Keunggulan dan Cara Menggunakan Google Classroom untuk Pembelajaran Jarak Jauh

- Editor

Kamis, 23 September 2021

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Berdasarkan hasil studi pustaka, penggunaan media pembelajaran interaktif dengan menggunakan Google Classroom di tengah-tengah masa wabah virus Covid-19, menurut perspektif pendidik, memberikan kemudahan untuk membagikan dan menyampaikan materi ajar, baik dalam bentuk teks, gambar, audio, maupun video. Pembelajaran secara daring membuat kegiatan belajar mengajar lebih interaktif, efektif, dan efisien antara pengajar dengan peserta didik.

Keunggulan dari LMS Google Classroom adalah pertama, proses set up pada Google Classroom sangat cepat dan nyaman. Guru tinggal mengakses aplikasi Google Classroom serta dapat membagikan tugas-tugas, materi atau bahan ajar yang sangat variatif sehingga peserta didik tidak bosan.

Kedua, penggunaan Google Classroom menghemat waktu. Peserta didik tidak lagi harus mendownload tugas yang diberikan guru. Guru juga dapat menentukan peringkat, memberikan umpan balik untuk semua tugas dan melakukan penilaian secara cepat dari Google Classroom. Dengan demikian, ada potensi untuk menghemat sebagian besar waktu bagi keduanya, baik peserta didik maupun gurunya.

Ikuti Diklat “Membuat Ujian dan Rekap Nilai secara Otomatis dengan Aplikasi Google” melalui link berikut ini:
DAFTAR DIKLAT
Diklat ini dapat diikuti secara gratis bagi member e-Guru.id. Jadilah anggota member e-Guru.id untuk mendapatkan Diklat dan Seminar Nasional Gratis setiap bulannya: 
DAFTAR MEMBER
Info lebih lanjut: 
Telegram: t.me/CS_eguruid
WhatsApp: 081575345555

Ketiga, meningkatkan kerjasama dan komunikasi. Salah satu manfaat paling penting dari menggunakan Google Classroom adalah antara guru dan peserta didik dapat melakukan kolaborasi online secara efisien. Di sisi lain, peserta didik mempunyai kesempatan untuk memberikan umpan balik kepada rekan-rekan mereka dengan posting langsung ke aliran diskusi di Google Classroom.

Keempat, penyimpanan data terpusat. Dalam Google Classroom, semuanya berada dalam satu lokasi terpusat. Peserta didik dapat melihat semua tugas-tugas mereka dalam folder tertentu, jadi tidak perlu kertas (lesspaper). Guru dapat menyimpan bahan e-Learning dan kegiatan untuk tahun ajaran secara cloud dan semua peringkat atau nilai dapat dilihat dalam aplikasi. Tidak perlu khawatir tentang dokumen hilang atau penilaian hilang, karena itu semua tersimpan dalam LMS ini.

Kelima, berbagi sumber daya yang cepat. Guru dapat berbagi informasi secara online dengan peserta didik, mereka tinggal mengakses aplikasi Google Classroom dan mendistribusikan link online dari materi eLearning tambahan yang dapat menguntungkan peserta didik mereka.

Keenam, guru dapat membuat daftar hadir peserta didik yang berupa link dengan menggunakan aplikasi Google Form kemudian dikirimkan ke dalam Google Classroom.

Google Classroom merupakan solusi yang dapat digunakan bagi para guru di tengah wabah Covid-19 ini sebagai fasilitas gratis pembelajaran online untuk peserta didik di era milenial sekarang. Selain itu, Google Classroom memiliki potensi untuk menghemat sebagian besar waktu bagi peserta didik dan pengajar karena proses menyiapkan Google Classroom sangat cepat dan nyaman untuk digunakan. Waktu tidak akan terbuang sia-sia untuk mendistribusikan dokumen fisik karena tugas yang telah diberikan kepada peserta didik oleh pengajar dapat diselesaikan tepat waktu secara online. Hal tersebut membuat kendala waktu yang kurang ketika pembelajaran tatap muka berlangsung dapat teratasi.

Keberadaan Google Classroom adalah sistem manajemen pembelajaran yang ditawarkan oleh Google untuk guru. Aplikasi ini menyediakan lokasi sentral untuk berkomunikasi dengan peserta didik, mengajukan pertanyaan, dan membuat tugas. Selain itu dalam Google Classroom dapat digunakan untuk mengirimkan daftar hadir peserta didik pada saat pembelajaran jarak jauh berlangsung.

Pemanfaatan media online Google Classroom mempunyai dampak penting bagi pembelajaran di tengah pandemi, antara lain pembelajaran dilakukan secara daring dan mendukung kebijakan pemerintah untuk physical distancing. Dibandingkan dengan media lainnya, Google Classroom lebih sederhana, lebih mudah dalam penerapannya.

Berikut langkah-langkah dalam menggunakan Google Classroom:

1.      Buka classroom.google.com

2.      Pilih sebagai guru

3.      Klik tanda “+”, lalu pilih buat kelas

4.      Isi nama kelas, nama bagian, nama mata pelajaran, dan nama ruang

5.      Setelah kelas berhasil dibuat, bagikan kode kelas kepada para siswa ke seluruh siswa. 

6.      Selain itu guru juga dapat mengundang siswa masuk ke kelas dengan cara mengundang siswa. Klik pilihan “anggota”, lalu pada bagian “siswa”, klik ikon tambahkan siswa, masukkan email siswa yang ingin diundang.

7.      Guru bisa memberikan tugas kepada siswa dengan cara klik tab “tugas kelas”, lalu klik “+”, lalu masukkan topik tugas/materi/pertanyaan/tugas kuis sesuai dengan tugas yang ingin diberikan oleh Guru. 

8.      Bila guru hendak membagikan materi, nanti akan muncul pilihan “tambahkan” lalu guru dapat memilih materi yang bersumber dari Youtube/Google Drive/file/tautan. 

9.      Postingan tugas juga dapat disimpan sebagai draft terlebih dahulu, diposting saat itu juga, atau dijadwalkan pada waktu tertentu yang dikehendaki guru dengan cara klik tanda panah ke bawah di samping opsi “posting”, lalu pilih waktu posting yang diinginkan.

10.  Untuk mengecek tugas siswa, guru dapat membuka tugas yang sudah diserahkan, lalu nanti akan muncul nama-nama siswa yang sudah mengerjakan berikut dengan file tugas yang sudah dikerjakan. Lalu di samping nama siswa, akan muncul kolom angka untuk menulis nilai

11.  Jangan lupa kembalikan file tugas yang sudah dinilai oleh guru ke siswa yang bersangkutan, agar siswa mengetahui nilai yang ia dapatkan

12.  Terakhir, guru dapat mengekspor nilai tugas ke google spreadsheet dengan cara klik menu setting pada bagian atas kanan tampilan penskoran, lalu pilih “salin semua nilai ke Google Spreadsheet”, maka otomatis akan muncul tampilan rekap nilai di Google Spreadsheet.

Demikian pembahasan tentang keunggulan dan cara menggunakan Google Classroom untuk pembelajaran jarak jauh. Semoga bermanfaat bagi rekan-rekan guru di seluruh Indonesia. 

Ditulis oleh Rita Indah Purweny,S.Pd, Guru SMPN 18 SEMARANG

Berita Terkait

Gaji Guru dan Pensiunan Naik, BKN Sosialisasikan Peraturan BKN Tahun 2024
Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024
MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah
PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?
Sebentar Lagi! Berikut Tanggal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan
Terbaru! Secara Resmi Menteri Keuangan Bagikan Info THR dan Gaji Ke-13 untuk Guru Tahun 2024
Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!
Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024
Berita ini 1 kali dibaca

Berita Terkait

Minggu, 25 Februari 2024 - 11:20 WIB

Gaji Guru dan Pensiunan Naik, BKN Sosialisasikan Peraturan BKN Tahun 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 11:32 WIB

Bersiap Tanggal Penting untuk Semua Guru TK, SD, SMP, SMA/SMK Sederajat, Mulai Maret 2024

Sabtu, 24 Februari 2024 - 10:43 WIB

MenPANRB dan Mendikbudristek Sepakat, Formasi Guru pada CASN 2024 Ditambah

Jumat, 23 Februari 2024 - 17:02 WIB

PGRI Berhasil Gugat Permendikbud Nomor 26 Tahun 2024, Bagaimana dengan Pengelolaan Kinerja di PMM?

Jumat, 23 Februari 2024 - 11:34 WIB

Sebentar Lagi! Berikut Tanggal Asesmen Kompetensi Guru dan Tenaga Kependidikan

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:59 WIB

Respon Pengurus Besar PGRI Tentang e- Kinerja Guru di PMM : Guru Merasa Terbebani!

Kamis, 22 Februari 2024 - 10:25 WIB

Peran Penting Guru dalam Mewujudkan Indonesia Emas 2024

Rabu, 21 Februari 2024 - 13:08 WIB

Perhatian untuk Guru! Kemenag Keluarkan Pengumuman Penting Pelaksanaan UAMBN dan UN 2024

Berita Terbaru