Meningkatkan Keterampilan Guru: Membuat E-Modul Interaktif & Menarik Melalui Book Creator!

- Editor

Rabu, 30 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

E-Modul Interaktif – Kemudahan teknologi memfasilitasi guru untuk terus mengembangkan ketrampilan yang dimiliki secara lebih optimal agar dapat menciptakan inovasi-inovasi dalam pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Salah satunya menggunakan media e-learning dalam membantu proses belajar. E-Learning merupakan pemanfaatan teknologi dan komunikasi yang membantu siswa untuk dapat belajar tanpa batasan waktu maupun tempat.

E-learning yang dapat dikembangan mandiri oleh guru yaitu e-modul. Sebagai salah satu bahan ajar, e-modul terus dikembangkan agar menarik untuk meningkatkan motivasi belajar tanpa mengurangi efektivitas dari tujuan e-modul.

Perkembangan zaman yang semakin maju membawa banyak dampak positif di dunia pendidikan. Dengan kemajuan pada ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut, guru bisa memanfaatkannya untuk memudahkan proses pelaksanaan pembelajaran.

E-Modul

Modul ialah alat atau sarana pembelajaran yang berisi materi, metode, batasan-batasan materi pembelajaran, petunjuk kegiatan belajar, latihan, dan cara evaluasi yang dirancang secara sistematis.

Menggunakan bahasa yang komunikatif dan menarik agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sementara e-modul merupakan bentuk digital atau elektronik dari modul yang biasanya berbentuk cetak atau lembaran-lembaran kertas.

Agar dapat tercapai tujuan yang diharapkan maka perlu dikembangkan e-modul interaktif berupa integrasi berbagai media seperti teks, gambar, audio, animasi dan video yang menjadi satu-kesatuan yang selaras berbentuk modul.

Melalui e-modul interaktif memungkinkan siswa untuk melibatkan banyak indra untuk memahami materi seperti indra penglihatan dan pendengaran. Sehingga informasi yang diberikan akan lebih mudah diingat dan dimengerti.

Kelebihan e-modul yaitu sifatnya lebih interaktif daripada modul cetak, dapat menampilkan gambar, audio maupun video yang dapat memudahkan pemahaman, memungkinkan feedback otomatis lebih cepat, dan lebih fleksibel.

Sementara itu kekurangan dari e-modul yaitu memerlukan waktu lebih lama dalam pengadaan dan pengembangannya serta membutuhkan ketekunan tinggi dari guru untuk dapat terus menyempurnakan modul serta memantau proses belajar siswa dengan intensif.

Aplikasi Book Creator

Book  creator menawarkan cara sederhana dalam mengembangkan ketrampilan untuk membuat media pembelajaran dengan menulis buku.

Selain untuk menulis buku, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk berbagi media pembelajaran yang dibuat dengan orang lain dalam aplikasi tersebut.

Melalui aplikasi ini guru bisa membuat ebook interaktif dengan menambahkan audio, video, animasi, maupun link youtube pendukung materi yang disampaikan.

Cara Menggunakan Book Creator

Sebelum memulai membuat e-book  menggunakan book creator, kita diharuskan membuat akun di bookcreator.com terlebih dahulu lalu memilih sign in sebagai guru dapat melalui akun google maupun akun microsoft. Setelah itu bisa memanfaatkan setiap fitur yang tersedia untuk membuat e-modul.

Setelah membuat akun, guru bisa mulai membuat buku dengan klik new book pada my libraries. Lalu memilih ukuran buku yang ingin dibuat bisa portrait atau landscape disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam membuat cover ebook dapat dengan mengunggah gambar yang telah disiapkan untuk cover, atau membuatnya secara manual dengan mengkombinasikan teks, bentuk, tekstur, border, dan warna yang di inginkan. Selain itu juga dapat menambahkan maps, files, atau link lainnya.

Memasukkan konten modul dapat berupa gambar, teks, link youtube materi dan audio. Baik itu hasil recording maupun file audio yang sudah disiapkan sebelumnya. Gambar yang digunakan harus relevan dengan materi yang disampaikan.

Setelah membuat e-modul interaktif, guru bisa mempublish ebook dengan mengklik ikon berbagi lalu pilih publish online. Lalu beri judul, deskripsi, dan setting apakah akan dibagikan secara public atau private lalu klik publish. Setelah itu bisa klik copy link untuk dibagikan kepada siswa. (mfs)

Segera daftarkan diri Anda dalam Pelatihan bersertifikat 32 JP “Membuat E-Modul Interaktif dan Menarik Melalui Book Creator” yang diselenggarakan oleh e-Guru id. Pelatihan ini mulai dilaksanakan pada tanggal 6-14 April 2022 dengan pertemuan sebanyak 5 kali. Tunggu apa lagi? Daftar sekarang juga sebelum kuota peserta habis!

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR!

KLIK DISINI UNTUK MENDAFTAR!

Berita Terkait

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!
Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024
Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024
Tugas Tambahan Bagi Guru Setelah Penghapusan Penjurusan di Jenjang SMA
Kebijakan Baru! Jenjang SMA Mulai Tahun Ajaran 2024/2025 Tidak Ada Lagi Penjurusan
Langkah Selanjutnya Jika Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Berita ini 19 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 11:04 WIB

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 10:35 WIB

Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:36 WIB

Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:03 WIB

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:17 WIB

Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024

Berita Terbaru