Learning Management System, Memahami Moodle Dengan Mudah

- Editor

Jumat, 14 Januari 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Learning Management System atau LMS merupakan platform digital yang dapat bermanfaat dalam dunia pendidikan, guna memudahkan pembelajaran jarak jauh.

Menurut Indarti et al., (2015) Penggunaan e-Learning untuk Organisasi Nasional Guru PKB dan Peningkatan Birokrasi Peraturan Menteri (Permian PAN dan RB) Nomor 16 Tahun 2009 mengamanatkan guru untuk melaksanakan pengembangan profesi (PKB) secara berkesinambungan dan berkesinambungan.

Untuk memenuhi standar profesional, memenuhi kebutuhan zaman, dan memberikan layanan pendidikan berkualitas tinggi kepada siswa kami. PKB Guru memuat tiga hal, yakni pengembangan diri, publikasi ilmiah, dan karya inovatif

Untuk mengembangkan diri, pertumbuhan e-Learning juga memungkinkan guru untuk melakukan karya inovatif dalam pembelajaran melalui e-Learning. Guru dapat mengatur sesi online yang diikuti oleh siswanya untuk melengkapi atau memperkaya pembelajaran di kelas.

Dari pengalaman dan pengetahuan penerapan e-learning, guru dapat mengembangkan model pembelajaran yang baru dan lebih efektif.

Fitur-Fitur Moodle

Terdapat fitur – fitur yang harus dimiliki Course Management System yang dapat berguna bagi pembelajaran online meliputi:

1. Fitur unggah dan bagikan materi CMS yang berguna untuk pembelajaran online, pengguna harus dapat dengan mudah mengunggah/memublikasikan file ke sistem dan kemudian berbagi file dengan pengguna lain. Fitur ini memudahkan penyaji untuk memposting materi, tugas, dan lainnya.

2. Fitur forum dan Chatting Sangat penting untuk memiliki forum dan chat di CMS karena forum dan chat adalah sarana yang dapat Anda gunakan untuk berkomunikasi dalam proses pembelajaran online Anda.

Fitur forum dan chat memudahkan pengguna untuk berinteraksi dan berkomunikasi, baik secara sinkron maupun asinkron. Forum dan obrolan memungkinkan pengguna untuk mengekspresikan ide dan pendapat atau menyelesaikan tugas.

3. Quiz adalah fitur yang mengevaluasi pembelajaran Anda. Jika CMS memiliki fungsi kuis, akan lebih mudah bagi pengguna, terutama fasilitator, untuk mengevaluasi pembelajaran mereka. Anda dapat menggunakan tes untuk membuat alat penilaian online.

Oleh karena itu, CMS yang digunakan untuk pembelajaran online harus memiliki kemampuan untuk membuat dan menilai kuis.

4. Tugas, merupakan fitur dalam e-learning, karena tugas merupakan salah satu komponen yang mengukur pembelajaran manusia, CMS yang digunakan dalam e-learning harus memfasilitasi penugasan dan pengumpulan tugas.

Fitur penugasan memudahkan fasilitator untuk mengevaluasi kemajuan belajar peserta diklat, dan memudahkan peserta mengumpulkan hasil penyelesaian tugas yang diberikan fasilitator.

5. Penilaian Sistem pembelajaran online harus memiliki fungsi penilaian yang memungkinkan peserta untuk melihat penilaian mereka melalui sistem. Sementara itu, Moodle memiliki fitur manajemen kursus sebagai berikut:

a. Moodle memiliki format kursus berkala, topik, format sosial, dan format SCORM. B. Moodle menyediakan berbagai kegiatan untuk proses pembelajaran online seperti tugas, chatting, seleksi, operasi database, forum, pakis, pelajaran, dan kuis. Tugas ini memungkinkan Anda membuat forum, tugas, kuis, dan lainnya.

c. Moodle menyediakan beberapa sumber seperti buku, halaman, file, folder, paket konten IMS, pintasan, dll. Anda dapat menggunakan sumber daya ini sebagai wadah pemuatan. berkas konten. d. Mesin perataan dapat dikonfigurasi melalui modul perataan dengan komponen perataan yang ditentukan. e. Ada log aktivitas pengguna.

Kelebihan Moodle Lainnya

Melihat fitur-fitur learning management system moodle, sesuai dengan CMS yang digunakan sebagai sistem pembelajaran online.

Selain mempertimbangkan fitur, ada pertimbangan lain saat memilih Moodle, seperti: Moodle adalah perangkat lunak open source di bawah Lisensi Publik GNU, jadi gratis untuk digunakan.

Moodle dirancang oleh para ahli pendidikan untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran dan pengajaran tatap muka.

Moodle yang merupakan learning management system memiliki komunitas yang cukup besar, sehingga perkembangannya berjalan lebih cepat. Ada banyak komunitas yang bisa menjadi sumber mencari solusi jika Anda memiliki masalah dengan penggunaannya.

Guna menambah pengetahuan pendidik, dapat mengikuti pelatihan memahami model pembelajaran inovatif dan interaktif dalam mengoptimalkan proses belajar. DAFTAR SEKARANG!


More Info:
https://wa.me/6285161610200

Berita Terkait

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!
Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024
Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024
Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024
Tugas Tambahan Bagi Guru Setelah Penghapusan Penjurusan di Jenjang SMA
Kebijakan Baru! Jenjang SMA Mulai Tahun Ajaran 2024/2025 Tidak Ada Lagi Penjurusan
Langkah Selanjutnya Jika Terpanggil PPG Daljab 2024 di SIMPKB
Berita ini 24 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 22 Juli 2024 - 11:04 WIB

Download Format Pakta Integritas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Senin, 22 Juli 2024 - 10:35 WIB

Pengumuman Pemanggilan Piloting PPG Daljab 2024 di Mulai Hari Ini, Cek Akun SIMPKB  Masing- Masing!

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:36 WIB

Kelengkapan Berkas untuk Lapor Diri Piloting PPG Daljab 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 12:03 WIB

Jadwal Lengkap Pelaksanaan Piloting PPG Dalam Jabatan Tahun 2024

Sabtu, 20 Juli 2024 - 11:17 WIB

Download Surat Edaran Pelaksanaan Piloting PPG Guru Tertentu (PPG Daljab) Tahun 2024

Berita Terbaru