Home / News

Selasa, 17 Agustus 2021 - 14:33 WIB

Ide Lomba Online Kreatif untuk Siswa Merayakan 17 Agustus

17 Agustus merupakan hari spesial karena di hari tersebut merupakan hari untuk memperingati hari kemerdekaan bangsa Indonesia. Dalam merayakan hari tersebut, biasanya digelar dengan lomba-lomba yang meriah. Namun di tengah pandemi Covid-19, pagelaran lomba mungkin tidak bisa dilakukan untuk mencegah kerumunan. Sebagai solusinya, bisa menggunakan perlombaan secara online. 

Perlombaan 17 Agustus seringkali digelar oleh berbagai kalangan. Di sekolah-sekolah pun biasanya juga mengadakan perlombaan dengan berbagai jenis perlombaan seperti lomba panjat pinang, makan kerupuk, lomba balap karung, dan lain sebagainya. 

Di masa pandemi seperti ini, perlombaan secara offline di sekolah tidak bisa dilakukan karena adanya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Namun demikian, bukan berarti perlombaan tersebut tidak bisa dilakukan karena perlombaan tersebut bisa dilakukan secara virtual. 

Bagi Anda para guru yang sedang mencari ide kreatif untuk melaksanakan lomba di 17 Agustus untuk para siswa, beberapa ide ini barangkali bisa dicoba. 

Baca Juga:  Memaknai 17 Agustus: Guru Merdeka dalam Mengajar

Lomba Foto Kemerdekaan

Jika Anda sedang kebingungan mencari ide untuk menggelar lomba bagi siswa secara virtual, lomba foto bisa menjadi salah satu pilihan. 

Lomba foto ini bisa disesuaikan dengan tema kemerdekaan atau 17 Agustus. Foto yang paling kreatif tentu saja yang akan menjadi pemenang. 

Perlombaan ini bisa dilakukan secara virtual. Siswa hanya perlu mengirim hasil jepretan dengan kamera ponsel melalui media sosial seperti WhatsApp dan sejenisnya. 

Selain menjadi kegiatan yang menyenangkan, perlombaan seperti ini akan membantu mengasah bakat kreatif siswa.  

Lomba Puisi Agustus-an

Ide lomba Agustus-an lain yang bisa menjadi pilihan adalah lomba puisi. Siswa bisa diminta untuk membuat puisi serta membacakannya di depan kamera. Video hasil rekaman kemudian dapat dikirim kepada guru untuk dinilaikan. 

Lomba ini juga sangat penting untuk mengasah kreativitas siswa, khususnya dalam menulis puisi. 

Jika tidak dalam bentuk puisi, guru bisa melombakan membuat lukisan atau tulisan dengan tema kemerdekaan. Dengan acara seperti ini, tentu akan membuat siswa merasa terhibur dan tertantang untuk memenangkan kompetisi. 

Baca Juga:  Cara Menjadi Guru Asik Dengan Teknologi

Lomba Video Kreatif

Yang terakhir, guru bisa melombakan pembuatan video kreatif. Video tersebut bisa berupa film pendek atau video-video kreatif lainnya. 

Perlombaan seperti ini pastinya akan membuat siswa tertantang untuk menunjukkan bakat dan kemampuan mereka dalam pembuatan video mulai dari proses perekaman, editing, dan seterusnya. 

Nah, demikian tadi adalah beberapa ide yang bisa digunakan untuk menggelar perlombaan secara online bagi siswa. Jika Anda memiliki ide lain terkait perlombaan online yang cocok dilakukan untuk memeriahkan 17 Agustus bisa menuliskan dalam kolom komentar. 

Mengadakan perlombaan untuk memeriahkan hari kemerdekaan bagi siswa secara online ini juga bermanfaat menghilangkan kejenuhan siswa. Karena selama pandemi ini, mereka para siswa telah banyak berkutat dengan pembelajaran online dan lebih banyak berdiam diri di rumah. 

Share :

Baca Juga

install telegram

News

Apakah Itu Aplikasi Telegram dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

News

Download Materi Hari Ke-2 Diklat Gratis 35JP “Menemukan Ide Menulis dan Cara Mendapat Angka Kredit
https://naikpangkat.com/memahami-enjoyfull-learning-dalam-pembelajaran/

News

Tips Kuliah S2: Keuntungan Mengambil Jurusan Linear

News

Begini Syarat Pembayaran Honor Guru dan Tendik Melalui Dana BOS dan BOP Tahun 2022!

News

3 Cara Jitu Membuat Siswa Menyukai Literasi Numerasi

News

Tips Menyusun Artikel Populer agar Berhasil Menambah Angka Kredit untuk Kenaikan Pangkat, Segera Daftar Diklatnya!

News

Aturan Terbaru Gaji dan Tunjangan PPPK

News

Cara Merancang Lembar Kerja Siswa dengan Merumuskan Pertanyaan Tingkat Tinggi