Home / Pelatihan Guru

Minggu, 10 Oktober 2021 - 01:43 WIB

Mengenal Quizizz Lebih Jauh bersama e-Guru.id

Quizizz – Perkembangan teknologi yang kian canggih kini turut mengubah gaya belajar di sekolah. Ditambah lagi adanya pandemi Covid-19 yang masih mewabah hingga kini. Keadaan ini membuat proses belajar mengajar harus dirubah, demi kesehatan guru maupun para siswa. 

Sekolah terpaksa menerapkan pembelajaran daring agar para peserta didik tetap dapat menerima pelajaran. Tanpa harus bertemu langsung dengan guru di sekolah, serta tetap aman dari kemungkinan tertular virus Covid-19. Lantas Efektif kah cara belajar daring ini? 

Perubahan gaya belajar ini mau tidak mau juga memengaruhi minat siswa dalam belajar. Sebagian ada yang termotivasi untuk terus aktif belajar hingga nilainya pun semakin membaik. Namun, di sisi lain ada juga yang turun motivasi belajarnya. Siswa itu cenderung bermalasan, karena menganggap tidak ada sanksi yang akan diterima meski tidak belajar. 

Dari pihak guru juga tentu akan mengalami permasalahan serupa. Setelah terbiasa mengajar langsung di kelas, kini harus membiasakan diri dengan berbagai teknologi canggih. Bagi yang sudah terbiasa dengan teknologi, hal ini bukan hambatan. Akan tetapi, ada sebagian guru yang justru gagap teknologi.

Baca Juga:  Sekolah yang Kita Rindukan

Keadaan ini pun memaksa guru untuk terus belajar agar bisa menguasai teknologi. Tujuannya supaya dapat maksimal dalam mengajarkan materi terhadap semua anak didik. Jadi walaupun tidak dapat melakukan proses belajar mengajar secara tatap muka, para siswa tetap memperoleh pelajaran sebagaimana mestinya. 

Ada banyak aplikasi kini tersedia di Internet yang bisa menjadi perantara bagi guru beserta siswa. Sehingga meski tidak bisa berhadapan langsung, interaksi antara keduanya tetap terjaga. Aplikasi itu antara lain adalah Youtube, WhatsApp, Zoom Meeting dan beberapa aplikasi lain. 

Kini juga ada aplikasi yang bernama Quizizz yang bisa dimainkan guru bersama siswa. Web tool ini dapat membuat kuis interaktif untuk penilaian formatif dalam kelas. Dalam menjawab kuis, siswa tidak harus berada dalam ruang kelas secara bersamaan. Pasalnya aplikasi ini bisa dibuka melalui perangkat seperti komputer, tablet maupun smartphone milik siswa di rumah. 

Kuis yang dibuat oleh guru bisa diatur agar memiliki 4 pilihan jawaban. Pertanyaan juga bisa menggunakan sebuah gambar sebagai latar belakang. Guru pun dapat mengatur setiap pertanyaan sesuai dengan keinginan. Siswa akan mendapat kode 5 digit dari guru untuk mengakses akun Quizizz dan menjawab kuis tersebut. 

Baca Juga:  Guru Membuat Film Animasi untuk Pembelajaran? Kenapa Tidak!

Kemudahan lain yang diberikan oleh Quizizz adalah data dan statistik kinerja para siswa, jadi guru tidak lagi harus memeriksa data mereka satu persatu. Keterangan berapa banyak pertanyaan yang dijawab oleh siswa, kecepatan menjawab soal juga dapat diketahui dengan mudah. 

Guru yang masih kesulitan dalam membuka Quizizz tidak perlu khawatir. Meski terlihat rumit, cara pengoperasiannya cukup gampang. Agar lebih mudah lagi kini ada workshop dengan tema “Optimalisasi Penggunaan Akun Quizizz Basic dengan Google Slides”. Workshop ini akan dipandu oleh Agus Sani Wijaya M.Pd.

Langkah Pendaftaran:


1. Transfer ke:
Rek. BNI 1178341190
a.n Haris Pribadi

2. Mengisi link pendaftaran di bawah ini:
http://bit.ly/daftar_workshop_quizizz

3. Melakukan Konfirmasi pendaftaran di nomor berikut: 085604077532 (admin Haris)

Share :

Baca Juga

mengajar online

Pelatihan Guru

Mengajar Online Lebih Menarik dan Interaktif dengan Prezi

Pelatihan Guru

Download Materi Hari Ke-1 Workshop 32JP : Cara Mendaftar Canva Premium Gratis dan Pengenalan Canva
https://naikpangkat.com/gratis-diklat-asesmen-kurikulum-merdeka/(buka di tab baru)

Advertorial

Gratis Diklat Asesmen Kurikulum Merdeka

Karya Ilmiah

Informasi Fasilitas Diklat 32JP Guru Bisa Menulis

News

Pelatihan Bersertifikat 32 JP: Membuat Diktat untuk Kenaikan Pangkat

Pelatihan Guru

Daftar Sekarang Juga Pelatihan 32 JP: Hybrid Learning untuk Menghadapi Kurikulum Baru

News

Segera Daftar Lokakarya Nasional: Pengelolaan Administrasi Sekolah dan Mahir Membuat Soal dengan Aplikasi Online
membuat bahan ajar interaktif

Pelatihan Guru

Pelatihan Menyajikan Konten Bahan Ajar Interaktif dan Memukau Melalui Microsoft Sway