Home / News

Kamis, 3 Maret 2022 - 02:32 WIB

Manfaat Perangkat Pembelajaran serta Cara Penyusunannya yang Benar

Manfaat Perangkat Pembelajaran – Perangkat pembelajaran menjadi salah satu komponen penting sebagai penunjang proses pembelajaran di seluruh jenjang pendidikan. Karena, sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran, perangkat pembelajaran menjadi indikator bagi guru atas keberhasilan pelaksanaan pembelajaran baik di sekolah maupun dalam jaringan.

Oleh karenanya kebutuhan perangkat pembelajaran dalam proses pembelajaran menjadi sangat penting sebagai penunjang maupun alat bantu guru dalam menyampaikan materi pelajaran agar sesuai dengan tujuan dan lebih mudah dipahami.

Secara harfiah, perangkat pembelajaran bisa dimaknai sebagai alat atau media penunjang pelaksanaan aktivitas belajar di sekolah yang membantu memudahkan guru dalam hal penyampaian materi pelajaran yang lebih efektif.

Perangkat pembelajaran juga menjadi pegangan sekaligus pedoman bagi tenaga pendidik untuk kelancaran pelaksanaan aktivitas pembelajaran.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pun secara khusus menerapkan aturan yang tertuang dalam Permendikbud Nomor 65 tahun 2013 tentang standar proses pendidikan dasar dan menengah yang menyebutkan jika penyusunan perangkat pembelajaran menjadi bagian tak terpisahkan dari perencanaan pembelajaran itu sendiri.

Dalam hal perencanaan dan penyusunannya, perangkat pembelajaran disusun melalui metode silabus serta rancangan perencanaan pembelajaran atau RPP yang di dalamnya juga tercantum kebutuhan media atau perangkat ajar, perangkat penilaian pembelajaran serta pelaksanaan pembelajarannya.

Keberadaan perangkat pembelajaran dalam aktivitas belajar dan mengajar sangat memberikan manfaat yang besar bagi guru. Karena selain sebagai panduan dalam pelaksanaan pembelajaran, perangkat pembelajaran juga bisa dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan guru dan bisa dijadikan standar profesionalitas seorang guru.

Berikut sejumlah manfaat perangkat pembelajaran bagi guru selaku tenaga pendidik:

Baca Juga:  Tips Cara Mengunduh Perangkat Ajar Di Platform Merdeka Mengajar Secara Cepat dan Efisien!

Panduan Guru dalam Melaksanakan Proses Pembelajaran

Perangkat pembelajaran menjadi panduan guru dalam pelaksanaan proses pembelajaran yang dilakukan secara sistematis dan terstruktur dengan berpedoman pada perangkat pembelajaran yang ada.

Tolak Ukur Keberhasilan Pelaksanaan Pembelajaran

Dengan perangkat pembelajaran ini juga, guru bisa melakukan evaluasi sejauh mana efektivitas dan keberhasilan yang telah dicapai dengan menerapkan perangkat pembelajaran yang ideal terhadap para siswanya. Sehingga guru bisa menentukan perangkat pembelajaran yang lebih mudah dipahami oleh para siswanya.

Menjadi Standar Peningkatan Kualitas Guru

Keberadaan perangkat pembelajaran juga bisa dijadikan standar peningkatan kualitas seorang guru. Karena perangkat pembelajaran tak hanya menuntut guru untuk memanfaatkannya tapi juga mengembangkan perangkat tersebut agar mampu dan efektif menunjang proses pembelajaran.

Urutan Penyusunan Perangkat Pembelajaran 

Dalam penyusunannya, perangkat pembelajaran harus dilakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, agar pelaksanaannya bisa lebih tersistematis dan terarah karena komponen dalam perangkat pembelajaran saling terintegrasi dan mendukung antara satu dengan yang lainnya. Berikut urutan susunan perangkat pembelajaran yang benar:

  • Halaman Depan
  • Lembar Pengesahan
  • Visi dan Misi Sekolah
  • Kelender Pendidikan
  • Silabus
  • KKM
  • Analisis Minggu Efektif
  • Program Tahunan
  • Program Semester
  • Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP)

Nah, demikian penjelasan tentang manfaat perangkat pembelajaran dan juga cara menyusunnya dengan baik dan benar. 

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

News

Penerapan Project Based Learning Berbasis Lingkungan

News

Tamsil Guru Non Sertifikasi TW 4 Cair Desember Ini, Cek Rekening Dana Masuk Rp 750 Ribu

News

7 Jenis Tarian Ini Cocok Digunakan Sebagai Pengisi Acara Perpisahan Sekolah

News

Teknis dan Jadwal Pencairan Dana BOS Tahap 1 Tahun 2022

News

Info Terbaru! BKN Resmi Rilis Juknis PPPK 2022, Download Filenya di sini
pembelajaran online

News

Konsep Penilaian Sikap Anak SD sesuai Kurikulum 2013
pengangkatan guru honorer

News

Begini Jadinya Jika Honorer Tidak Lulus PPPK 2022

News

Sederet Fakta dan Polemik Kebijakan Anggaran PPPK 2022, Guru Honorer Kehilangan Jam Mengajar, Hingga Penjelasan Kemenkeu