Guru Wajib Daftar! Diklat 32JP Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Murid Dalam Merdeka Belajar

- Editor

Senin, 28 Maret 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Sebagai upaya peningkatan kompetensi guru e-guru.id telah membuka pendaftaran diklat bersertifikat 32JP Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Murid Dalam Merdeka Belajar.

Diklat ini merupakan salah satu diklat yang diadakan oleh e-guru.id untuk mendidik dan melatih guru agar dapat melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi untuk memenuhi kebutuhan murid dalam merdeka belajar.

e-guru.id merupakan sebuah website membership yang memberikan beragam fasilitas untuk menunjang peningkatan kompetensi akademisi baik guru, dosen, instruktur, essay writer, maupun pelaku pendidikan lainnya.

Pembelajaran berdiferensiasi merupakan sebuah strategi pembelajaran yang mendukung dan menyesuaikan kebutuhan belajar murid. Dalam pembelajaran berdiferensiasi guru harus memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhan dan karakteristiknya.

Dalam menerapkan strategi pembelajaran berdiferensiasi, maka guru perlu melakukan tindakan yang masuk akal yang akan digunakan pada kegiatan pembelajaran.

Suatu Ciri atau karakteristik pembelajaran berdiferensiasi yaitu antara lain lingkungan belajar yang mendukung motivasi belajar, kurikulum yang memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, adanya penilaian berkelanjutan, guru dapat dengan mudah menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid serta manajemen kelas yang efektif.

Agar dapat menerapkan pembelajaran berdiferensiasi di kelas, maka hal yang harus dilakukan oleh guru antara lain:

1. Melakukan pemetaan kebutuhan belajar berdasarkan tiga aspek yakni kesiapan belajar, minat belajar serta profil belajar murid.

2. Merencanakan pembelajaran berdasarkan hasil pemetaan (memberikan berbagai pilihan baik dari strategi, materi serta cara belajar)

3. Mengevaluasi serta merefleksi pembelajaran yang sudah berlangsung.

4. Melakukan pemetaan kebutuhan belajar dan hasil pemetaan tersebut digunakan sebagai acuan dalam pembuatan rencana pembelajaran. Untuk memetakan kebutuhan belajar murid guru memerlukan data yang akurat baik dari murid, orang tua/wali, maupun dari lingkungannya. Pemetaan data tersebut dapat dilakukan melalui wawancara, angket, survei dan sebagainya.

Strategi pembelajaran berdiferensiasi ada tiga jenis. Ketiga jenis tersebut diantaranya:

1. Direfensiasi konten

Diferensiasi konten merupakan strategi pembelajaran  yang dapat diajarkan kepada murid yang dapat dibedakan sebagai tanggapan terhadap kesiapan, minat, dan profil belajar murid maupun kombinasi dari ketiganya. Untuk menerapkan strategi ini maka guru harus menyediakan bahan dan alat sesuai dengan kebutuhan belajar murid.

2. Diferensiasi proses

Diferensiasi proses merupakan strategi pembelajaran yang mengacu pada bagaimana murid memahami atau memaknai tentang apa yang dipelajari. Diferensiasi proses dapat dilakukan dengan cara menggunakan kegiatan berjenjang, meyediakan pertanyaan pemandu atau sebuah tantangan yang perlu diselesaikan, membuat agenda individual untuk murid, serta mengembangkan kegiatan bervariasi.

3. Diferensiasi produk

Diferensiasi produk merupakan strategi pembelajaran  yang mengacu pada hasil pekerjaan atau unjuk kerja yang ditunjukkan murid kepada guru yang dapat berupa karangan, pidato, rekaman, diagram atau sesuatu yang ada wujudnya. Produk yang dapat diberikan tersebut meliputi 2 hal yakni pemberian tantangan serta keragaman dan pemberian pilihan kepada murid tentang bagaimana mereka dapat mengekspresikan pembelajaran yang diinginkan.

Penerapan pembelajaran berdiferensiasi dapat memberikan manfaat bagi sekolah, kelas, dan terutama kepada murid. Penerapan pembelajaran tersebut akan memberikan manfaat antara lain setiap orang merasa disambut dengan baik, murid dengan berbagai karakteristik merasa dihargai, merasa aman, serta ada harapan bagi pertumbuhan, kesuksean mengajar untuk guru serta keadilan dalam bentuk nyata, guru dan murid berkolaborasi, kebutuhan belajar murid terfasilitasi dan terlayani dengan baik. Sehingga dengan demikian diharapkan pembelajaran berdiferensiasi dapat memberikan manfaat untuk mencapai hasil belajar yang optimal.

Agar dapat melaksanakan pembelajaran berdiferensiasi untuk memehuh kebutuhan murid dalam merdeka belajar ikutilah pelatihan bersertifikat 32JP dengan tema “ Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Murid dalam Merdeka Belajar ” yang diselengarakan oleh e-guru.id dengan cara mendaftar pada link di bawah ini

DAFTAR SEKARANG

Penulis : (EYN)

Berita Terkait

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024
Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG
Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran
Terbaru, Siaran Pers Kemdikbud untuk  Guru TK,SD, SMP, dan SMA/SMK Tertanggal 16 Mei 2024, Simak Selengkapnya!
Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024
Kemdikbud Resmi Mengeluarkan Edaran Yang Dinanti Khusus Guru Non Sertifikasi 
Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang
Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah
Berita ini 10 kali dibaca

Berita Terkait

Senin, 20 Mei 2024 - 10:28 WIB

Bocoran MenPAN RB, 2 Kategori Guru Honorer Otomatis Diangkat PPPK Tahun 2024

Senin, 20 Mei 2024 - 09:21 WIB

Kabar Gembira, Secara Resmi Presiden Tetapkan Guru Sertifikasi Dapat Tambahan 2 Bulan TPG

Senin, 20 Mei 2024 - 06:09 WIB

Guru Penggerak Pati Langsungkan Talkshow Pendidikan Berkelanjutan Serta Pengabdian ke Sekolah Pinggiran

Sabtu, 18 Mei 2024 - 10:22 WIB

Terbaru, Siaran Pers Kemdikbud untuk  Guru TK,SD, SMP, dan SMA/SMK Tertanggal 16 Mei 2024, Simak Selengkapnya!

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:37 WIB

Pengumuman Terbaru Kemendikbud Menanggapi Beredarnya Link Cek Peserta PPG  Daljab 2024

Jumat, 17 Mei 2024 - 23:00 WIB

Ternyata Ini Maksud Sekolah SD di Salatiga Study Tour Naik Pesawat Terbang

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:30 WIB

Study Tour Disebut Jadi Ladang Bisnis Sekolah

Jumat, 17 Mei 2024 - 22:20 WIB

Dinas Pendidikan Jawa Tengah Larang Sekolah Gelar Study Tour

Berita Terbaru