Pelaksanaan Pendidikan Karakter Sejak Dini

- Editor

Kamis, 6 Mei 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai karakter tertentu kepada peserta didik yang di dalamnya terdapat komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, serta tindakan untuk melakukan nilai-nilai tersebut.

Pendidikan karakter (character education) sangat erat hubungannya dengan pendidikan moral di mana tujuannya adalah untuk membentuk dan melatih kemampuan individu secara terus-menerus guna penyempurnaan diri ke arah hidup yang lebih baik.  Karakter yang  berkualitas perlu dibentuk dan dibina sejak dini.

Sementara itu, pendidikan karakter di Indonesia semakin lama semakin tergerus oleh kemajuan zaman seperti tergerusnya tata krama dengan yang lebih tua. Selain itu, pendidikan karakter di Indonesia yang hampir punah yaitu kurangnya rasa hormat siswa terhadap guru. Hal ini adalah contoh yang ada pada kehidupan sekolah sehari-hari. 

Pendidikan karakter sangat penting bagi dunia pendidikan karena perlu diketahui di era modern sekarang banyak anak- anak yang masih berada di bangku sekolah dasar memiliki karakter yang cukup buruk karena pengaruh teknologi yang sangat pesat dan semakin maju. Hal itu justru menjadikan perkembangan karakter anak semakin buruk.

Salah satu tempat untuk menanamkan karakter pada anak adalah sekolah. Sekolah merupakan tempat yang strategis untuk menanamkan karakter ini karena semua anak akan mengenyam dunia pendidikan di sekolah. Sehingga yang didapatnya akan mempengaruhi pembentukan karakternya.

Pengajaran karakter di sekolah diajarkan oleh seorang guru. Oleh karena itu sebagai seorang guru harus berperan baik dalam bersikap di depan peserta didik. Guru tidak boleh bersikap jelek karena peserta didiknya akan menirukan apa yang dilakukan gurunya tersebut.

Selain itu guru juga perlu mengajarkan nilai-nilai agama. Pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dapat dilaksanakan pada kegiatan pembelajaran di dalam kelas, pengembangan budaya sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan keseharian di rumah atau di masyarakat.

Pendidikan karakter sangat penting  diterapkan di sekolah karena untuk mengembalikan karakter anak bangsa Indonesia yang sudah mulai luntur. Dengan dilaksanakannya pendidikan karakter di sekolah sejak dini, diharapkan dapat menjadi solusi atas masalah-masalah sosial yang terjadi masyarakat   

Tahap-tahap pengembangan dan pembentukan karakter

Pembentukan karakter merupakan suatu hal yang penting untuk diterapkan di sekolah. Karena pendidikan karakter menjadi sebuah pijakan dalam setiap mata pelajaran dan bisa menjadi penentu bagi siswa untuk mengantarkan siswa menjadi insan kamil.

Pertumbuhan dan perkembangan pendidikan karakter yang baik bisa menjadi dorongan bagi siswa untuk melakukan hal positif dan memiliki tujuan hidup yang benar.

Lingkungan sekolah bukan menjadi suatu hal yang mutlak bagi anak untuk mendapatkan pendidikan karakter secara utuh. Oleh karena itu orang tua, keluarga, lingkungan dan masyarakat juga memiliki peran penting dalam pembentukan karakter.

Karakter dapat dibentuk melalui beberapa tahap, di antaranya:

  • Tahap pengetahuan. Pendidikan karakter dapat ditanamkan melalui pengetahuan, yaitu lewat setiap mata pelajaran yang diberikan kepada anak.
  • Tahap pelaksanaan. Pendidikan karakter bisa dilaksanakan di manapun dan dalam situasi apapun. Pendidikan karakter di lingkungan sekolah bisa dilaksanakan mulai dari sebelum proses belajar mengajar sampai pembelajaran usai.
  • Tahap pembiasaan. Karakter tidak hanya ditanamkan lewat pengetahuan dan pelaksanaan saja, tetapi harus dibiasakan. Karena orang yang memiliki pengetahuan belum tentu bisa bertindak dan berperilaku sesuai dengan ilmu yang ia miliki apabila tidak dibiasakan untuk melakukan kebaikan.

Ketiga komponen tersebut sangat diperlukan untuk membentuk karakter pada seseorang terutama dalam sistem pendidikan

Karakter merupakan salah satu hal yang dapat diubah dalam diri seseorang. Pendidikan Karakter diperkenalkan sejak dini dapat melatih siswa dalam menghadapi permasalahan -permasalahan sosial yang sering timbul di lingkungan masyarakat. Guru sebagai kunci utama yang memainkan peran ini diharapkan memiliki sikap objektif sehingga pandangan bahwa guru adalah seseorang yang pantas untuk digugu dan tiru sejalan dengan keadaan yang sebenarnya.

PENULIS: SULASTRI, S.Pd, GURU  SDN BAKALAN 03 POLOKARTO, SUKOHARJO, JATENG

Berita Terkait

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka
Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 
Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan
Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan
Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan
Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 
Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua
Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan
Berita ini 34 kali dibaca

Berita Terkait

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:35 WIB

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Februari 2024 - 15:20 WIB

Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 

Jumat, 16 Februari 2024 - 09:32 WIB

Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan

Selasa, 13 Februari 2024 - 10:50 WIB

Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan

Selasa, 6 Februari 2024 - 10:35 WIB

Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan

Senin, 5 Februari 2024 - 10:27 WIB

Apakah  Sosok Guru Akan Tergantikan oleh Teknologi AI? 

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:55 WIB

Kehadiran ChatGPT dalam Dunia Pendidikan, Bagai  Pedang Bermata Dua

Sabtu, 3 Februari 2024 - 15:20 WIB

Keajaiban Kecerdasan Buatan (AI) yang Mampu Merevolusi Dunia Pendidikan

Berita Terbaru