Mengapa Diklat Itu Penting? Konsep Dan Implementasi Dalam Pengembangan Sumberdaya Manusia

- Editor

Senin, 31 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Mengapa diklat itu penting dalam keberlangsungan proses pembelajaran diklat penting bagi pendidik untuk mengembangkan kompetensi sebagai pendidik yang berwawasan luas dan professional. Diklat terselenggara untuk memfasilitasi pendidik agar proses pembelajaran dapat lebih bermakna dan membuat peserta didik lebih mudah memahami materi pembelajaran.

Hal tersebut dapat terjadi karena pendidik mampu menyampaikan materi pembelajaran dengan cara yang menyenangkan serta sesuai dengan makna materi yang tersampaikan.

Problem dan Solusi Bagi Pelatihan

Kritik sering datang dari para pemangku kepentingan bahwa karyawan yang menghadiri pelatihan melihat sedikit perbedaan dari mereka yang menghadiri pelatihan.

Perbedaan yang dimaksud dalam penilaian ini adalah perbedaan sikap sebelum dan sesudah pelatihan. Namun, diketahui juga bahwa mereka yang sebelumnya tergolong terlambat ke kantor sebelum pelatihan, setelah mengikuti pelatihan, tetap tidak mengubah kebiasaannya.

Mengenai konsep andragogi, menurut Rogers dalam Knowles dalam Nugraha (2020), bahwa seseorang mau belajar jika berpegang pada prinsip-prinsip meliputi:

1. Setiap individu hidup dalam dunia pengalaman yang selalu berubah di mana dia – bahkan pusat, dan setiap orang bereaksi saat dia hidup dan menafsirkan pengalaman. Dengan asumsi tersebut, dalam kegiatan pembelajaran, partisipasi aktif siswa menempati tempat yang sangat penting dan mendalam.

2. Seseorang belajar secara bermakna hanya jika sesuatu yang dipelajarinya bermanfaat dalam mengembangkan struktur pribadinya.

3. Ketika struktur dan pengorganisasian diri tampak kaku, hal itu menciptakan situasi yang mengancam dan melemahkan motivasi mereka untuk belajar.

4. Persepsi yang berbeda dari setiap peserta didik diakui. Ini berarti di samping perlunya memberikan iklim belajar yang aman bagi pebelajar juga perlu pengembangan otonomi individu dari mereka

Tugas Lembaga Diklat

Lembaga diklat dalam model ini tentunya harus bertanggung jawab penuh untuk menghasilkan alumni atau luaran yang berkualitas.

Namun, ketika memasuki sebuah lembaga pelatihan, lembaga pelatihan tersebut harus berani memberikan jaminan bahwa mereka akan menjadi lulusan dengan keterampilan dan kualifikasi tertentu.

Untuk mencapai tujuan tersebut, berarti lembaga pelatihan harus memperhatikan prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa serta kebutuhan aktual lembaga pelatihan tentang perubahan dalam lingkungan organisasinya.

Tantangan Besar Bagi Lembaga Diklat

Bagi lembaga pendidikan dan pelatihan, khususnya Kementerian Pendidikan, merupakan tantangan besar untuk mewujudkan konsep tersebut. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan antara lain proses analisis kebutuhan pelatihan (AKD) dan perencanaan pelatihan, kemudian proses pembelajaran dalam lembaga pendidikan selama pelatihan, serta evaluasi pelatihan.

Proses pendidikan dan pelatihan yang mendukung pengembangan keterampilan tentunya membutuhkan sarana dan prasarana yang tepat. Dalam hal ini, ketersediaan fasilitas sama pentingnya dengan keberadaan komponen lain dalam pelatihan.

Para profesional pelatihan umumnya menyadari bahwa setiap langkah memerlukan penilaian. Penilaian dapat digambarkan sebagai proses menilai sesuatu secara cermat dan menentukan nilainya seperti menurut Sredl, H.J., dan W.J. Rothwell, Nugraha, (2020), bahwa terdapat empat jenis evaluasi, yakni reaksi, pembelajaran, tindakan, serta hasil.

Aspek hasil ini terangkum dalam beberapa hal, yakni memeriksa reaksi peserta adalah format evaluasi yang paling sederhana.

Pelatihan adalah jembatan antara persyaratan keterampilan dan kesenjangan keterampilan bagi karyawan yang memenuhi syarat secara profesional. Hal ini diketahui dari proses AKD. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan AKD yang benar agar perumusan kurikulum yang tepat dapat dilakukan.

Guna menambah pengetahuan pendidik terkait pentingnya program pendidikan dan pelatihan, maka pendidik dapat membaca berbagai literasi, serta dapat mengikuti berbagai pelatihan, salah satunya Workshop Desain Pembelajaran Kurikulum Paradigma Baru 2022. DAFTAR SEKARANG!

Admin Lidiyah (+6285161610200)
Admin Idha (+62895147800871)
Telegram (https://t.me/WorkshopDotCo)

Berita Terkait

Link Download Kumpulan Dokumen Regulasi Kebijakan  Dan Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru Berserta Cara Downloadnya
 Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 2
Ada Tunjangan PNS Cair Bulan Juli 2024 Senilai 2,4 Juta: Cek Apakah Anda Berhak Mendapatkannya?
Panduan Lengkap Cara Mengundurkan Diri dari PNS Sesuai Prosedur
Cara Cek Data Dapodik Siswa dengan NISN Terbaru
30 Soal MOOC dan Jawaban Evaluasi Akademik PPPK 2024 Terbaru
Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 1
Guru Honorer Yang Tidak Terdata di Database BKN Masih Ada Kesempatan Jadi Guru PPPK 2024
Berita ini 50 kali dibaca

Berita Terkait

Jumat, 5 Juli 2024 - 20:23 WIB

Link Download Kumpulan Dokumen Regulasi Kebijakan  Dan Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka Terbaru Berserta Cara Downloadnya

Kamis, 4 Juli 2024 - 10:20 WIB

 Daftar Jumlah Formasi CPNS Dan PPPK Tahun 2024 di Berbagai Daerah, Part 2

Rabu, 3 Juli 2024 - 15:06 WIB

Ada Tunjangan PNS Cair Bulan Juli 2024 Senilai 2,4 Juta: Cek Apakah Anda Berhak Mendapatkannya?

Rabu, 3 Juli 2024 - 14:23 WIB

Panduan Lengkap Cara Mengundurkan Diri dari PNS Sesuai Prosedur

Rabu, 3 Juli 2024 - 12:42 WIB

Cara Cek Data Dapodik Siswa dengan NISN Terbaru

Berita Terbaru

Komponen Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Komponen Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Sabtu, 13 Jul 2024 - 18:16 WIB

Panduan Lengkap Menyusun Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Panduan Lengkap Menyusun Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi

Sabtu, 13 Jul 2024 - 12:00 WIB

Langkah - Langkah Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi

Kurikulum Pendidikan

Langkah – Langkah Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi

Jumat, 12 Jul 2024 - 14:38 WIB