Merancang Penilaian yang Menyenangkan untuk Siswa di Masa Pandemi

- Editor

Jumat, 15 Oktober 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Oleh: Harna Yulistiyarini, S.Pd.,M.Pd. 

Guru SMPN 1 Tayu, Pati, Jawa Tengah

Sebelum pandemi Covid-19 datang, siswa dapat melakukan pembelajaran bersama di satu tempat, saling berinteraksi, serta  mendapatkan bimbingan langsung dari guru jika mengalami kesulitan. Tugas-tugas yang diberikan guru cenderung dapat dikumpulkan dengan tepat waktu. Soal latihan maupun tugas PR yang diberikan guru mampu dikerjakan siswa dan dapat dikoreksi ataupun dibahas di kelas. Proses penilaian pun bisa dilakukan serentak dengan pengawasan langsung dari guru. Saat ulangan berlangsung siswa segera mengerjakan ulangan dan mengumpulkannya. 

Saat pandemi Covid-19 datang, pembelajaran tidak bisa optimal seperti sebelumnya. Dari segi penilaian, guru cenderung memberikan nilai berdasarkan hasil tugas atau ulangan. Namun, banyaknya tugas yang diberikan guru untuk penilaian justru membuat siswa semakin tidak semangat belajar. 

Hampir semua guru memberikan tugas di masa daring. Saat siswa belum benar-benar memahami bagaimana cara mengerjakan tugas tersebut, siswa akan merasa tugas tersebut sulit sehingga tidak ingin mengerjakannya. Selain itu, menumpuknya tugas juga terjadi karena setiap hari ada tugas dari guru namun siswa menunda mengerjakannya sehingga melewati masa deadline. 

Akhirnya pembelajaran daring dirasakan sungguh berat untuk dijalani. Jika sudah bosan, siswa justru tidak mau mengikuti pembelajaran baik itu diskusi materi di grup WhatsApp maupun mengikuti pembelajaran virtual via Google Meet. Bahkan, ada yang sama sekali tidak mau mengerjakan tugas dari awal sampai akhir semester. 

Sebelum masalah-masalah tersebut semakin kompleks dan meluas, guru perlu melakukan berbagai cara agar pembelajaran tetap menyenangkan dan dirindukan. Dalam hal penilaian, guru perlu merancang sistem penilaian yang menyenangkan. Ya, happy assessment. 

Dalam merancang penilaian yang menyenangkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, buatlah penilaian terhadap materi yang sudah dijelaskan dan didiskusikan di kelas daring. Jangan sampai guru memberikan soal untuk materi yang belum pernah diajarkan. Siswa yang hanya diminta mengerjakan tugas tanpa dijelaskan materinya terlebih dahulu akan cenderung mengabaikan tugas tersebut. 

Kedua, soal yang diberikan jangan terlalu sulit dan jangan terlalu banyak sehingga semua siswa akan percaya diri untuk bisa menyelesaikannya. 

Ketiga,  gunakan beragam cara menyajikan soal secara interaktif berbasis web sehingga siswa tidak perlu menginstal aplikasi tambahan, serta dapat diakses semua jenis HP siswa. Misalnya dengan game di Quizizz, membuat lembar kerja di Liveworksheets, teka teki silang online, dan lain-lain. 

Keempat, berikan tanggapan, penghargaan dan pujian bagi siswa yang sukses mengerjakan tugas. Misalnya memberikan e-sertifikat yang dibuat dengan aplikasi Canva bagi siswa dengan perolehan nilai tertinggi.

Cara Membuat Penilaian dengan Quizizz

Salah satu cara penilaian yang menyenangkan adalah dengan game Quizizz. Melalui  web-tool ini, guru bisa membuat kuis interaktif multi-pemain yang menyenangkan karena dilengkapi dengan avatar, tema, meme, musik, reward, dan peringkat skor yang dapat dilihat setelah menjawab setiap soal. 

Langkah-langkah membuat soal di Quizizz yaitu: 

1) Buka link ini: https://quizizz.com/

2) Klik Sign Up untuk registrasi akun atau Login jika sudah memiliki akun;

3) Klik “Open Quiz Creator” untuk memulai membuat kuis;

4) Ketik nama kuis, subject, dan klik “Next”;

5) Klik “Create New Quiz” untuk membuat soal baru;

6) Ketik soal yang ingin diberikan;

7) Pilih “single answer” untuk satu jawaban benar atau teknik lain;

8) Klik tanda centang di samping jawaban yang benar sebagai kunci. 

9) Atur waktu, kemudian klik “Save” untuk menyimpan;

10) Klik “live game” untuk memulai kuis secara langsung;

11) Bagikan link https://quizizz.com/join di grup kelas online, misalnya melalui grup di WhatsApp.  

12) Minta siswa menuliskan nama;

13) Kuis bisa dimulai setelah siswa bergabung di dalam kuis dan guru klik start.

Dengan Quizizz ini biasanya anak semangat menyelesaikannya. Suasana menjawab soal pun nyaris sama seperti saat mereka bermain game. Ada musik, gambar dan banyak hiburan di Quizizz yang dapat dinikmati siswa sebagai hiburan di sela-sela mengerjakan soal tugas maupun ulangan. 

Tidak ada salahnya jika guru mencoba melakukan penilaian dengan Quizizz ini maupun dengan cara lain yang disukai siswa. Penilaian yang menyenangkan akan membuat hasil belajar lebih optimal. Selain itu, yang lebih penting mengurangi kebosanan siswa dalam pembelajaran daring. 

Dapatkan info terbaru dan ikuti seminar atau diklat untuk guru secara gratis dengan cara menjadi anggota e-Guru.id. Klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Berita Terkait

Penerapan Teknologi Satelit sebagai Upaya Pencegahan Dampak Abrasi Pantai
Mengenal Affordability Energy, Serta Kaitannya dengan Kron’s Loss Equation dan Transmission Line Losses
Tantangan Mencapai Tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 7 di Wilayah Jawa, Madura, dan Bali
Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka
Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 
Menggali Potensi Kecerdasan Buatan dan Etika Penerapannya di Dunia Pendidikan
Kecerdasan Buatan yang Mengguncang Dunia Pendidikan
Geogebra Media Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan
Berita ini 62 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 23 Juni 2024 - 19:50 WIB

Penerapan Teknologi Satelit sebagai Upaya Pencegahan Dampak Abrasi Pantai

Jumat, 21 Juni 2024 - 13:28 WIB

Mengenal Affordability Energy, Serta Kaitannya dengan Kron’s Loss Equation dan Transmission Line Losses

Sabtu, 15 Juni 2024 - 13:59 WIB

Tantangan Mencapai Tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) Nomor 7 di Wilayah Jawa, Madura, dan Bali

Selasa, 20 Februari 2024 - 10:35 WIB

Memaksimalkan ChatGPT untuk Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Kurikulum Merdeka

Senin, 19 Februari 2024 - 15:20 WIB

Dampak Positif Kecerdasan Buatan untuk Pendidikan di Indonesia 

Berita Terbaru

Unduh Sertifikat Pendidikan 32 JP Gratis