Home / News

Jumat, 3 Desember 2021 - 00:22 WIB

Manfaat Siswa SD Mengikuti Sebuah Perlombaan

 

Mengikuti perlombaan adalah salah satu hal yang menarik untuk dilakukan oleh para siswa dari tingkat dasar sampai dengan mahasiswa di tingkat perguruan tinggi. Berbeda dengan perlombaan yang biasa dilaksanakan di perguruan tinggi ketika seorang mahasiswa banyak yang ingin mendaftar lomba atas kehendak sendiri, perlombaan di tingkat Sekolah Dasar (SD) biasanya harus dari pemberian motivasi dari guru terhadap siswa.

Sebenarnya, terdapat banyak sekali manfaat mengikuti perlombaan sekolah bagi Siswa SD, sehingga ketika siswa di kelas tidak ada yang bersedia mengikuti lomba saat ditawari oleh guru maka hal tersebut akan sangat disayangkan. 

Di beberapa sekolah, guru menyiasati hal tersebut dengan menyaring siswa dari peringkat 10 besar kelas untuk dimotivasi agar mau ikut lomba. Beberapa sekolah lain langsung menunjuk siswa yang akan diikutkan lomba berdasarkan pada track record dan skill yang diketahuinya.

Namun, sebetulnya ada manfaat yang bisa diperoleh oleh seorang siswa SD jika mengikuti perlombaan. Mari simak 3 manfaat utama mengikuti perlombaan sekolah bagi siswa SD berikut ini: 

Baca Juga:  3 Strategi Pembelajaran diferensiasi dalam Merdeka Belajar

1.     Melatih Mental Juara

Manfaat utama dari mengikuti perlombaan adalah untuk menumbuhkan dan melatih mental juara. Namun yang dimaksud dengan mental juara bukanlah siswa yang ingin selalu menang menjadi juara tidak peduli seperti apa kondisi dan cara yang ia tempuh.

Melainkan, mental juara adalah karakter siswa yang tekun, gigih, tidak mudah menyerah, tidak mudah marah, dan tetap berlatih atau belajar lebih giat lagi saat menghadapi kekalahan. 

Di samping itu, ketika menghadapi kemenangan, siswa dengan mental juara tidaklah menjadi sombong, melainkan terus berusaha meningkatkan kemampuan agar bisa mempertahankan prestasinya.

2.     Mengasah Kepercayaan Diri

Manfaat berikutnya dari keterlibatan siswa SD dalam mengikuti lomba adalah mengasah kepercayaan diri mereka. Tidak dapat dipungkiri, bahwa berbagai mata lomba seperti menyanyi, berpidato, mendongeng atau story telling, dan cabang lomba lainnya yang tampil di depan umum bisa membantu siswa untuk berani unjuk diri untuk tampil dengan rasa percaya diri yang baik.

Baca Juga:  Beralih Dari Pembelajaran Tradisional Menjadi Pembelajaran Berdiferensiasi

Di samping itu, kepercayaan diri bukan hanya terbatas keberanian untuk tampil di depan umum. Namun, keberanian untuk mengambil langkah dan ikut berkompetisi juga merupakan bentuk kepercayaan diri. Contohnya, siswa  yang pandai menulis puisi atau melukis dan mau ikut berkompetisi juga tanda bahwa ia memiliki kepercayaan diri yang baik atas kemampuannya.

3.     Menambah Pengetahuan

Manfaat lainnya bagi siswa SD untuk mengikuti suatu perlombaan adalah tentu dalam hal menambah wawasan dan pengetahuan. Banyak sekali ilmu yang bisa didapatkan dari mengikuti perlombaan ketimbang hanya mengikuti pelajaran sehari-hari di kelas.

Nah, itu dia beberapa manfaat mengikuti perlombaan bagi siswa SD. Semangat berkompetisi!

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai guru dan pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/tutorial-membuat-nearpod-mudah-bagi-pemula/

News

Fungsi Dapodikdasmen dan Cara Penggunaannya

News

Cara Membuat Kuis Inovatif Dengan Aplikasi I Spring Quizmaker

News

7 Kompetensi Yang Harus Dikuasai Oleh Guru PPG Daljab

News

Edit Video Pembelajaran Kini Makin Mudah dan Cepat dengan 4 Aplikasi Android Ini
https://naikpangkat.com/download-materi-hari-ke-1-diklat-32-jp-meningkatkan-keterlibatan-peserta-didik-dengan-game-dan-presentasi-interakttif--pengenalan-proprofs/

News

Pengembangan Motivasi Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran 

News

Bisa Dicontoh, Inilah Cara SDN 02 Jantiharjo Melakukan Sosialisasi Pencegahan Covid-19
gaya belajar

News

Panduan Menyusun Proposal PTK Guru PAUD
FLIPPED CLASS

News

Tips Membuat Judul Makalah Best Practice