Mengenal MOOCs Sebagai Solusi Meningkatkan Mutu Pendidikan

- Editor

Kamis, 26 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Saat ini dunia pendidikan sudah tidak lagi terbatas oleh ruang dan gedung saja, akan tetapi dengan adanya kemajuan teknologi dan informasi komunikasi membuat segala kebutuhannya jauh lebih luas. Salah satunya adalah penggunaan Massive Open Online Courses atau dapat disingkat dengan MOOCs.

Terlebih saat ini dunia sedang dilanda pandemi covid-19 yang mengakibatkan masih terdapat beberapa sekolah yang menerapkan pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut membuat digitalisasi menjadi pilihan, sehingga tidak heran MOOCs dapat menjadi alternatif baik untuk saat ini.

Apa itu MOOCs?

MOOCs atau Massive Open Online Courses adalah metode mengajar yang dilaksanakan secara online untuk siapapun yang ingin mengikuti kegiatan perkuliahan, tanpa ada batasan jumlah peserta.

Model pembelajaran MOOCs juga dapat dikatakan sebagai model penyelenggaraan pendidikan yang sifatnya massif, yaitu secara teoritis tidak mempunyai batasan jumlah peserta didik, bersifat terbuka karena siapapun dapat mengikuti dan dilakukan tanpa biaya, serta bersifat online, hal ini karena sistem pembelajaran biasanya dilaksanakan secara virtual.

MOOCs menggunakan media web sebagai alat perantara antara pembelajaran dengan anak didiknya.

Program MOOCs ini biasanya disediakan oleh perguruan tinggi atau universitas. Penggunaan MOOCs ini sudah lazim digunakan di seluruh dunia, termasuk Indonesia yang telah banyak dipilih oleh perguruan tinggi atau universitas.

Proses penggunaan MOOCs hampir sama seperti e-learning di perguruan tinggi, yaitu tersedia modul, silabus, dan aktivitas pembelajaran yang lengkap.

Selain itu juga memungkinkan untuk melakukan forum diskusi dan praktek jika dibutuhkan oleh beberapa lembaga terkait yang ada, sehingga MOOCs merupakan pilihan alternatif yang murah.    

Karakteristik MOOCs

Pada dasarnya MOOCs mempunyai 4 karakteristik dasar, antara lain:

Massive

MOOCs mempunyai prinsip infinite scalability, yaitu skala yang tidak terbatas. Prinsip ini menjelaskan jumlah peserta MOOCs dapat mencapai ratusan ribu orang di setiap perkuliahannya, hal tersebut karena secara teknis tidak ada hambatan yang dapat membatasi jumlah peserta.

Open

MOOCs tidak mempunyai syarat khusus untuk para peserta yang mau mengikuti kegiatan ini. Hal yang dibutuhkan untuk dapat mengikuti kelas MOOCs adalah komputer dan jaringan internet yang lancar ketika kegiatan sedang berlangsung.

Online

MOOCs dipergunakan di beberapa perguruan tinggi guna mendukung perkuliahan konvensional. Dalam hal ini, perguruan tinggi atau universitas akan menyediakan materi MOOCs melalui platform tertentu untuk kemudian mahasiswa menggunakan materi tersebut.

Sehingga, kegiatan pembelajaran secara online ini akan memberikan kesempatan bagi setiap peserta untuk dapat melangsungkan kegiatan diskusi.

Selain itu, pendidik juga dapat mengetahui perkembangan dari kemampuan masing-masing anak anak didiknya.

Courses

Kegiatan pembelajaran dalam MOOCs dirancang sesuai dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Dalam kegiatan ini, peserta diharuskan untuk membaca materi pembelajaran yang akan berlangsung. Hal ini agar mereka dapat lebih mudah dalam menyimak paparan dari pemateri dan dapat mengikuti kuis serta mengerjakan tugas-tugas yang diberikan. Peserta juga akan didorong untuk berpartisipasi pada kegiatan diskusi online dalam forum yang telah disediakan.

Adapun peserta juga mendapatkan reward ketika telah selesai menyelesaikan dengan baik yang berupa sertifikat yang tentu saja akan berguna di kemudian hari.

7 Hal Penting dalam Menerapkan Massive Open Online Courses (MOOCs)

Penerapan Massive Open Online Courses (MOOCs) pada kegiatan proses belajar mengajar, terdapat hal penting yang harus diperhatikan.

Berikut ini adalah 7 hal penting dalam menerapkan MOOCs, antara lain:

1. Pastikan Peserta Mempunyai Media Pembelajaran

Hal utama yang harus dipersiapkan sebelum menerapkan MOOCs adalah memastikan bahwa peserta mempunyai media pembelajaran. Hal ini karena media yang digunakan peserta yaitu laptop atau komputer maupun ponsel. Media tersebut digunakan sebagai perantara antara pemateri dengan peserta pada proses kegiatan belajar mengajar.

2. Jaringan Internet yang Lancar

Dalam menerapkan MOOCs harus memastikan jaringan internet tidak bermasalah. Hal ini karena apabila jaringan bermasalah maka dapat dipastikan kegiatan pembelajaran tidak akan berjalan lancar. Sama halnya dengan semua peserta yang akan mengikuti kegiatan pembelajaran.

3. Mempunyai Persiapan yang Matang

Dalam menerapkan MOOCs, persiapan yang matang harus dimiliki seperti membaca bahan ajar yang akan dijelaskan oleh pemateri. Sehingga, kegiatan belajar akan berjalan dengan dua arah dan dapat berjalan dengan kondusif, baik, dan terstruktur.

4. Membagi Kelompok

Peserta didik dapat dibagi dalam beberapa kelompok, bertujuan agar apabila terdapat sesi diskusi dan terdapat sesi presentasi materi, peserta tidak akan merasa bingung. Sehingga, MOOCs masih dapat berjalan dengan lancar dan kondusif.

5. Menjelaskan Tata Tertib

Sebelum melakukan kegiatan, tidak lupa untuk membuat tata tertib terlebih dahulu. Beberapa peraturan yang diberikan yaitu seperti keputusan untuk hadir secara tepat waktu dan apabila terdapat keterlambatan ada batas waktu yang telah disepakati sebelumnya; membuat rincian kegiatan yang akan berlangsung, hal ini agar pemateri tidak membuang waktu sia-sia; pemateri dapat menyiapkan notulen di kelompok, hal ini agar apabila terdapat kegiatan diskusi dan sesi tanya jawab ekgaiatan tersebut dapat tetap berjalan kondusif.

6. Menyiapkan Kuis

Setelah selesai menjelaskan materi, para peserta perlu untuk diberikan beberapa soal kuis. Hal ini bertujuan untuk mengetahui apakah peseta mengikuti kegiatan pembelajaran baik atau tidak, selain itu juga untuk mengetahui kemampuan peserta.

Dengan demikian, perlu menyiapkan beberapa soal kuis yang dapat diberikan setelah kegiatan selesai. Sehingga para peserta dapat mempersiapkan diri sebelum mengerjakan kuis.

Selain itu, para peserta dapat diberikan pengumuman apabila besok akan diberikan kuis setelah kegiatan pembelajaran. Sehingga, persiapan peserta akan semakin matang.

7. Menyiapkan Rubrik Penilaian

Hal terakhir yang dapat dilakukan untuk dapat menerapkan MOOCs adalah menyiapkan rubrik penilaian. Selain menjelaskan materi pelajaran, MOOCs juga dapat dijadikan sebagai media untuk mengetahui kemampuan akademik peserta.

Sehingga, sebelum menerapkan MOOCs harus menyiapkan rubrik penilaian terlebih dahulu, agar penyelenggara tidak menemui kesulitan ketika ingin memberikan penilaian kepada para peserta.  

Alasan Mengapa Memilih MOOCs

Murah dan Berkualitas

Disebut murah karena hanya bermodalkan internet membuat Anda mendapatkan materi pendidikan secara lengkap dan menyeluruh.

Terdapat banyak program MOOCs diberikan dengan penawaran harga yang murah dan banyak juga tersedia secara gratis.

Pilihan Pendidikan Tersedia Lengkap

Hal menarik dalam mengikuti program MOOCs adalah Anda dapat memilih berbagai pendidikan yang tersedia secara lengkap. Dalam MOOCs ini terdapat berbagai topik dan tema secara lengkap dan juga bervariasi.

Di dalam MOOCs tersedia lengkap mulai dari psikologi, informatika, dan berbagai jurusan kursus lainnya yang dapat Anda dapatkan.

Membentuk Networking

Anda akan berinteraksi dengan banyak orang yang berasal dari berbagai latar belakang dan pendidikan yang  bermacam-macam. Sehingga hal ini dapat membuat Anda bisa berkomunikasi dan secara perlahan membentuk networking yang ada.

Hal tersebut yang memudahkan Anda dan memberikan keuntungan yang akan didapatkan Anda secara menyeluruh.

Proses MOOCs ini dapat memberikan dampak yang signifikan. Hal ini karena tidak terbatas dan luas yang membuat kebutuhkan koneksi dan networking dapat terbentuk dengan baik.

Mempunyai Sertifikat

Setelah mengikuti program MOOCs, para peserta akan mendapatkan sertifikat. Proses ini yang membuat program MOOCs menjadi pilihan tepat untuk membantu Anda dalam belajar berbagai bidang yang diinginkan.

Terlebih lagi perkembangan MOOCs di dalam negeri telah banyak ditawarkan oleh beberapa universitas ternama.

Itulah penjelasan lengkap mengenai Massive Open Online Courses (MOOCs). Proses MOOCs memberikan dampak yang signifikan, hal ini karena MOOCs tidak terbatas dan luas yang membuat kebutuhan koneksi dapat terbentuk dengan baik.

e-Guru menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apalagi DAFTAR SEKARANG

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

(AA)

Berita Terkait

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG
Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran
Terbaru, Siaran Pers Kemdikbud untuk  Guru TK,SD, SMP, dan SMA/SMK Tertanggal 16 Mei 2024, Simak Selengkapnya!
Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Berita ini 66 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:22 WIB

Terbaru, Siaran Pers Kemdikbud untuk  Guru TK,SD, SMP, dan SMA/SMK Tertanggal 16 Mei 2024, Simak Selengkapnya!

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Berita Terbaru