Membuat Website Sekolah dengan WordPress

- Editor

Senin, 9 Mei 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Membuat Website Sekolah – Institusi pendidikan dalam hal ini sekolah sudah selayaknya memiliki website. Selain untuk tujuan pengenalan sekolah kepada masyarakat, keberadaan website juga bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk mempromosikan sekolah baik dari unsur prestasi maupun sarana dan prasarana yang ada di sekolah.

Terlebih di era digital seperti saat ini, semua informasi termasuk tentang sekolah bisa diakses melalui banyak cara termasuk melalui website. Sehingga dengan demikian akan memudahkan masyarakat untuk mengetahui dan mengenal profil dari sekolah tersebut.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat website sekolah, salah satunya adalah dengan menggunakan platform WordPress. Seperti diketahui WordPress merupakan pengembang website yang paling terkemuka di dunia. Bahkan banyak sekolah yang memanfaatkan WordPress untuk membuat website dengan tampilan yang menarik dan fiturnya yang lengkap.

Keunggulan Membuat Website dengan WordPress

WordPress menawarkan kemudahan penggunaannya kepada para pengguna. Selain fiturnya yang mudah dipahami termasuk untuk pengguna baru, WordPress juga dilengkapi dengan plugin untuk menunjang tampilan yang menarik dan kinerja website sekolah agar lebih optimal. Selain itu, terdapat banyak keunggulan lain yang ditawarkan website berbasis WordPress. 

Pertama, biaya yang terjangkau. Dalam membuat website dengan WordPress, sekolah tidak membutuhkan biaya yang besar. Bahkan membuat website dengan WordPress bisa dilakukan dengan gratis—namu fitur yang ditawarkan juga terbatas.

Kedua, Wordpress juga menawarkan kemudahan bagi para penggunanya, baik melalui fitur hingga penggunaan bahasa yang lengkap termasuk bahasa Indonesia.

Untuk menunjang tampilan dan kinerja website yang lebih optimal, tersedia banyak pilihan plugin yang bisa diunduh secara gratis melalui dashboard WordPress. 

Cara Membuat Website Sekolah 

Untuk mulai membuat website sekolah berbasis WordPress terdapat dua pilihan, yakni gratis dan berbayar. Pada pilihan gratis, umumnya fitur yang tersedia juga terbatas, selain itu alamat website yang dibuat juga akan terlihat tidak menarik, karena akan ada tambahan wordpress.com setelah nama website yang Anda buat.

Oleh karenanya amat disarankan membuat website sekolah dengan menggunakan domain khusus atau Top Level Domain (TLD) termasuk ketersediaan hosting sebagai tempat penyimpanan file yang ada di website sekolah.

Pilihan jenis website yang digunakan (gratis atau yang berbayar) sangat menentukan proses selanjutnya. Seandainya, Anda menentukan pilihan yang berbayar, maka langkah pertama adalah menentukan nama domain website yang ingin dibuat. Jika untuk sekolah, maka akan lebih baik disamakan dengan nama sekolah. 

Untuk website sekolah, umumnya sudah tersedia domain khusus yang menggunakan ekstensi SCH.ID sebagai nama domain resmi untuk website sekolah. Selanjutnya, memilih hosting yang hendak digunakan serta mendaftarkan nama domain yang sudah Anda buat. 

Untuk hal ini, Anda bisa melakukan melalui jasa penyedia domain dan hosting yang bisa Anda temukan melalui mesin pencari Google.

Selanjutnya, Anda bisa langsung install CMS WordPress melalui cPanel, jika menggunakan hosting dari pihak ketiga.  

Setelah berhasil melakukan instalasi WordPress, langkah selanjutnya adalah melakukan kustomisasi tampilan website. Namun sebelumnya Anda akan diminta login terlebih dahulu dengan menggunakan akun dan password yang dibuat ketika melakukan proses instalasi Wordpress. 

 Adapun cara masuk ke dasbor WordPress adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke tautan berikut ini https://namawebsite.com/wp-admin
  • Masukan username dan password
  • Setelah berhasil masuk ke dahsboard Wordpress, Anda bisa mulai melakukan kustomisasi website Anda
  • Terdapat menu seperti Tampilan untuk mengubah tampilan website, Widget untuk menambahkan komponen penting, Plugin untuk melakukan optimasi website, dan lain sebagainya. 
  • Atur tampilan website sekolah semenarik mungkin termasuk membuat menu navigasi tiap halaman untuk memudahkan pengunjung 
  • Setelah proses kustomisasi selesai, Anda sudah bisa mulai memposting artikel maupun tulisan yang menarik berkaitan dengan sekolah. 

Nah, itulah penjelasan singkat tentang membuat website sekolah. Jika Anda ingin tahu lebih dalam tentang cara membuat website sekolah dengan mudah dan murah, Anda bisa bergabung dengan pelatihan yang diselenggarakan oleh e-Guru.id.

Gabunglah sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

(shd/shd)

Berita Terkait

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?
Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi
Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah
Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan
Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!
Siapa Cepat Dia Dapat! Begini Sistem Percepatan PPG Daljab 2024 untuk Mendapatkan Sertifikat Pendidik
Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024
Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Berita ini 6 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 22 Mei 2024 - 19:43 WIB

Resmi, Ini Urutan Penempatan Formasi PPPK Guru 2024, Bagaimana Peluang Guru Honorer, Negeri, Guru Swasta dan Lulusan PPG?

Rabu, 22 Mei 2024 - 11:19 WIB

Tunjangan Guru Wajib Dikembalikan Jika Masalah Ini Terjadi

Rabu, 22 Mei 2024 - 10:33 WIB

Data Dapodik Jadi Tanggung Jawab Guru Sendiri, Bukan Urusan Operator Sekolah

Rabu, 22 Mei 2024 - 09:59 WIB

Diganti Tunjangan Lain, Bantuan untuk Guru Honorer Ini Akan Dihentikan

Selasa, 21 Mei 2024 - 20:35 WIB

Mendikbud Sampaikan Ada Yang Baru Lagi dalam Kurikulum Merdeka, Guru Wajib Siap Mulai Tahun Ajaran Baru!

Selasa, 21 Mei 2024 - 11:15 WIB

Siap-Siap! Insentif Guru Non-ASN Akan Cair Mulai Bulan Juli 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Berita Terbaru