Home / Edutainment / News / Pengembangan Diri

Rabu, 10 Agustus 2022 - 00:01 WIB

Modul Ajar PAUD pada Kurikulum Merdeka 2022

Modul Ajar PAUD – Kurikulum Merdeka merupakan kurikulum yang berfokus pada kebebasan siswa dalam belajar dan fleksibilitas guru dalam menyusun modul ajar pada pembelajarannya, terhitung dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

Sistem belajar yang dilaksanakan tidak jauh dari bagaimana diimplementasikan pada jenjang yang lebih tinggi, baik Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah.

Lebih lanjut, sekolah yang menerapkan Kurikulum Merdeka tentu menerapkan karakteristik yang dinamis demi terciptanya kegiatan belajar mengajar yang nyaman.

Sebelumnya, terdapat tiga hal yang menjadi karakteristik implementasi Kurikulum Merdeka pada satuan pendidikan, yaitu Pembelajaran Berbasis Proyek, Pemaksimalan pada Materi Esensial, dan Fleksibilitas Pembelajaran bagi Guru.

Baca Juga:  Tips Memaksimalkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Melalui Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat!

Sehingga baik guru hingga orang tua siswa berperan aktif dalam kegiatan belajar karena implementasinya pada pembelajaran di rumah, namun dipraktikkan pada kehidupan sehari-hari.

Misalnya pada jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Guru tentu harus lebih memberikan penekanan pada pembelajaran asik dan bermakna, sesuai dengan kebutuhan anak pada proses belajar. Baik dalam proses bermain bermakna maupun materi dalam Modul Ajar PAUD tersebut

Hal ini telah sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Nomor 044/H/KR/2022 yang kemudian ditandatangani pada 12 Juli 2022 kemarin.

Baca Juga:  [100% GRATIS] Diklat 32JP Kurikulum Merdeka

SK tersebut berisi keterangan sekaligus penegasan bahwa Kurikulum Merdeka mulai diterapkan pada tahun ajaran baru.

Tentu ada beberapa perubahan yang perlu Bapak/Ibu guru perhatikan disini, misalnya perubahan konsep RPP menjadi Modul Ajar secara istilah maupun isi, pembelajaran berbasis proyek bukan hanya teori, dan menerapkan elemen Profil Pelajar Pancasila.

Adapun dalam Profil Pelajar Pancasila terdapat enam karakteristik yang harus diterapkan dalam pembelajaran di semua jenjang, diantaranya adalah:

Halaman Selanjutnya

Karakteristik Profil Pelajar Pancasila  

Share :

Baca Juga

News

Kemendikbud: Kurikulum Merdeka Tidak Wajib Diterapkan, Ada 3 Opsi untuk Sekolah

Edutainment

Materi Pertama Diklat Online Gratis : Peningkatan Kemampuan Literasi di Era Digital

Edutainment

Rekomendasi Aplikasi Administrasi Sekolah Berbasis Web

News

Daripada Ngotot Jadi PNS, Guru Honorer Disarankan Pakai Akal Sehat
https://naikpangkat.com/materi-pertemuan-ketiga-pelatihan-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-secara-mudah-gratis-32jp--scanning-jawaban-ujian-tatap-muka-dengan-zipgrade/(buka di tab baru)

News

Pembelajaran Era Digital Melalui Video

News

Ayo Sambut Tahun Ajaran Baru 2022/2023 dengan Belajar.id

News

Download Materi Hari Pertama Diklat Gratis Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat

News

Sejarah Singkat Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia dari Masa ke Masa