Panduan Lengkap PPG Daljab 2024: Syarat, Proses Seleksi, Pelakanaan, Materi, Tips Sukses

- Editor

Rabu, 3 Juli 2024

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PPG Daljab 2024 direncanakan akan berlangsung dalam waktu dekat. Bagi para guru yang hendak mengikuti program tersebut diharapkan untuk segera melakukan persiapan sebelum mengikuti program pendidikan tersebut.

Sebelum memahami persiapan apa saja yang diperlukan dan mengetahui kapan pelaksanaannya, lebih baik kita memahami dulu apa itu PPG Daljab.

Apa Itu PPG Daljab?

Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) adalah program yang dirancang oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kendikbudristek) untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme guru yang sudah berada dalam jabatan. PPG Daljab bertujuan untuk memberikan pelatihan lanjutan kepada para guru agar mereka dapat memenuhi standar profesional yang ditetapkan oleh pemerintah. Program ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia melalui peningkatan kualitas tenaga pengajarnya.

PPG Daljab berbeda dari program pendidikan guru lainnya yang biasanya diperuntukkan bagi calon guru yang belum memiliki pengalaman mengajar. Sementara program pendidikan guru lainnya, seperti Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) atau Pendidikan Guru untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PG-PAUD), ditujukan untuk mempersiapkan individu menjadi guru, PPG Daljab khusus untuk guru yang sudah aktif mengajar dan memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK).

Tujuan utama dari PPG Daljab adalah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional guru. Melalui program ini, guru diharapkan dapat mengembangkan metode pengajaran yang lebih efektif, memahami kebutuhan psikologis siswa, serta mampu mengintegrasikan teknologi dalam proses pembelajaran. Selain itu, PPG Daljab juga bertujuan untuk mempersiapkan guru agar lebih siap menghadapi tantangan-tantangan dalam dunia pendidikan yang terus berkembang.

PPG Daljab juga menawarkan sejumlah fasilitas dan dukungan untuk para pesertanya. Guru yang mengikuti program ini akan mendapatkan bimbingan dari dosen dan mentor yang berpengalaman, serta akses ke berbagai sumber belajar yang dapat membantu mereka dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, PPG Daljab tidak hanya menjadi sarana untuk meningkatkan kompetensi guru, tetapi juga menjadi platform bagi guru untuk berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan rekan-rekan seprofesi.

Syarat dan Ketentuan Pendaftaran PPG Daljab 2024

Persiapan untuk mendaftar PPG Daljab 2024 membutuhkan pemenuhan sejumlah syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Calon peserta harus memenuhi kualifikasi akademik tertentu, memiliki pengalaman mengajar yang memadai, dan menyiapkan beberapa dokumen penting.

Secara umum, berikut adalah rincian lebih lanjut mengenai persyaratan tersebut:

Kualifikasi Akademik: Calon peserta diwajibkan memiliki gelar sarjana pendidikan atau gelar lain yang relevan dengan bidang yang akan diajarkan. Kualifikasi akademik ini harus diperoleh dari perguruan tinggi yang diakui oleh pemerintah atau lembaga akreditasi yang berwenang. Gelar tersebut harus sesuai dengan mata pelajaran yang akan diampu dalam program PPG Daljab 2024.

Pengalaman Mengajar: Selain kualifikasi akademik, calon peserta juga harus memiliki pengalaman mengajar minimal dua tahun. Pengalaman ini harus dibuktikan dengan surat keterangan resmi dari sekolah atau institusi pendidikan tempat mereka mengajar. Pengalaman mengajar ini dianggap penting karena program PPG Daljab 2024 dirancang untuk meningkatkan kompetensi profesional guru yang sudah memiliki dasar pengalaman di lapangan.

Dokumen-dokumen yang Perlu Disiapkan: Calon peserta perlu menyiapkan beberapa dokumen penting untuk proses pendaftaran. Dokumen-dokumen tersebut termasuk:

  • Salinan ijazah dan transkrip nilai yang telah dilegalisir.
  • Surat keterangan pengalaman mengajar dari sekolah atau institusi pendidikan.
  • Surat rekomendasi dari atasan atau kepala sekolah.
  • Pas foto terbaru.
  • Fotokopi KTP atau identitas resmi lainnya.
  • Formulir pendaftaran yang telah diisi lengkap.

Dokumen-dokumen di atas, tidak untuk disetorkan pada saat pendaftaran, melainkan dapat digunakan untuk melakukan verikasi dan validasi melalui sejumlah sistem yang telah disediakan untuk guru yang sudah mengajar, termasuk melalui Dapodik.

Penting untuk melakukan proses ini, karena akan menentukan apakah guru yang bersangkutan layak untuk ikut PPG Daljab atau tidak. Untuk proses verikasi dan validasi, dapat dibaca lebih lanjut melalui artikel berikut ini: Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024

Tenggat Waktu Pendaftaran: Pendaftaran untuk PPG Daljab 2024 memiliki tenggat waktu yang ketat. Calon peserta diharapkan untuk mengirimkan semua dokumen dan mengisi formulir pendaftaran sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Informasi lebih lanjut mengenai tenggat waktu pendaftaran dapat diakses melalui situs resmi pada link berikut ini: PPG Dalam Jabatan.

Proses Seleksi: Setelah pendaftaran ditutup, akan dilakukan proses seleksi yang melibatkan verifikasi dokumen dan penilaian kualifikasi. Calon peserta yang memenuhi semua syarat dan ketentuan akan diundang untuk mengikuti tahap seleksi berikutnya. Bagi guru yang yang sudah mengajar, dalam mengikuti PPG Daljab hanya akan dilakukan seleksi administrasi saja, tidak ada tes tulis atau wawancara seperti yang dilakukan kepada calon mahasiswa PPG Prajabatan.

Untuk mengetahui tentang persyaratan apa saja yang dibutuhkan oleh guru dalam mengikuti seleksi PPG Daljab ini dapat merujuk pada peraturan terbaru yakni: Permendikbudristek Nomor 19 Tahun 2024 tentang Pendidikan Profesi Guru.

Proses Seleksi dan Penilaian

Proses seleksi PPG Daljab 2024 terdiri dari beberapa tahapan yang harus dilalui oleh calon peserta. Tahapan pertama adalah seleksi administrasi, yang bertujuan untuk memastikan bahwa calon peserta memenuhi persyaratan dasar yang telah ditetapkan. Pada tahap ini, calon peserta diharuskan untuk mengumpulkan berbagai dokumen yang relevan, seperti ijazah, sertifikat pendukung, dan surat rekomendasi. Setiap dokumen akan diperiksa secara teliti untuk memastikan keasliannya dan kesesuaiannya dengan persyaratan yang berlaku.

Kriteria penilaian dalam proses seleksi PPG Daljab 2024 sangat ketat dan mencakup berbagai aspek. Pertama, aspek akademik yang meliputi penilaian terhadap pengetahuan dan keterampilan calon peserta dalam bidang studi yang mereka ajarkan. Kedua, aspek profesional yang menilai sejauh mana calon peserta memahami konsep-konsep pedagogik dan mampu menerapkannya dalam situasi nyata. Ketiga, aspek kepribadian yang menilai integritas, komitmen, dan motivasi calon peserta dalam menjalani profesi sebagai seorang pendidik.

Penilaian akhir dilakukan berdasarkan akumulasi skor dari berbagai tes dan kriteria tersebut. Hanya calon peserta yang berhasil mencapai nilai ambang batas yang telah ditetapkan yang akan dinyatakan lulus dan berhak mengikuti program PPG Daljab 2024. Melalui proses seleksi yang ketat dan penilaian yang komprehensif ini, diharapkan hanya calon peserta yang benar-benar kompeten dan memiliki dedikasi tinggi yang dapat diterima dalam program tersebut.

Materi dan Kurikulum PPG Daljab 2024

Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) 2024 dirancang untuk memberikan pemahaman mendalam dan keterampilan praktis kepada para guru yang sudah dalam jabatan. Kurikulum PPG Daljab 2024 mencakup berbagai mata pelajaran yang relevan untuk meningkatkan kompetensi profesional guru dalam berbagai bidang studi, termasuk pedagogik, metodologi pengajaran, dan teknologi pendidikan.

Mata pelajaran yang diajarkan dalam program ini meliputi teori dan praktik pendidikan, pengembangan kurikulum, evaluasi pembelajaran, dan manajemen kelas. Selain itu, peserta juga akan mempelajari psikologi anak dan remaja, strategi pengajaran yang efektif, serta penggunaan teknologi dalam pendidikan. Setiap mata pelajaran dirancang untuk memberikan pemahaman yang komprehensif dan keterampilan yang dapat langsung diterapkan di lingkungan pendidikan.

Metode pengajaran dalam PPG Daljab 2024 menggabungkan pendekatan tradisional dan inovatif. Para peserta akan mengikuti kuliah, diskusi kelompok, dan lokakarya, serta mengerjakan proyek-proyek praktis yang relevan dengan mata pelajaran yang dipelajari. Pendekatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa peserta tidak hanya memahami teori, tetapi juga mampu menerapkannya dalam situasi nyata di lapangan.

Teknologi memainkan peran penting dalam proses pembelajaran PPG Daljab 2024. Sistem pembelajaran daring (online) akan digunakan secara luas untuk memberikan fleksibilitas kepada peserta dalam mengakses materi belajar. Rencananya, pembelajaran online untuk PPG Daljab ini akan dilakukan melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Sehingga para guru yang belum menggunakan platform tersebut segera mendaftar.

Platform pembelajaran daring memungkinkan peserta untuk mengikuti kuliah, mengakses bahan bacaan, dan berpartisipasi dalam diskusi secara virtual. Selain itu, teknologi seperti alat bantu pengajaran interaktif dan aplikasi manajemen kelas juga digunakan untuk meningkatkan efektivitas proses pembelajaran.

Dengan kombinasi materi yang komprehensif, metode pengajaran yang inovatif, dan pemanfaatan teknologi, PPG Daljab 2024 bertujuan untuk menghasilkan guru-guru yang lebih kompeten dan siap menghadapi tantangan pendidikan di era digital. Program ini tidak hanya berfokus pada peningkatan pengetahuan teoritis tetapi juga pada pengembangan keterampilan praktis yang diperlukan untuk mendukung pembelajaran yang efektif dan bermakna.

Pelaksanaan PPG Daljab: Jadwal dan Metode

Pelaksanaan PPG Daljab 2024 dirancang untuk memastikan para peserta mendapatkan pengalaman belajar yang komprehensif dan efektif. Jadwal pelaksanaan program ini telah ditentukan dengan seksama untuk mengakomodasi kebutuhan belajar yang seimbang antara teori dan praktik. Program ini biasanya berlangsung selama satu tahun, dibagi ke dalam beberapa tahap untuk memaksimalkan pembelajaran.

Durasi program PPG Daljab 2024 terdiri dari beberapa fase, dimulai dengan tahap orientasi, diikuti oleh fase pembelajaran teori dan diakhiri dengan fase praktik. Tahap orientasi bertujuan untuk memperkenalkan peserta dengan struktur program dan memberikan gambaran umum mengenai materi yang akan dipelajari. Pembelajaran teori biasanya dilakukan selama beberapa bulan pertama, di mana peserta akan mempelajari berbagai konsep dasar dan metodologi pendidikan yang relevan dalam konteks pengajaran mereka.

Setelah fase pembelajaran teori, peserta akan memasuki fase praktik yang memungkinkan mereka untuk menerapkan pengetahuan yang telah dipelajari dalam situasi nyata. Fase praktik ini penting untuk membangun kepercayaan diri dan keterampilan praktis dalam mengelola kelas dan menerapkan strategi pengajaran yang efektif.

Metode pembelajaran yang digunakan dalam PPG Daljab 2024 mencakup kombinasi antara pembelajaran daring (online) dan tatap muka (offline). Pembelajaran daring memungkinkan peserta untuk mengakses materi secara fleksibel dari mana saja, sehingga mereka dapat mengatur waktu belajar sesuai dengan jadwal pribadi mereka. Sesi tatap muka, baik secara langsung maupun melalui platform video conference, memberikan kesempatan untuk diskusi lebih mendalam, bimbingan langsung dari instruktur, serta interaksi dengan sesama peserta.

Kombinasi metode daring dan tatap muka ini dirancang untuk memastikan bahwa peserta mendapatkan manfaat maksimal dari kedua pendekatan tersebut. Dengan demikian, program PPG Daljab 2024 tidak hanya menekankan pada penguasaan teori, tetapi juga pada penerapan keterampilan praktis yang esensial dalam dunia pendidikan.

Manfaat Mengikuti PPG Daljab

Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan (PPG Daljab) menawarkan berbagai manfaat signifikan bagi para guru yang mengikutinya. Pertama dan terpenting, PPG Daljab berkontribusi besar terhadap peningkatan kompetensi profesional. Melalui program ini, guru dapat memperdalam ilmu pedagogi, metode pengajaran, dan pengetahuan konten mata pelajaran yang mereka ajarkan. Dengan demikian, guru tidak hanya mampu mengajar dengan lebih efektif, tetapi juga dapat menginspirasi dan memotivasi siswa mereka melalui pendekatan yang lebih modern dan relevan.

Selain peningkatan kompetensi, PPG Daljab juga membuka peluang besar untuk pengembangan karir. Guru yang telah menyelesaikan program ini memiliki nilai tambah yang signifikan dalam dunia pendidikan. Mereka dianggap lebih kompeten dan profesional, yang dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan promosi atau posisi yang lebih tinggi dalam struktur pendidikan. Hal ini tentu saja berdampak positif pada stabilitas dan kemajuan karir mereka.

Manfaat lain yang tidak kalah penting adalah tambahan tunjangan dan sertifikasi yang bisa diperoleh. Setelah berhasil menyelesaikan PPG Daljab dan mendapatkan sertifikasi, guru berhak menerima tunjangan profesi guru yang secara langsung meningkatkan kesejahteraan mereka. Sertifikasi ini juga menjadi bukti pengakuan atas kompetensi dan profesionalisme mereka, yang dapat meningkatkan rasa percaya diri dan kebanggaan dalam menjalankan tugas sebagai pendidik.

Dengan semua manfaat tersebut, mengikuti PPG Daljab menjadi investasi yang sangat berharga bagi para guru. Program ini tidak hanya meningkatkan kualitas pengajaran, tetapi juga memberikan keuntungan finansial dan pengakuan profesional yang signifikan. Pada akhirnya, manfaat yang diperoleh dari PPG Daljab tidak hanya dirasakan oleh guru itu sendiri, tetapi juga oleh siswa dan seluruh komunitas pendidikan.

Tips dan Strategi Sukses Mengikuti PPG Daljab 2024

Mengikuti Program Profesi Guru (PPG) dalam Jabatan 2024 memerlukan persiapan yang matang dan strategi yang tepat agar dapat sukses. Berikut ini adalah beberapa tips dan strategi yang dapat membantu calon peserta dalam mempersiapkan diri.

1. Membuat Rencana Belajar yang Terstruktur

Membuat rencana belajar yang terstruktur adalah langkah pertama yang krusial. Sebaiknya, mulailah dengan menyusun jadwal harian atau mingguan yang mencakup waktu khusus untuk belajar materi PPG. Pastikan untuk mencatat kalender akademik dan pentingnya mengikuti setiap sesi pelatihan dengan disiplin.

2. Manajemen Waktu yang Efektif

Manajemen waktu yang baik sangat penting selama mengikuti PPG Daljab. Pisahkan waktu antara belajar, bekerja, dan waktu pribadi. Gunakan teknik seperti Pomodoro untuk meningkatkan fokus dan efisiensi belajar. Buatlah prioritas pada tugas-tugas yang mendesak dan penting untuk menghindari penumpukan pekerjaan.

3. Menggunakan Sumber Belajar yang Beragam

Manfaatkan berbagai sumber belajar yang tersedia, baik materi resmi dari PPG maupun referensi tambahan seperti buku, jurnal, dan artikel ilmiah. Bergabung dengan komunitas belajar online juga dapat memberikan dukungan tambahan. Diskusi dan berbagi pengalaman dengan sesama calon peserta dapat membantu memperdalam pemahaman materi.

4. Berlatih dengan Simulasi Ujian

Salah satu cara terbaik untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian PPG adalah dengan berlatih menggunakan simulasi ujian. Hal ini akan membantu Anda mengenali format soal, mengelola waktu ujian, dan mengurangi kecemasan. Pastikan untuk mereview hasil simulasi dan memperbaiki kesalahan yang terjadi.

5. Mengelola Stres dan Kesehatan

Stres adalah tantangan yang sering muncul selama program PPG. Oleh karena itu, penting untuk mengelola stres dengan baik melalui teknik relaksasi seperti meditasi, olahraga, dan tidur yang cukup. Jangan abaikan kesehatan fisik dan mental, karena keduanya sangat berpengaruh pada kemampuan belajar dan performa Anda.

Dengan menerapkan tips dan strategi di atas, calon peserta PPG Daljab 2024 dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik dan meningkatkan peluang keberhasilan dalam program ini.

 

Berita Terkait

Informasi Terbaru tentang PPG Daljab 2024 di Laman Resmi Kemendikbud
Gratis! Download Sertifikat Webinar Pendidikan 32 Jam Bulan Juli 2024
5 Pilihan Pelatihan Guru Online Gratis Bersertifikat 5-26 Juni 2024
Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran
Kabar Gembira untuk Guru Sesuai Pengumuman Dirjen GTK Mulai Tanggal 17 April 2024
Pengumuman Penting dari Kemdikbud, Harap Bersiap Guru Sertifikasi dan Non Sertifikasi 28 Maret Besok, Jangan Terlewat!
Sudah Lama Dinantikan, Guru dan Kepala Sekolah Wajib Bersiap Hanya di Tanggal 14 Maret 2024
Cara Membuat Video Pembelajaran Animasi Menggunakan PowerPoint
Berita ini 5 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 3 Juli 2024 - 10:02 WIB

Informasi Terbaru tentang PPG Daljab 2024 di Laman Resmi Kemendikbud

Rabu, 3 Juli 2024 - 07:30 WIB

Panduan Lengkap PPG Daljab 2024: Syarat, Proses Seleksi, Pelakanaan, Materi, Tips Sukses

Minggu, 30 Juni 2024 - 18:22 WIB

Gratis! Download Sertifikat Webinar Pendidikan 32 Jam Bulan Juli 2024

Selasa, 4 Juni 2024 - 09:10 WIB

5 Pilihan Pelatihan Guru Online Gratis Bersertifikat 5-26 Juni 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Berita Terbaru

Komponen Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Komponen Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Sabtu, 13 Jul 2024 - 18:16 WIB

Panduan Lengkap Menyusun Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Panduan Lengkap Menyusun Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Sabtu, 13 Jul 2024 - 12:00 WIB

Langkah - Langkah Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Langkah – Langkah Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi

Jumat, 12 Jul 2024 - 14:38 WIB