Home / News

Kamis, 7 April 2022 - 21:52 WIB

Mekanisme Penyusunan Dupak

Mekanisme Penyusunan Dupak – Daftar Usulan Penetapan Angka Kredit (Dupak) merupakan daftar berbagai kegiatan guru dalam jangka waktu satu tahun yang tiap unit kegiatannya memiliki angka kredit tertentu. 

Dan, dalam usulan Dupak juga harus disertai dengan bukti secara fisik semua kegiatan yang dilakukan guru sebagai bukti pendukung dalam verifikasi dan penilaian yang dilakukan oleh tim penilai angka kredit.

Oleh karena itu pula, dalam proses pengajuan kenaikan pangkat dan golongan, realisasi dari Dupak menjadi salah satu syarat utama untuk bisa memperoleh kenaikan jenjang kepangkatan.

Dupak dibuat setiap tahun yang sesuai dengan periode dari penilaian angka kredit yang sejak awal masa jabatan fungsional yang mengacu pada Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Nomor 16 tahun 2009 tentang penyusunan daftar usulan penetapan angka kredit.

Dan, ketentuan pelampiran bukti fisik sebagai bukti pendukung kegiatan guru berpedoman pada Permendiknas Nomor 35 tahun 2010 tentang Juknis Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya.

Mekanisme penyusunan Dupak terdiri atas dua unsur yakni unsur utama dan unsur penunjang. Unsur utama dalam Dupak meliputi; pendidikan, kegiatan pembelajaran dan pengembangan keprofesian guru berkelanjutan, seperti dijelaskan berikut ini:

Pendidikan

Angka kredit yang diperoleh dari pendidikan berasal dari ijazah akademik serta mengikuti pelatihan maupun diklat prajabatan.

Baca Juga:  Langkah-Langkah Membuat LKPD Interaktif dengan Liveworksheet

Kegiatan Pembelajaran, Bimbingan serta Tugas Tambahan

Pada unsur ini memiliki tiga kegiatan. Kegiatan pembelajaran terkait dengan tugas guru mata pelajaran seperti membuat rencana pembelajaran, pelaksanaan, evaluasi serta penilaian dan analisis hasil pembelajaran. Dari kegiatan ini, target penilaian kinerja guru memiliki dua indikator yakni Baik yang ditandai dengan poin 100 persen serta Amat Baik yang ditandai dengan poin 120 persen.

Bimbingan (Guru BK)Pada kegiatan ini terkait dengan tugas dan fungsi guru bimbingan dan konseling (BK) mulai dari perencanaan bimbingan, pelaksanaan, evaluasi, penilaian serta analisa dari pelaksanaan bimbingan yang dilakukan.

Tugas SekolahKegiatan ini terkait dengan tugas yang dilaksanakan guru di sekolah baik yang mengurangi beban mengajar maupun tidak. Tugas sekolah yang mengurangi beban mengajar meliputi; menjadi kepala sekolahmaupun wakil kepala sekolah, kepala laboratorium atau ketua program studi.

Sedangkan, tugas sekolah yang tidak mengurangi beban mengajar, meliputi; pembimbing ekstrakurikuler, wali kelas, pembimbing publikasi ilmiah,  dan yang lainnya.

Pengembangan Profesi Guru yang Berkelanjutan

Kegiatan yang terkait dengan pengembangan profesi guru yang berkelanjutan di antaranya adalah Diklat fungsionalyang terdiri dari kegiatan yang dilakukan bersama guru lainnya dalam rangka untuk peningkatan kompetensi dan keprofesian. 

Baca Juga:  Pentingnya Menjadi Teacherpreneur Demi Mencetak Generasi Hebat

Kemudian membuat publikasi ilmiah yang bentuknya bisa berupa; presentasi di forum ilmiah, membuat publikasi ilmiah terhadap hasil sebuah penelitian atau membuat publikasi buku pelajaran maupun buku pengayaanpembelajaran.

Membuat karya inovatif. Artinya menciptakan maupun memodifikasi sebuah teknologi tepat guna maupun karya seni serta alat peraga pendidikan yang bermanfaat tak hanya untuk bidang pendidikan tapi juga masyarakat pada umumnya.

Sementara itu unsur penunjang untuk menambah angka kredit meliputi:

  • Memiliki ijazah akademik yang tidak relevan dengan bidang atau mata pelajaran yang diampu.
  • Melakukan pembimbingan PKL.
  • Menjadi pengawas ujian tingkat nasional maupun tingkat sekolah.
  • Menjadi bagian atau anggota dari organisasi profesi.
  • Menjadi anggota dari kegiatan kepanduan Pramuka.
  • Menjadi anggota tim penilai angka kredit.
  • Memperoleh penghargaan tertentu.

Nah, demikian tadi adalah mekanisme penyusunan Dupak yang harus dipahami oleh guru ASN agar segera mendapatkan kenaikan pangkat.

Ikuti Diklat “Penyusunan Dupak Guru” yang diselenggarakan oleh e-Guru.id melalui link berikut ini:

DAFTAR DIKLAT

Diklat di atas dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 

DAFTAR MEMBER

Info lebih lanjut: 
Telegram: CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

(shd/shd)

Share :

Baca Juga

News

Informasi Penting, Pemutakhiran Data bagi Guru yang Belum Sertifikasi Terkait Persiapan PPG 2022!

News

Diklat 35JP “Latihan Merancang Pembelajaran Kurikulum Prototipe”

News

Syarat dan Cara Mendaftar Beasiswa untuk Guru dari Kemendikbud
https://naikpangkat.com/download-materi-hari-ke-1-diklat-gratis-perangkat-ajar-kurikulum-merdeka-konsep-penyusunan-cp-atp-modul-ajar

News

Kurikulum 2022, Sudah Siap Ganti Kurikulum?

News

4 Macam Gaya Belajar untuk Mengoptimalkan Pemahaman Materi Pembelajaran pada Siswa

News

Keistimewaan Sertifikat Pendidik untuk Guru!
Guru wajib tahu

News

Pembelajaran Online Menyenangkan dengan Google Classroom

News

Sejarah Singkat Perubahan Kurikulum Pendidikan di Indonesia dari Masa ke Masa