Home / News

Jumat, 19 Agustus 2022 - 12:44 WIB

Mendikbudristek Sebut Konsep Merdeka Belajar Jadi Contoh untuk Dunia

Konsep Merdeka Belajar – Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa konsep Merdeka Belajar yang dimiliki oleh Indonesia telah menjadi contoh untuk berbagai negara di seluruh dunia dalam memberikan pendidikan kepada generasi. Pernyataan tersebut disampaikan ketika memberikan pidato dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77 kemarin.

Seperti yang telah diketahui bahwa Kemendikbudristek dalam program kerjanya yang dipimpin oleh Nadiem Anwar Makarim selalu menggembar-gemborkan tentang kemerdekaan dalam belajar, kemerdekaan dalam mengajar untuk para pendidik, dan ada juga istilah kampus merdeka yang sangat berkaitan dengan aktivitas mahasiswa di perguruan tinggi. Semua itu diluncurkan untuk menawarkan paradigma baru dalam sistem pendidikan di Indonesia.

Sejumlah program telah dikeluarkan untuk mendukung tujuan tersebut yang terbagi dalam beberapa episode. Di antara perubahan yang nyata yang terlihat sejauh ini adalah hadirnya kurikulum baru yaitu Kurikulum Merdeka. Selain itu, Kemendikbudristek juga memberikan sejumlah fasilitas untuk para guru dalam memudahkan dalam mengajar di antaranya adalah platform Merdeka Mengajar.

Baca Juga:  Sudahkah Kamu Tahu? Memahami apa itu P5 dan Manfaat dari P5.

Di dalam penerapan kurikulum paradigma baru tersebut, memang terdapat sejumlah perbedaan dalam proses pembelajaran jika dibandingkan dengan kurikulum sebelumnya. Di antara sesuatu yang baru dalam pendidikan di Indonesia saat ini adalah program belajar bagi para siswa di luar kelas. Misalnya untuk siswa vokasi atau mahasiswa, diberikan pilihan untuk melakukan aksi nyata untuk mendapatkan pengalaman kerja sesuai minat dan bakatnya dalam rangka menyiapkan diri menghadapi dunia kerja.

Dengan sejumlah aktivitas tersebut, pembelajaran yang berlangsung berbasis kurikulum paradigma baru tidak lagi bergantung sepenuhnya pada seorang guru atau dosen. Melainkan bergantung pada para peserta didik itu sendiri, yang akan menjadi pusat pembelajaran.

“Kita telah memberikan contoh kepada dunia bagaimana proses pembelajaran di Indonesia saat ini semakin berpihak kepada murid dan memerdekakan guru untuk berkreasi dalam mengajar melalui Kurikulum Merdeka dan platform Merdeka Mengajar,” demikian kata Nadiem Makarim dalam pidatonya dalam upacara tersebut.

Halaman Selanjutnya

Sejauh ini sudah terdapat 21 episode…

Share :

Baca Juga

News

Termasuk Asia, Inilah Daftar Negara Dengan Sistem Pendidikan Terburuk Dunia

News

Sudahkah Anda Menjadi Wali Kelas Favorit? Berikut Tips Agar Siswa Semakin Betah dengan Anda!

News

Tips Memaksimalkan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru Melalui Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat!
motivasi belajar

News

Cara Efektif Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa
metode jigsaw

News

Pengertian AKM dan Mekanisme Pelaksanaannya

News

Begini Penekanan Pengembangan Karakter Siswa di Kurikulum Prototipe

News

Panduan Singkat Menulis Jurnal Ilmiah bagi Guru

News

Seminar Gratis dan Bersertifikat, Segera Daftar Sebelum Ditutup!