7 Tempat Wisata Edukasi di Kabupaten Rembang yang Mempesona untuk Berlibur

- Editor

Jumat, 27 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Tempat Wisata Edukasi – Terdapat banyak destinasi wisata di Indonesia yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Hal ini menjadi surga dunia bagi orang-orang yang memiliki hobi untuk menjelajah berbagai daerah di Indonesia untuk berlibur.

Kabupaten Rembang yang terletak di perbatasan antara Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur bisa dijadikan sebagai salah satu tujuan untuk berlibur. Di daerah ini terdapat banyak destinasi wisata, mulai dari peninggalan sejarah, pantai, perbukitan, hingga wisata religi. Selengkapnya, kami merangkum beberapa inspirasi tempat wisata edukasi yang terdapat di Kabupaten Rembang, yang bisa Anda kunjungi untuk mengisi liburan.

  1. Museum RA Kartini

Mengenang perjuangan RA Kartini tidak cukup dengan mengenal nama beliau atas mengetahui sedikit cerita tentang perjalanan hidup beliau.

Jika ada waktu, Anda dapat berkunjung ke Museum RA Kartini yang terletak di Desa Kutoharjo, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Museum ini dulunya merupakan tempat tinggal RA Kartini setelah menikah dengan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojoadhiningrat. Di museum tersebut banyak peninggalan RA Kartini. Seperti tempat beliau berkarya lewat tulisan, tempat beliay mengajar kaum perempuan, foto kenang-kenangan RA Kartini dengan keluarganya, baju peninggalan RA Kartini, lukisan tiga Angsa karya RA Kartini yang menggambarkan keakraban RA Kartini dengan dua saudaranya.

Tempat ini cocok dijadikan wisatawan untuk lebih mengenal sosok RA Kartini semasa hidupnya yangmana jasa-jasanya bermanfaat hingga masa kini.

  1. Makam Pahlawan RA Kartini

RA Kartini dikenal sebagai pahlawan emansipasi wanita. RA Kartini dimakamkan di Desa Mantingan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang.

Di depan pintu masuk, terdapat patung besar seorang wanita yang sedang membawa buku yangmana menggambarkan sosok RA Kartini.

Di kompleks makam tersebut juga terdapat makam suami RA Kartini dan putra satu-satunya beliau, serta makam keluarga bupati Rembang pada masa kepemimpinan K.R.M. Adipati Ario Singgih Djojoadhiningrat

  1. Jembatan Merah Hutan Mangrove

Kawasan Hutan Mangrove Pasar Banggi atau yang lebih popular dengan sebutan Jembatan Merah merupakan salah satu objek wisata unggulan di Kabupaten Rembang. Tempat wisata ini berlokasi di Desa Pasarbanggi, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang.

Daya tarik tempat ini terletak pada tanaman mangrove yang memiliki luas lebih dari 30 ha dengan kerimbunan dan keasriannya yang masih terjaga sehingga memunculkan suasana yang menyegarkan.

Untuk menikmati kawasan Hutan Mangrove, dari pintu masuk terdapat jembatan berwarna merah yang membelah kerimbunan hutan Mangrove menuju pantai. Di pantai, pengunjung dapat menikmati desiran ombak yang tenang di gazebo. Selain daya tarik pantai dan jembatan merahnya, disini juga terdapat banyak spot foto.

  1. Taman Rekreasi Pantai Kartini (Dampo Awang Beach)

Mengajak anggota keluarga atau teman untuk berwisata di Taman Rekreasi Pantai Kartini tentu dapat menjadi pilihan terbaik karena lokasi ini menjadi salah satu daftar wisata popular di Kabupaten Rembang.

Lokasi ini juga sangat strategis yangmana terletak di pusat kota dan terletak di samping kantor Bupati Rembang. Tempat wisata ini beralamat di Jl. Jend. Sudirman No. 83, Desa Tasikagung, Kecamatan Rembang, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.

Di tempat ini terdapat banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati, seperti pantai, taman bermain anak, kolam renang, jangkar Dampo Awang,  perahu wisata, dan beraneka ragam satwa.

Beraneka ragam hewan satwa dapat Anda jadikan sebagai edukasi kepada Anak. Disana terdapat banyak hewan peliharaan seperti hewan Merak, Ikan, Kakun, Kura-kura, Buaya, Ular, dan masih banyak lagi.

  1. Wisata Kartini Mantingan

Wisata Kartini Mantingan berlokasi di Desa Mantingan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Rembang. Objek wisata satu ini terletak berdekatan dengan makam pahlawan nasional, R.A. Kartini dengan jarak kurang lebih 4 km.

Tempat wisata ini menawarkan keindahan dan kesejukan sebuah hutan dengan berbagai macam fasilitas didalamnya yang cocok digunakan untuk berlibur.

Selain sebagai tempat untuk berlibur, tempat wisata ini juga cocok digunakan sebagai tempat pembelajaran kepada anak. Di area ini terdapat jenis pohon, seperti pohon mahoni, jati, sono kembang dan kepoh.

Disamping banyaknya jenis pepohonan, di tempat ini juga terdapat penangkaran rusa, merak, dan berbagai satwa lain. Di lokasi ini juga terdapat kolam renang dengan berbagai kedalaman, mulai dari 0,5m sampai dengan 3m dan kolam renang ini dilengkapi juga dengan waterboom.

Disekitar lokasi ini juga terdapat bumi perkemahan yang cocok untuk digunakan camping dan rekreasi keluarga. Selain itu, di lokasi ini juga terdapat fasilitas wisma penginapan, play ground, lapangan tenis, dan gedung serba guna yang dapat digunakan untuk pesta, rapat/seminar, resepsi, dan lain-lain.

  1. Petilasan Sunan Bonang

Petilasan Sunan Bonang cocok untuk anda kunjungi sebagai wisata religi dengan hawa yang sejuk karena kawasan ini banyak ditumbuhi pepohonan yang rindang. Lokasi Petilasan Sunan Bonang berbatasan langsung dengan Jalur Pantura Rembang, tepatnya terletak di Desa Bonang, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Provinsi Jawa Tengah.

Konon, pasujudan ini merupakan tempat bersujud dan bertapanya salah satu Walisongo, yaitu Sunan Bonang yang hidup sekiar abad 15M.

Sunan Bonang merupakan salah satu tokoh penyebar agama Islam di Pulau Jawa. Belia merupakan putra dari Sunan Ampel dengan Dewi Condrowati atau Nyai Ageng Manila binti Aryo Tejo, Tumenggung Kerajaan Majapahit yang berkuasa di Tuban.

Untuk mencapai petilasan ini, pengunjung harus mendaki 155 anak tangga.

Untuk mencapai tempat ini, peziarah harus mendaki 155 anak tangga.

Untuk masuk ke petilasan Sunan Bonang, pengunjung harus merangkak melewati pintu kecil. Petilasan yang tedapat di lokasi ini berupa empat buah bongkahan batu dengan ukuran yang beragam dan letak batunya juga tidak bisa dipindah.

Satu batu yang berukuran besar dipercaya terdapat cap dahi Sunan Bonang yang menggambarkan beliau seolah habis bersujud.

Batu berikutnya berukuran sedikit lebih kecil dan terdapat cap kaki sebelah kiri yang dipercaya sebagai cap kaki Sunan Bonang saat bertapa kepada Allah SWT dengan berdiri satu kaki.

Selain petilasan Sunan Bonang, di tempat ini juga terdapat makam Putri Campa, salah satu murid Sunan Bonang yang berasa dari negeri Campa.

  1. Tiongkok Kecil Heritage Lasem

Lasem merupakan sebua kecamatan yang berada di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah yang dikenal masyarakat luas sebagai kawasan Tiongkok Kecil. Julukan tersebut diperoleh karena dulunya Lasem pernah menjadi tempat tujuan mendaratnya orang-orang Tionghoa di Pulau Jawa.

Kecamatan Lasem memiliki nuansa sejarah yang cukup kental, tidak hanya Tionghoa tetapi juga Jawa, Arab, bahkan Belanda. Hal tersebut dapat diketahui dari bangunan-bangunan yang terdapat di Lasem.

Salah satu bangunan yang cukup terkenal di Kecamatan Lasem adalah bangunan Tiongkok Kecil Heritage yang merupakan perpaduan dari Tionghoa dan gaya arsitektur Indische Empire.

Bangunan ini juga dikenal sebagai rumah merah lantaran tembok-tembok bangunan ini baik yang terdapat di dalam dan di luar bangunan di cat dengan warna merah.

Lokasi ini cocok untuk Anda gunakan untuk mengenal budaya Tiongkok dan tempat ini juga cocok digunakan sebagai spot foto.

 

Nikmati perjalanan Anda dengan menikmati berbagai tempat wisata edukasi di Kabupaten Rembang yang pastinya seru dan menarik.

 

Silahkan dibagikan kepada guru-guru di seluruh Indonesia.

Tingkatkan literasi guru dengan join channel telegram:

https://t.me/naikpangkatdotcom

Penulis: SM

 

Berita Terkait

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Berita ini 132 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:15 WIB

Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Berita Terbaru