Home / News

Jumat, 19 November 2021 - 00:22 WIB

Pemanfaatan Media Sosial Podcast sebagai Media Pembelajaran

 

Media Pembelajaran Podcast – Menggunakan media pembelajaran saat mengajar merupakan langkah penting untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Apalagi untuk saat ini. 

Menariknya, semakin majunya zaman, semakin berkembang pula media pembelajaran yang dapat diterapkan di sebuah kelas. Dan mungkin, ada di antara Anda yang sudah menerapkannya. 

Nah, adapun media pembelajaran yang cukup direkomendasikan saat ini untuk dipilih adalah media sosial. 

Media sosial yang bisa digunakan sebagai media belajar tentu banyak, seperti Facebook, Instagram, Youtube, dan lain sebagainya. Namun kali ini, kita hanya akan membahas media pembelajaran podcast.

Media Pembelajaran Podcast

Beberapa tahun belakangan, podcast sedang marak-maraknya di Indonesia. Sehingga, semua orang seolah ikut ambil bagian dalam memanfaatkannya. Tidak terkecuali para pendidik. Apalagi didukung dengan banyak aplikasi-aplikasi podcast yang menarik. Spotify misalnya. 

Dan kabar baiknya, sudah lumayan banyak para praktisi pendidikan yang mengaplikasikan model pembelajaran ini di kelasnya.  Anda pun juga bisa melakukan pengecekan mengenai efektivitas penggunaan media pembelajaran podcast ini. 

Baca Juga:  Kemenag Beserta Kominfo Merilis Platform Mandiri Belajar Sebagai Sarana Akses Pendidikan

Sudah banyak  jurnal-jurnal penelitian yang membahas terkait masalah tersebut. Dan sebagian besar menyatakan bahwa media pembelajaran podcast mampu meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar para siswa.

Media pembelajaran satu ini akan membuat proses pembelajaran menjadi lebih menarik dan lebih aktif. Anda bahkan bisa membuatnya dengan sangat mudah. Karena podcast sendiri bisa diartikan sebagai sebuah rekaman, baik itu audio saja atau audio dan video yang kemudian dibagikan khalayak ramai secara online. 

Jadi, bukan hanya bisa diupload ke aplikasi podcast, tapi juga bisa di upload ke media sosial lainnya. Sehingga, yang dapat mengaksesnya bukan hanya murid Anda di sekolah saja, tapi juga siswa di belahan dunia manapun.

Podcast merupakan model pembelajaran yang sangat pas digunakan dalam kondisi apapun. Terlebih lagi jika Anda tahu bahwa mayoritas siswa di sekolah cukup antusias dalam mendengarkan dan mempunyai kelebihan di sana. Karena sebagaimana yang kita tahu, bahwa siswa mempunyai kecenderungan kecerdasannya masing-masing. 

Baca Juga:  11 Rekomendasi Wisata Edukasi Untuk Mengisi Liburan Akhir Semester

Proses pembuatan media pembelajaran podcast juga tergolong sangat mudah. Pertama, tentukan dahulu materi yang akan Anda jadikan podcast. Jika sudah, lakukan rekaman materi. Usahakan untuk melakukan rekaman di tempat yang sepi dan sunyi. Hal ini biar suaranya jernih. 

Jika sudah, cek kembali, apakah podcastnya sudah sesuai atau belum. Jika sudah, Anda tinggal mencari aplikasi podcast atau yang lainnya tempat untuk mengupload. Disarankan untuk menguploadnya ke media sosial yang ramai digunakan oleh masyarakat, misalnya Spotify atau sejenisnya. Karena ini bisa membuat podcast tersebut bisa diakses oleh banyak orang. 

Ketika upload materi tersebut, jangan lupa untuk menambahkan judul yang menarik. 

Itulah dia seputar pemanfaatan media sosial podcast sebagai media pembelajaran. Selamat mencoba.

Jadilah bagian dari anggota e-Guru.id dan temukan pelatihan gratis tentang cara membuat media pembelajaran yang menarik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

ide bisnis untuk guru

News

3 Langkah Mudah Membuat RPP 1 Lembar

News

Diklat 35JP “Latihan Merancang Pembelajaran Kurikulum Prototipe”

News

Segera Daftar Diklat Nasional Bersertifikat 64 JP: Penyusunan Kurikulum Operasional di Satuan Pendidikan (KOSP), Modul Ajar dan Modul Projek

News

Penerapan kurikulum prototipe pada jenjang sekolah dasar

News

5 Penerbit Buku Paket Siswa Terbaik di Indonesia
mengembangkan fitrah positif anak

News

Menumbuhkembangkan Fitrah Positif Anak

News

Tips untuk Guru agar Pembelajaran Online Jadi Lebih Menarik

News

6 Aplikasi Pencari Jawaban Soal Terpopuler