Home / Pelatihan Guru

Jumat, 23 April 2021 - 00:07 WIB

Pelatihan Membuat Kuis Pembelajaran yang Interaktif

Membuat kuis – Salah satu keterampilan yang harus dimiliki oleh guru saat ini adalah kemampuan dalam menggunakan berbagai aplikasi yang dapat mendukung proses belajar mengajar. Misalnya, adalah bagaimana cara menggunakan aplikasi untuk membuat kuis yang menarik bagi para siswa. Dengan keterampilan tersebut, guru akan mampu membuat langkah-langkah inovatif yang disesuaikan dengan ketertarikan siswa.

Pembelajaran yang dilakukan pada zaman digital seperti sekarang ini memang perlu dilakukan penyesuaian. Pasalnya, para siswa saat ini sangat lekat dengan dunia digital. Mereka sangat sangat erat kaitannya dengan dunia gadget dan lain sebagainya. 

Guru yang tidak dapat mampu menyesuaikan dengan kebutuhan pelajar masa kini tersebut bisa dikatakan guru yang ketinggalan zaman. Tentu saja semua guru tidak ingin mendapat predikat seperti itu. Apalagi kompetensi guru memang harus disesuaikan dengan kemajuan zaman.  

Ketika guru dapat melakukan penyesuaian zaman yang kemudian mampu menciptakan suasana belajar yang seru, guru tersebut bisa menjadi guru idola para peserta didik. Dan karya-karya inovatif yang dibuat oleh guru juga dapat digunakan untuk kepentingan lain, misalnya untuk kenaikan pangkat dan lain sebagainya.

Baca Juga:  Pedoman Penyusunan SKP Terbaru 2021 : Sesuai Menpan dan RB No. 3 Tahun 2021 Penyusunan SKP

Sementara itu, salah satu tugas guru adalah membuat soal-soal kuis untuk melakukan evaluasi kegiatan belajar siswa. Bukan zamannya lagi kuis yang akan diberikan kepada siswa dalam bentuk cetak yang harus dikerjakan secara manual dan offline. Pasalnya, cara tersebut merupakan cara lama yang tampaknya kurang relevan dengan masa kini.

Seperti yang yang kita tahu bahwa hampir semua kalangan siswa di berbagai jenjang pendidikan sudah pasti mengenal smartphone. Kegiatan belajar akan lebih menyenangkan jika dilakukan melalui media tersebut. Selain praktis juga mudah diakses.

Nah, bagi guru yang ingin membuat media pembelajaran atau membuat kuis interaktif secara online dapat menggunakan beberapa aplikasi seperti Quizizz, Kahoot, ClassPoint, dan lain sebagainya.

Namun masalah yang terjadi saat ini di mana masih banyak guru yang belum mampu menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga ketika membuat soal-soal, misalnya, masih harus menggunakan cara lama.

Baca Juga:  Bimtek Bersertifikat 35JP “Kiat Praktis Menyusun Laporan PTK”

Nah, untuk meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan aplikasi demi menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, guru dapat mengikuti pelatihan-pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan guru. 

Pada bulan Mei 2021 mendatang, e-Guru.id akan menggelar pelatihan untuk guru yang ingin menciptakan inovasi dalam belajar, khususnya dalam membuat soal-soal yang interaktif.

Mengikuti pelatihan tersebut sangat penting karena akan meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan produk-produk digital untuk kepentingan pendidikan dan membuat terobosan inovasi yang diperlukan. 

Daftar diri Anda pada pelatihan di atas melalui link berikut:

DAFTAR

Daftarkan diri Anda sebagai member e-Guru.id untuk mendapatkan pelatihan gratis setiap bulan melalui link berikut ini:

DAFTAR MEMBER

Silakan hubungi kontak berikut ini jika terdapat pertanyaan:

Whatsapp

Telegram

Share :

Baca Juga

monetisasi youtube untuk guru

Pelatihan Guru

Monetisasi Channel Youtube Guru

Advertorial

100% GRATIS Bersertifikat 32 JP : Workshop Nasional Editing Video Profesional Untuk Youtuber Guru Era Digital

News

Review dan Download Materi Diklat Gratis 40 JP Pertemuan Ketiga: Desain Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru

News

Mengenal Lebih Jauh, Apa Itu e-Guru.id?
https://naikpangkat.com/cara-download-sertifikat-dan-fasilitas-diklat-gratis-32-jp-aktualisasi-asesmen-dalam-kurikulum-merdeka/

Advertorial

Cara Download Sertifikat dan Fasilitas Diklat Gratis 32 JP Aktualisasi Asesmen dalam Kurikulum Merdeka
pelatihan membuat e-modul

Pelatihan Guru

Pelatihan Membuat E-Modul Berbasis Android
aplikasi analisis soal

Karya Inovatif

Daftar Aplikasi Analisis Soal yang Dapat Dimanfaatkan Guru

Pelatihan Guru

DIKLAT NASIONAL GRATIS 40 JP: Guru Profesional Memasuki Era Edukasi 4.0