Mengenal Konsep TaRL Kurikulum Prototipe

- Editor

Selasa, 25 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kurikulum prototipe menjadi salah satu opsi kurikulum yang dapat diterapkan sekolah di tahun 2022 ini. Kurikulum prototipe dinilai dapat mengatasi learning loss dan lebih memfokuskan guru pada materi pembelajaran esensial.

Lebih menariknya, kurikulum prototipe memberikan guru fleksibiltas dalam mengajar sesuai dengan kapasitas muridnya atau biasa dikenal dengan istilah teaching at the right level (TaRL). Yang mana metode ini ternyata tidak hanya digunakan di Indonesia, tetapi sebelumnya juga telah diterapkan di berbagai negara di dunia.

Fakta ini tentu menjadikan konsep teaching at the right level sebagai sesuatu yang patut untuk dibahas. Untuk memahami lebih dalam mengenai teaching at the right level di kurikulum prototipe, berikut penjabaran lengkapnya.

Sejarah TaRL

Istilah teaching at the right level (TaRL) sebetulnya dikenalkan pertama kali oleh organisasi inovasi pembelajaran asal India. Mereka melakukan penelitian karena tergerak melihat banyak anak yang sekolah tetapi hanya sedikit darinya yang betul-betul belajar. Hasil penelitian tersebut mengungkap bahwa bagian literasi dan numerasi siswa masih kurang.

Negara-negara lain juga telah mengembangkan konsep ini meski dengan nama berbeda. Negara tersebut diataranya  Amerika, Zambia, Bostwana, Ghana, Nigeria, Madagaskar, dan Uganda.

Makna TaRL Kurikulum Prototipe

Dalam setiap kelas tentu guru pernah menjumpai murid yang sangat cepat belajar dan ada juga yang lambat memahami materi yang disampaikan. Hal tersebut dapat terjadi karena dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu faktor yang mungkin menjadi penyebab adalah karena level siswa tersebut belum tepat dengan level atau capaian belajar yang ditetapkan.

Teaching at the right level (TaRL) merupakan pendekatan belajar yang tidak mengacu pada tingkat kelas, melainkan mengacu pada tingkat kemampuan siswa. Inilah yang menjadikan TaRL berbeda dari pendekatan biasanya. TaRL dapat menjadi jawaban dari persoalan kesenjangan pemahaman yang selama ini terjadi dalam kelas.

TaRL juga mampu mewujudkan pembelajaran yang berfokus pada siswa, sebagaimana implementasi dari filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara.

Pelaksanaan TaRL Kurikulum Prototipe

Dalam melaksanakan konsep teaching at the right level (TaRL), pertama guru perlu lebih dulu melakukan asesmen. Asesmen ini berfungsi untuk mengetahui karakteristik, potensi, dan kebutuhan siswa. Sehingga guru tahu sampai mana tahap perkembangan dan capaian belajar siswa.

Kedua, tahap perencanaan. Setelah mengantongi hasil dari asesmen tersebut, guru kemudian dapat menyusun perencanaan  proses pembelajaran yang sesuai.  Seperti perangkat ajar apa yang digunakan, metode, hingga pengelompokan siswa sesuai tingkat kemampuan.

Ketiga, tahap pembelajaran. Pada tahap pembelajaran, guru juga perlu melakukan asesmen berkala dalam rangka mengetahui proses perkembangan yang terjadi pada siswa. Selain itu, evaluasi pembelajaran di akhir juga merupakan hal yang penting. Hal ini berfungsi untuk mengetahui ketercapaian tujuan pembelajaran dan membantu merancang pembelajaran berikutnya.

Demikian ulasan mengenai konsep teaching at the right level (TaRL) kurikulum prototipe. Semoga dapat membantu Bapak/Ibu guru untuk memahami lebih banyak konsep tersebut.

Yuk dapatkan Promo Paket Bombastis – Paket 12 Judul Pelatihan 32JP mulai dari pelatihan membuat video pembelajaran hingga pelatihan penerapan blended learning. Dapatkan sekarang di LINK INI. Jangan sampai ketinggalan.

Penulis : Agriantika Fallent

Berita Terkait

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!
Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024
Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024
Tugas Tambahan Bagi Guru Setelah Penghapusan Penjurusan di Jenjang SMA
Kebijakan Baru! Jenjang SMA Mulai Tahun Ajaran 2024/2025 Tidak Ada Lagi Penjurusan
Langkah Selanjutnya Jika Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Berita ini 9,337 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 11:04 WIB

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 10:35 WIB

Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:36 WIB

Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:03 WIB

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:17 WIB

Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024

Berita Terbaru