Home / News

Jumat, 4 Februari 2022 - 01:02 WIB

Macam-macam Model Pembelajaran

Macam Model Pembelajaran – Penerapan berbagai macam metode pembelajaran yang tepat dalam pelaksanaan proses pembelajaran menjadi salah satu syarat tercapainya proses pendidikan di lingkup satuan pendidikan yang sesuai dengan kaidah pendidikan nasional.

Berbagai macam model pembelajaran yang ada saat ini kian memudahkan para tenaga pendidik untuk memilih metode maupun model pembelajaran yang ideal untuk diterapkan dalam kegiatan belajar dan mengajar di sekolah.  Guru juga bisa mengkombinasikan berbagai model pembelajaran sekaligus agar proses pembelajaran bisa berjalan tanpa kendala.

Di sisi lain, mengkombinasikan atau bahkan memvariasikan model pembelajaran juga sangat efektif untuk mengusir rasa jenuh daripada hanya menerapkan model pembelajaran yang cenderung monoton dan itu-itu saja. 

Pada prinsipnya, model pembelajaran diterapkan agar materi pelajaran yang disampaikan oleh guru benar-benar sampai ke peserta didik.  Penting pula diketahui bahwa kemampuan memahami tiap siswa tak bisa digeneralisasikan untuk seluruh siswa sehingga penting menentukan model pembelajaran yang tepat dalam penyampaian materi pelajaran yang ideal.

Macam-macam Model Pembelajaran

Setidaknya terdapat enam model pembelajaran yang bisa digunakan dalam proses pembelajaran, berikut penjelasannya masing-masing:

Pembelajaran Langsung

Model pembelajaran langsung memiliki pengertian yakni metode pembelajaran di mana tenaga pendidik menyampaikan atau memberikan informasi secara langsung kepada para siswanya. Model pembelajaran ini sebenarnya lebih menganut konsep pembelajaran dengan teknik transfer pengetahuan antara guru dengan siswa dengan berbagai metode seperti tanya jawab, diskusi maupun metode lainnya.

Baca Juga:  Langkah Membuat Makalah atau Artikel Ilmiah dengan Baik dan Benar

Pembelajaran Berbasis Masalah

Pembelajaran berbasis masalah lebih mengedepankan model pendekatan yang bersifat mengolah daya pikir dari para siswa dengan mengolah informasi maupun materi pelajaran yang diperolehnya. Kemudian dirangkai melalui metode siswa secara personal untuk dicari solusi atau jawabannya.

Index Card Match 

Mencari pasangan atau Index Card Match lebih ditujukan untuk proses pembelajaran untuk membangun suasana yang menyenangkan bagi para siswa dan banyak diaplikasikan pada materi pembelajaran pengulangan dari yang sudah disampaikan oleh guru sebelumnya.

Caranya, siswa diberi topik yang sesuai dengan materi pelajaran, kemudian siswa diajak untuk mempelajari topik tersebut secara mendalam agar ketika proses pembelajaran berlangsung, siswa telah memahami topik dari materi pembelajaran tersebut.

Pembelajaran Kontekstual

Pembelajaran kontekstual lebih menitikberatkan pada kaitan antara materi pelajaran dengan lingkungan siswa di luar sekolah tujuannya adalah agar materi pelajaran lebih mudah dipahami oleh siswa. Model pembelajaran ini juga menuntut partisipasi langsung dari para siswa dengan menghubungkan pengalaman yang pernah dialami siswa dengan materi pelajaran tersebut.

Baca Juga:  Cara Jitu Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja

Pembelajaran Kooperatif

Pembelajaran kooperatif dikenal sebagai sebuah strategi atau upaya dari para siswa dalam pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok. Dengan model pembelajaran ini, tenaga pendidik lebih efisien dalam hal pengelolaan siswa secara berkelompok dengan mengklasifikasikan tiap kelompok siswa tersebut. Meski demikian tiap siswa juga tetap diwajibkan berpartisipasi secara aktif dalam kelompoknya.

Pembelaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia

Pendidikan Matematika Realistik Indonesia atau yang disingkat dengan PMRI lebih menekankan proses pembelajaran dengan cara matematika yang mengambil studi kasus berdasarkan kejadian maupun pengalaman yang paling dekat dan pernah dialami siswa agar materi pelajaran matematika lebih cepat dipahami.

Model pembelajaran ini memang lebih menitikberatkan pengalaman langsung dari peserta didik sebagai salah satu alat atau instrumen dalam proses penyampaian materi pembelajaran.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik serta memahami berbagai macam model pembelajaran. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

https://naikpangkat.com/download-materi-pertama-free-diklat-32jp-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-mudah--pengenalan-liveworksheet/

News

Yuk Kenali Fitur Portal Rumah Belajar Kemendikbud

News

Tips Mudah Membuat Artikel Populer untuk Kenaikan Pangkat
penggunaan masker di tengah pembelajaran

News

Tips Menjadi Guru Inspiratif Idaman Siswa

News

Faktor dalam Penentuan Penilaian Kinerja Guru

News

Semua Tenaga Honorer Akan Diangkat Menjadi PPPK, Ini Syaratnya

News

Desain Pembelajaran dalam Penerapan Kurikulum Prototipe

News

Waduh! Guru ASN Wajib Ikut Pelatihan Militer selama 3 Bulan?

News

Pahami Strategi Project Based Learning untuk Merdeka Mengajar melalui Seminar Nasional