Home / News

Jumat, 1 Juli 2022 - 11:18 WIB

Kemendikbud Menyampaikan 3 Hal Penting Dalam Merencanakan Pembelajaran Kurikulum Merdeka di Platform Merdeka Mengajar

Pembelajaran Kurikulum Merdeka – Bagi satuan pendidikan yang mendaftar di Kurikulum Merdeka, kini saatnya untuk menyambut Tahun Ajaran Baru dengan merencanakan pembelajaran bersama platform Merdeka Mengajar.

Kurikulum Merdeka diluncurkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sebagai bagian dari upaya pemulihan pembelajaran pasca pandemi. Adanya Kurikulum Merdeka ini, dianggap lebih fleksibel serta lebih berfokus pada materi esensial. Selain Kurikulum Merdeka guru juga memiliki kemerdekaan dalam mengembangkan pembelajarannya sesuai dengan kebutuhan siswa dan kebutuhan lingkungan yang ada.

Tujuan dari Kurikulum Merdeka adalah untuk pengembangan karakter dan kompetensi peserta didik, sebagai upaya pemulihan pembelajaran pasca pandemi yang cenderung hasilnya memprihatinkan bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Pada Kurikulum Merdeka ada 3 hal penting yang perlu diketahui guru saat merencanakan pembelajaran dengan platform Merdeka Mengajar. Ketiga hal penting tersebut di antaranya adalah Capaian Pembelajaran (CP), perumusan Tujuan Pembelajaran (TP), serta mencari referensi Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Baca Juga:  2 Model Pembelajaran Inovatif yang Layak Dicoba

Agar lebih mudah untuk melakukan pembelajaran Kurikulum Merdeka, sebaiknya pahami terlebih dahulu langkah-langkah penyusunannya, seperti berikut ini :

  1. Guru memahami Capaian Pembelajaran (CP).
  2. Guru merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP).
  3. Guru menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).
  4. Guru merencanakan pembelajaran.

Berdasarkan langkah-langkah tersebut, guru terlebih dahulu harus memahami Capaian Pembelajaran (CP). Capaian Pembelajaran merupakan kompetensi dan karakter yang ingin dicapai sesudah menyelesaikan pembelajaran dalam kurun waktu tertentu.

Jika guru telah memahami tentang Capaian Pembelajaran (CP), maka langkah selanjutnya guru dapat merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP).

Adanya Tujuan Pembelajaran ini untuk membantu guru fokus dalam mempersiapkan konten pelajaran dengan jelas dan mengatahui langkah langkah yang akan guru gunakan dalam pembelajaran.

Baca Juga:  Breaking News! Segera Cek Akun Belajar.id, Lakukan Hal Ini Saat Ada Notifikasi Pemutakhiran Data

Setelah merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), maka guru tidak akan cenderung keluar dari topik yang diajarkan. Ketika sudah berhasil merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru bisa menyusun Alur Tujuan Pembelajaran (ATP).

Saat guru sudah menyusun tujuan-tujuan pembelajaran secara logis, maka guru bisa menemukan berbagai contoh dan referensi ATP sesuai mata pelajaran dan fase pada kelas yang diajar.

Dalam hal ini guru dapat  menggunakan atau memodifikasi contoh-contoh pada ATP yang tersedia, dalam plaform merdeka mengajar Guru yang memahami secara mendalam mata pelajaran yang diajarkan dapat menyusun ATP yang akan digunakan.

Halaman selanjutnya

Apabila guru sudah bisa…

Share :

Baca Juga

News

Langkah-Langkah Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif

News

3 Ide Projek Kewirausahaan Kurikulum Merdeka yang Cocok bagi Peserta Didik

News

 BKN Rilis Aturan Resmi, Peluang Bagi Guru yang Ingin Naik Pangkat Tahun 2022

Kenaikan Pangkat

Syarat-Syarat Kenaikan Pangkat PNS

News

Pengumuman Resmi, Tidak Ada Lagi Tenaga Honorer di Tahun 2023

News

Jangan Sampai Salah! Ini Perbedaan PPG Prajabatan dan PPG Dalam Jabatan

News

Catat, Pentingnya Melakukan Evaluasi Pembelajaran

Kenaikan Pangkat

Tips Cara Cepat Naik Pangkat bagi Guru PNS