Home / News

Sabtu, 2 Juli 2022 - 05:28 WIB

Manfaat Mengenal Karakter Siswa bagi Seorang Guru

Karakter Siswa – Guru harus memahami karakterisitik siswa yang berada di ruangan kelas. Sehingga, guru dapat mengendalikan atau mengelola media pembelajaran dan pengolahan strategi yang berkaitan dengan bagaimana menyusun metode pembelajaran. Karena, karakteristik yang dimiliki oleh setiap siswa itu berbeda-beda.

Setelah guru secara perlahan mengenali karakter siswa, maka guru tidak akan kebingungan dari mana guru harus memulai dan membatas pembelajaran dan patokan berakhirnya kegiatan belajar mengajar setiap harinya yang merupakan tanggung jawab setiap pengajar.

Guru harus mengenal karakteristik siswa abad 21 ini, karena dengan mengenal siswa pada abad tersebut, siswa dapat membantu guru agar lebih mudah memahami mereka sehingga cita-cita yang mereka harapkan akan terwujud dengan bantuan guru tersebut.

Baca Juga:  Meniti Jalan Menjadi Guru: Medi Aminah 

Kemudian, guru tentunya harus memahami karakteristik setiap murid. Karena, untuk memahami karakter tersebut butuh kesungguhan yang melibatkan hati dan pikiran guru dengan harapan dapat memahami karakternya dengan baik dan benar.

Ada empat hal dominan dari karakteristik siswa abad 21 yang harus selalu dipahami oleh guru, di antaranya adalah kemampuan dasar ( kognitif atau intelektual), latar belakang/kultur ( status sosial, ekonomi, agama), perbedaan kepribadian (sikap, perasaan, minat), cita-cita (pandangan ke depan, keyakinan diri, daya tahan).

Identifikasi kemampuan awal dan karakteristik peserta didik mempunyai berbagai tujuan, yaitu memperoleh informasi yang lengkap serta akurat yang berkenaan dengan kemampuan serta karakteristik awal siswa sebelum mengikuti program belajar mengajar; menyeleksi tuntutan bakat, minat, kemampuan serta kecenderungan peserta didik yang berkaitan dengan pemilihan program pembelajaran; dan menentukan desain program pembelajaran dan pelatihan tertentu yang perlu dikembangkan sesuai dengan kemampuan awal peserta didik.

Baca Juga:  Breaking News! Kemdikbud Membuat 2 Skema Ini Pada Seleksi PPPK Guru Tahap 3 2022

Ada beberapa manfaat yang dapat diambil jika seorang guru bisa mengenal kepribadian dan karakter seorang siswa dengan baik. Beberapa manfaat tersebut di antaranya adalah:

  1. Mengetahui kelebihan yang mereka miliki sehingga dapat ditingkatkan.
  2. Mencari titik lemah yang mereka miliki sehingga dapat diperbaiki.
  3. Mengetahui potensi yang ada pada diri siswa sehingga dapat mengo
  4. Menyadarkan mereka bahwa mereka masih mempunyai kekurangan sehingga tidak diperbolehkan untuk bersikap sombong dan merendahkan orang lain.

Halaman Selanjutnya

5. Dapat mengetahui jenis pekerjaan

Share :

Baca Juga

mengembangkan fitrah positif anak

News

6 Langkah Merancang Strategi Pembelajaran Kreatif Membuat Kelas Menjadi Aktif

News

Pendaftaran Terakhir Hari Ini! Diklat Gratis 35JP : Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat

News

Membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Secara Online dan Mudah

News

Strategi Penerapan Profil Pelajar Pancasila di Satuan Pendidikan

News

Membuat Pekerjaan Rumah dan Tes Digital Dengan Teachmint

News

Manfaat dan Cara Mengaktifkan Notifikasi Channel Youtube e-Guru TV

News

Surat Edaran Dinas Pendidikan untuk Jadwal Libur Panjang Sekolah di Tahun 2022
https://bit.ly/Diklat_64JP_Kurikulum_Merdeka

News

Segera Daftar! Seminar Nasional Gratis : Desain dan Implementasi Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan