Home / News

Selasa, 5 Juli 2022 - 12:14 WIB

Gaji Ke-13 PNS dan Pensiunan telah cair dan siap masuk ke rekening ASN

Pada 1 Juli 2022, Pegawai Negeri Sipil (PNS) menerima gaji ke-13. Gaji ketiga belas yang bersumber dari kominfo.go.id ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah atas Kontribusi kerja ASN atau PNS yang bekerja di masa pandemi Covid-19 dan merupakan bentuk pemulihan ekonomi nasional.

Pemberian gaji ketiga belas diatur oleh Pemerintah dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 16 Tahun 2022. Peraturan tersebut mengatur pemberian gaji hari raya dan gaji ketiga belas untuk aparatur negara, pensiunan, pensiunan dan penerima tunjangan pada tahun 2022. Gaji ketiga belas merupakan hak PNS.

Baca Juga:  Seputar Bantuan Pendidikan Program Indonesia Pintar

Pemerintah melalui Menteri Keuangan Sri Muryani Indrawati mengatakan bahwa gaji ketiga belas terdiri dari gaji pokok atau pensiun dan tunjangan terkait seperti tunjangan keluarga dan makan dan tunjangan pekerjaan umum.

Gaji ketiga belas termasuk bonus kinerja bulanan 50% untuk penerima bonus kinerja. Sebenarnya, pembayaran gaji ketiga belas adalah hak ASN atau PNS.

Dilihat dari sejarahnya, sejak 1979, gaji ke-13 telah dibayarkan di bawah arahan Presiden. Dari tahun 1980 hingga 1982, gaji ke-13 dihentikan karena subsidi pemerintah untuk meningkatkan pendidikan.

Baca Juga:  Kurikulum Merdeka Diluncurkan, Nadiem Beber Keunggulannya

Gaji ketiga belas dikembalikan ke petugas pada Juli 1983. Penyebutan gaji ketiga belas adalah pencapaian jumlah minggu dalam setahun. Sebagai negara dengan sistem gaji bulanan, gaji dibayarkan setelah pegawai negeri sipil bekerja selama satu hingga empat minggu.

Jadi ada 48 minggu dalam setahun. Faktanya, satu tahun sebenarnya terdiri dari 52 minggu. Akhirnya, perbedaan empat minggu ditetapkan sebagai bulan ketiga belas PNS.

Halaman Selanjutnya

Anggaran pembayaran gaji ke-13

Share :

Baca Juga

News

Mengenal Aplikasi SIPLAH dan Cara Menggunakannya

News

Penting Diketahui Guru! Inilah Arti Angka Kredit Bagi Seorang Guru Untuk Kenaikan Pangkat

News

Kriteria Sekolah Yang Boleh Menerapkan Kurikulum Prototipe, Berikut Keterangan dari Kemendikbud

News

Mengejutkan! Ini Hasil Asesmen Nasional Yang Diungkap Nadiem Makarim

News

Resmi Dibuka! Pendaftaran dan Seleksi Administrasi PPG Dalam Jabatan Tahun 2022 Tahap II

News

Resmi! Jokowi Cairkan THR PNS dan Gaji ke-13 beserta Tukin 50 persen
pendataan honorer

News

Mengembangkan Modul Projek Kurikulum Merdeka Jenjang SMA dan SMK Sederajat

News

3 Kabar Gembira Dari Menteri Keuangan Untuk Guru PAUD, TK, SD, SMP, SMA, dan Madrasah