Home / News

Kamis, 30 Juni 2022 - 11:37 WIB

Pelatihan bersertifikat 32 JP: Membuat E-Modul Interaktif dan Menarik Melalui Book Creator

E-Modul Pembelajaran – Perkembangan teknologi e-book mendorong adanya inovasi dalam mengembangkan suatu media dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat ditransformasikan penyajiannya ke dalam bentuk elektronik adalah modul.

Modul elektronik dapat didefinisikan sebagai alat pembelajaran yang dirancang secara elektronik, berisi materi sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan.

Pada dasarnya e-modul juga merupakan bahan ajar yang disusun secara sistematis dan dapat menyajikan materi secara runtut, dalam E-modul terdapat materi-materi serta latihan soal yang memudahkan siswa dalam mempelajari materi.

E-Modul sebagai bahan ajar yang dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri memiliki bahasa yang komunikatif dan bersifat dua arah sehingga memudahkan siswa dalam mempelajari materi pelajaran.

E-Modul dapat membantu siswa untuk belajar secara mandiri dan dapat mengukur tingkat pemahamannya sendiri, dalam E-modul terdapat tujuan akhir dalam kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.

Sehingga siswa dapat mengetahui hal apa saja yang harus mereka kuasai atau pahami untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Baca Juga:  Review dan Download Materi Diklat 40 JP Pertemuan Keempat: Strategi Praktik Pembelajaran Kurikulum Merdeka
Tujuan Penyusunan Modul

Adapun tujuan dari penyususnan e-modul pembelajaran adalah sebagai berikut:

  1. Agar peserta didik dapat belajar secara mandiri tanpa atau dengan bimbingan pendidik.
  2. Agar peran pendidik tidak terlalu dominan dan otoriter dalam kegiatan pembelajaran.
  3. Melatih kejujuran peserta didik.
  4. Mengakomodasi berbagai tingkat dan kecepatan belajar peserta didik. Bagi peserta didik yang kecepatan belajarnya tinggi, maka mereka dapat belajar lebih cepat serta menyelesaikan modul dengan lebih cepat pula. Sebaliknya, bagi yang lambat maka mereka akan dipersilahkan untuk mengulanginya kembali.
  5. Agar peserta didik mampu mengukur sendiri tingkat penguasaan materi yang telah dipelajar.

E-modul adalah modul versi elektronik dimana akses dan penggunaannya dilakukan melalui alat elektronik seperti komputer, laptop, tablet atau bahkan smartphone.

Text pada e-modul dapat dibuat menggunakan Microsoft Word. Tapi untuk menampilkan media yang interaktif, e-modul harus dibuat menggunakan program e-book khusus seperti Flipbook Maker, Book Creator Calibre, dan lain sebagainya.

Kelebihan e-modul dari bahan ajar cetak adalah bahwa e-modul lengkap dengan media interaktif seperti video, audio, animasi dan fitur interaktif lain yang dapat dimainkan dan diputar ulang oleh siswa saat menggunakan e-modul.

Baca Juga:  Penerapan Blended Learning dengan Metode Flipped Classroom pada PTM Terbatas!

E-modul dinilai bersifat innovatif karena dapat menampilkan bahan ajar yang lengkap, menarik, interaktif, dan mengemban fungsi kognitif yang bagus.

E-modul dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada siswa dan mendapatkan respon positif dari siswa. Dalam hal ini e-modul yang sudah jadi dapat disimpan dalam berbagai extension file sehingga dapat diputar pada komputer dengan sistem operasi berbeda.

Untuk komputer Windows, e-modul disimpan dalam bentuk .exe. Untuk computer macintosh e-modul disimpan dalam bentuk .app. Dan untuk web, e-modul disimpan dalam bentuk file.html.

Selanjutnya, e-modul dapat diputar pada komputer yang telah memiliki program-program yang digunakan dalam mebuat media dalam e-modul itu. Beruntungnya, program-program yang banyak digunakan dalam membuat e-modul sudah terdapat gratis pada banyak komputer windows.

Halaman berikutnya

Kelebihan dan kekurangan e-modul..

Share :

Baca Juga

News

Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar Bersama Platform Merdeka Mengajar
https://naikpangkat.com/promo-tebus-murah-daftar-pelatihan-3-orang-hanya-99-000/

News

Keuntungan Penggunaan Zoom dalam Pembelajaran Online
https://naikpangkat.com/segera-daftar-pelatihan-gratis-membuat-desain-bahan-promosi-ppdb-menggunakan-canva-dan-power-point%e2%80%bc/

News

Cara Mudah Membuat Brosur PPDB Online Bagi Pemula
Tips Mengisi Survey Lingkungan Belajar

News

Wajib Simak Cara Isi Survei Lingkungan Belajar Agustus 2022

News

Cara Pengajaran 3N Menurut Ki Hajar Dewantara

News

Latihan Soal Pretest PPG Kompetensi Pedagogik Lengkap Dengan Jawaban Sesuai Dengan Kisi-kisi

News

Kaitan antara Dupak, Angka Kredit, dan Motivasi Kerja Guru PNS

News

Syarat Menjadi Sekolah Penggerak yang Wajib Dipenuhi Kepala Sekolah