Home / News

Rabu, 30 Juni 2021 - 11:24 WIB

Guru Membuat Film Animasi untuk Pembelajaran? Kenapa Tidak!

Beberapa tahun lalu, sosok yang bisa membuat film animasi mungkin hanya Walt Disney. Namun untuk masa kini, hampir semua orang bisa membuat film animasi sendiri, termasuk para guru. Hasil dari pembuatan film animasi tersebut, jika dilakukan oleh guru, bisa dijadikan sebagai media pembelajaran sehingga proses pembelajaran akan jadi lebih menarik. 

Ya, Walt Disney adalah pelopor dalam industri film animasi. Sudah banyak film animasi yang dihasilkan oleh orang Amerika yang sekarang namanya menjadi nama perusahaan film animasi kelas dunia tersebut. Salah satu film yang dihasilkan di antaranya Mickey Mouse, Cinderalla, dan lain sebagainya. 

Film animasi dalam bentuk kartun tersebut kemudian sangat digandrungi oleh kalangan anak-anak. Saking sukanya, kadang mereka hingga lupa belajar. 

Dunia pendidikan kemudian memiliki tantangan besar menghadapi dunia hiburan, di mana dunia pendidikan  relatif tersingkirkan oleh pesaingnya tersebut. Faktanya, banyak anak yang lebih suka nonton film kartun ketimbang harus membaca buku pelajaran. 

Perkembangan dunia hiburan memang sangat pesat. Penerapan teknologi di dalam dunia hiburan juga sangat bagus. Namun dunia pendidikan dari dulu hingga saat ini terbilang sangat lambat perkembangannya. Banyak guru yang masih suka mengajar dengan cara lama, yakni menyampaikan informasi dengan metode ceramah kepada siswa. Sementara itu, siswa hanya menjadi objek yang mendengarkan saja. 

Baca Juga:  Memahami Filosofi Kurikulum Baru untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

Masalah tersebut membuat dunia pendidikan makin terlindas oleh dunia hiburan. Apalagi ketika pendidikan harus dihadapkan dengan dunia teknologi-hiburan seperti permainan game online dan lain sebagainya. Anak-anak di usia pelajar cenderung lebih suka bermain game berjam-jam daripada harus belajar di sekolah. 

Masalah seperti itu perlu ditemukan jalan keluarnya. Dunia pendidikan tidak boleh terus bertahan menggunakan cara kuno di mana menyampaikan pelajaran dilakukan dengan cara yang membosankan. 

Mengadopsi elemen-elemen yang terdapat pada dunia hiburan dalam sebuah pembelajaran mungkin dapat menjadi solusi agar pendidikan yang bersifat formal tidak semakin ditinggalkan. Salah satu cara yang bisa dilakukan di antaranya adalah mengajar dengan cara-cara yang menarik. Memasukkan karakter-karakter animasi dalam sebuah pembelajaran tampaknya akan membuat siswa lebih termotivasi dalam belajar. Sehingga pada akhirnya dunia pendidikan dan dunia hiburan dapat terintegrasi dengan baik tanpa harus saling bertentangan. 

Baca Juga:  Cara Login dan Mengisi Survei Lingkungan Belajar bagi Guru

Nah, guru di era digital yang hidup di masa kini perlu tahu bagaimana cara penerapan pembelajaran yang menarik tersebut. Jawabannya, guru harus bisa membuat video animasi yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran.

Seperti yang telah dikatakan di awal bahwa saat ini semua orang bisa membuat video animasi secara mandiri, termasuk seorang guru. Pasalnya, sekarang sudah terdapat sejumlah aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat film animasi. Misalnya, aplikasi Plotagon. 

Aplikasi Plotagon tersebut dapat pasang pada sebuah ponsel dan digunakan untuk menyusun sebuah video animasi. Dengan konten yang sudah dimodifikasi oleh guru, video animasi tersebut tentu saja dapat digunakan sebagai media pembelajaran. 

Lalu bagaimana cara membuat video animasi di Plotagon? Ikuti bimbingan teknisnya melalui pelatihan yang diselenggarakan oleh e-Guru.id berikut ini.

Gabung dengan pelatihan di atas dengan kontak nomor berikut ini:

WhatsApp
Telegram

Pelatihan di atas gratis bagi member e-Guru.id. Silkan daftar sebagai member di sini: Daftar Member

Share :

Baca Juga

Advertorial

Jangan Sampai Ketinggalan! Diklat Bersertifikat 32JP Menyusun Dokumen Penilaian Pembelajaran Secara Otomatis dan Praktis

News

Publikasi Ilmiah untuk Kenaikan Pangkat Guru
menjadi pribadi menyenangkan di tempat kerja

News

Syarat Penerima Tunjangan Sertifikasi Guru Tahun 2022

News

11 Sumber Belajar Gratis, Guru Harus Tahu!
pengembangan diri guru

News

Syarat dan Pendaftaran PPG 2022 yang Perlu Anda Ketahui

Advertorial

Telah Dibuka Pendaftaran Diklat Bersertifikat 32JP ” Membuat Soal Online Inovatif Menggunakan Aplikasi i Spring QuizMaker”

News

Mengenal Filosofis Merdeka Belajar yang Wajib Guru Tahu!
https://naikpangkat.com/gratis-diklat-asesmen-kurikulum-merdeka/(buka di tab baru)

News

[Breaking News] Hilangnya Madrasah dari RUU Sisdiknas, Nadiem Makarim Angkat Suara