat bermanfaat untuk mengajarkan pelafalan, tata bahasa, kosakata, serta penggunaan bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari.

  1. Berbicara dengan Bahasa Inggris

Tata bahasa yang bagus tidak ada artinya jika Bapak/Ibu guru tidak pernah mempraktikkannya dalam berbicara karena salah satu tujuan bahasa adalah berkomunikasi. Kunci dalam belajar berbicara melalui bahasa Inggris adalah agar orang lain mengetahui apa yang Bapak/Ibu guru sampaikan.

Cobalah untuk meminta bantuan kepada orang lain yang kemampuan bahasa Inggrisnya lebih pandai untuk mendampingi Bapak/Ibu guru supaya tahu bacaan mana yang kosakata dan pengucapannya tidak tepat.

 

Demikian artikel terkait pentingnya kemampuan bahasa Inggris bagi guru di era 4.0. Sudah selayaknya guru dapat menguasai bahasa Inggris karena tidak hanya penting untuk meningkatkan kompetensi setiap guru, tetapi juga membantu guru dalam menjalankan tugasnya untuk mengajar peserta didik dan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mampu bersaing di kancah global.

 

Silahkan dibagikan kepada guru-guru di seluruh Indonesia.

Tingkatkan literasi guru dengan join channel telegram:

https://t.me/naikpangkatdotcom

Penulis: SM

Berita Terkait

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour
Update Terbaru 16 Mei: 100 Lebih Pemerintah Daerah Siap Salurkan TPG ke Rekening Guru. Cek Daerahmu…
Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online
Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024
Berita ini 56 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:29 WIB

Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Kamis, 16 Mei 2024 - 18:35 WIB

Kemendikbud Imbau Para Guru Tidak Terjebak Pinjaman Online

Kamis, 16 Mei 2024 - 11:12 WIB

Contoh Perbedaan Tampilan PMM-nya Bagi Guru Terpanggil dan Tidak Terpanggil PPG Daljab 2024

Kamis, 16 Mei 2024 - 10:35 WIB

OJK: Profesi Guru Paling Banyak Lakukan Pinjaman Online

Berita Terbaru

PPG Angkatan 1 Kemenag Resmi Dibuka pada 15 Mei 2023, Kuota untuk 6.300 Guru Madrasah

News

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB