Home / Pengembangan Diri / Pengembangan Profesi

Selasa, 9 Agustus 2022 - 00:47 WIB

Karakter dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar PAUD

Dibaca 22 kali

Sekilas Mengenal Kurikulum Merdeka
Merdeka Belajar PAUDKurikulum yang sering berganti-ganti sudah tak asing lagi bagi kalangan pendidik kita. Saat ini dunia pendidikan Indonesia sedang mengalami transisi dan guru dituntut dapat cepat beradaptasi dengan kurikulum merdeka belajar paud.

Meski banyak kalangan memprotes namun bagi pemerintah ini hanyalah gejolak awal transisi sehingga mereka tetap menerapkan. Kurikulum ini hadir untuk produksi generasi penerus yang akan menjawab tantangan zaman selanjutnya.

Lantas apakah kurikulum merdeka itu? dari pembelajarannya yang beragam manakah sebenarnya kurikulum merdeka itu?

Kurikulum merdeka hadir dengan titik fokusnya terhadap materi-materi esensial. Tujuannya adalah agar murid miliki banyak waktu untuk mendalami banyak konsep materi dan output akhirnya adalah murid dengan kompetensi yang matang.

Pada praktiknya nanti guru dituntut untuk mampu membuat modul ajar yang menyesuaikan latar belakang sekolah beserta peserta didik didalamnya.

Salah satu sarana mengajar dalam kurikulum ini modul ajar. Modul ajar beguna sebagai alat untuk melaksanakan pembelajaran. Misalnya dalam rangka mencapai profil belajar pancasila.

Dalam implementasi kurikulum merdeka, penjabaran alur pembelajaran tersusun di modul ajar. Untuk menjangkau keberhasilan secara efektif modul disusun dengan menyesuaikan fase perkembangan murid/siswa/pelajar.

Untuk itu tenaga pendidik atau guru saat ini dihimbau untuk peka memahami kondisi, situasi dan karakteristik yang tumbuh di sekolahnya. Supaya perkembangan murid dapat tercapai dengan optimal dan tujuan pembelajaran kurikulum merdeka tercapai maksimal.

Halaman Selanjutnya

Karakteristik Kurikulum Merdeka PAUD

Share :

Baca Juga

Pengembangan Diri

Cara Kreatif Penggunaan PPT sebagai Media Pembelajaran

Advertorial

Rekaman Materi Diklat Gratis 32 JP Desain Bahan Promosi PPDB Menggunakan Canva dan PPT Pertemuan keempat : Membuat Spanduk PPDB

News

Resmi Dibuka! Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Tahap II

Pengembangan Diri

Pembelajaran Diagnostik dan Juga Teknis Pelaksanaan

Pengembangan Diri

Pondasi Dalam Profil Pelajar Pancasila PAUD

Kenaikan Pangkat

Daftar Sekarang! Diklat Gratis 40JP : Artikel Ilmiah Kenaikan Pangkat
kenaikan pangkat

Pengembangan Diri

Langkah Refleksi dan Pendekatan Evaluasi Pembelajaran Pada Kurikulum Merdeka

Pengembangan Diri

Pelaporan Hasil Belajar P5 dan Mekanisme Kenaikan Kelas