Guru Wajib Tau! Ini Dia Tips Agar Guru Cepat Naik Pangkat

- Editor

Minggu, 2 Oktober 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Salah satu cara meningkatkan ksesejahteraan guru yaitu dengan fokus meraih kenaikan pangkat. Tentu cara agar guru cepat naik pangkat memiliki tantangan tersendiri. Sebenarnya proesi seorang guru tidak jauh berbeda dengan seorang dosen. Hal ini karena terdapat jenjang karir yang dapat diraih oleh guru di Indonesia.

Meraih jabatan yang lebih tinggi dari suatu profesi menjadi penting, terutama jika dapat meningkatkan kesejahteraan dan memberikan manfaat lebih kepada orang lain. Meraih jenjang karir sendiri tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, melainkan juga orang lain di sekitar kita.

Artikel ini akan membahas tips agar guru cepat naik pangkat. Namun sebelumnya, Anda harus tahu beberapa informasi penting berikut ini.

Apa itu jenjang jabatan guru?

Jabatan untuk profesi guru lebih umum disebut dengan jabatan fungsional guru. Lantas apa pengertian dari jabatan fungsional guru? Jabatan fungsional guru merupakan sebuah jabatan fungsional yang ruang lingkup, tanggung jawab, serta wewenangnya berkaitan erat dengan tugas keguruan.

Tugas keguruan sendiri sangat kompleks kaena mencakup tugas mendidik, mengajar, mendidik, mengarahkan, menilai, serta melakukan evaluasi terhadap para peserta didik. Tugas keguruan juga harus mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku untuk PNS.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa hanya guru PNS yang dapat meraih jenajng karir. Lalu bagaimana dengan guru yang non PNS? Biasanya belum ada jenajng karir yang perlu diraih oleh guru tersebut. Guru PNS kemudian diwajibkan melaksanakan tugas yang ada di atas tadi.

Apa saja fasilitas yang diterima oleh guru PNS? Hal ini bisa berbeda-beda. Tergantung dengan kesepakatan antara guru PNS tersebut dengan pihak sekolah. Tidak hanya fasilitas yang dibahas tentunya. Guru PNS nantinya juga akan membahas mengenai besaran gaji yang diterima.

E-guru.id mengadakan pelatihan bersertifikat 32JP dengan judul “Penulisan Buku Untuk Kenaikan Pangkat” Daftar Sekarang di link berikut http://online.e-guru.id/aff/40180/2105/checkout dan dapatkan seminar gratis serta bonus lainnya.

Tips Agar Guru Cepat Naik Pangkat

Salah satu idaman bagi para guru adalah menjadi guru PNS. Menjadi guru PNS nantinya dapat meraih jenjang karir di profesi tersebut. Walaupun guru PNS memperoleh jaminan hari tua dan berbagai fasilitas lainnya, tentu saja hal tersebut belum cukup. Terdapat jenjang pangkat dan golongan di kalangan guru PNS. Pastinya guru cepat naik pangkat adalah impian semua guru PNS.

Salah satu alasan banyak guru yang menginginkan kenaikan pangkat yakni besaran gaji dan tunjangan yang diterima guru PNS didasarkan pada pangkat dan golongan tersebut. Semakin tinggi golongan guru PNS tersebut, maka semakin besar pula gaji pokok yang diterima. Nah, daripada semakin penasaran, berikut adalah tips agar guru cepat naik pangkat.

  1. Paham Dasar Hukum

Tips yang pertana agar guru cepat naik pangkat yakni guru harus mengetahui dan paham dasar hukum. Paham dasar hukum yang dimaksud yaitu mengenai dasar hukum yang mengatur kenaikan pangkat dan jabatan guru PNS. Dengan memahami hal tersebut, guru dapat menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk meraih jenjang karir yang lebih baik.

Peraturan mengenai kenaikan pangkat dan golongan guru PNS telah diatur secara resmi oleh pemerintah Indonesia. Peraturan mengenai hal ini telah tercantum pada RB No, 16 Tahun 2009. Dalam peraturan ini telah dijelaskan secara detail mengenai jabatan fungsional guru, mencakup angka kreditnya. Sementara peraturan yang menjelaskan petunjuk teknis pelaksanaan jabatan fungsional guru termasuk angka kredit tercantum dalam Permendiknas nomor 35 Tahun 2010.

Halaman Selanjutnya

Membuat timeline untuk memenuhi persyaratan yang dibutuhkan

Berita Terkait

3 Contoh Karya Inovatif Alat Peraga SD
Ragam Karya Inovatif untuk Guru di Era Kurikulum Merdeka yang Dapat Anda Coba!
Cara Cepat Menemukan Ide untuk Menulis
10 Tips dan Trik Menulis Artikel Ilmiah
Cara Mudah Menggunakan ClassPoint Sebagai Media Pembelajaran Era Edukasi 4.0
Yuk Daftar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah!
Plagiarisme bukan copy paste, benarkah?
Bimtek Gratis 32JP Kiat Sukses Publikasi Ilmiah
Berita ini 181 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 19 Juni 2023 - 08:11 WIB

3 Contoh Karya Inovatif Alat Peraga SD

Senin, 5 Juni 2023 - 20:16 WIB

Ragam Karya Inovatif untuk Guru di Era Kurikulum Merdeka yang Dapat Anda Coba!

Rabu, 22 Februari 2023 - 11:29 WIB

Cara Cepat Menemukan Ide untuk Menulis

Minggu, 29 Januari 2023 - 14:48 WIB

10 Tips dan Trik Menulis Artikel Ilmiah

Minggu, 29 Januari 2023 - 13:47 WIB

Cara Mudah Menggunakan ClassPoint Sebagai Media Pembelajaran Era Edukasi 4.0

Senin, 19 Desember 2022 - 06:25 WIB

Yuk Daftar Pelatihan Karya Tulis Ilmiah!

Selasa, 13 Desember 2022 - 10:48 WIB

Plagiarisme bukan copy paste, benarkah?

Minggu, 16 Oktober 2022 - 19:59 WIB

Bimtek Gratis 32JP Kiat Sukses Publikasi Ilmiah

Berita Terbaru