Home / News

Selasa, 23 Maret 2021 - 23:20 WIB

Fungsi Excel untuk Mempermudah Guru dalam Pengelolaan Nilai Siswa

Microsoft Excel atau umumnya disebut dengan Excel saja memiliki banyak fungsi untuk mempermudah pekerjaan guru dalam mengelola nilai siswa. Tapi mungkin banyak guru yang belum mengetahui fungsi tersebut atau bahkan tidak bisa cara mengoperasikannya. 

Tugas utama seorang guru adalah mendidik peserta didik secara maksimal. Dan dalam proses pendidikan tersebut sudah pasti terdapat tahap evaluasi untuk mengukur kompetensi siswa terhadap materi pelajaran yang telah disampaikan. 

Mengelola nilai dari evaluasi tersebut bisa membutuhkan waktu yang lama. Apalagi jika siswa yang dievaluasi jumlahnya banyak dan menggunakan cara manual. Misal dalam membuat rata-rata nilai, guru harus lebih dulu menghitung seluruh nilai siswa yang ada menggunakan kalkulator. Setelah itu baru akan ditemukan hasilnya. 

Sebenarnya, hal-hal teknis dalam pengelolaan nilai akan lebih efektif jika menggunakan bantuan software Excel yang ada di komputer. Dengan teknik-teknik tertentu, guru akan lebih mudah dalam mengerjakan pengelolaan nilai siswa. 

Baca Juga:  Perbedaan Evaluasi Pendidikan Dahulu Dan Sekarang Dalam Rapor Pendidikan Indonesia

Nah, apa saja yang bisa dilakukan oleh guru menggunakan Excel dalam pengelolaan nilai? 

Mengelola Nilai Secara Otomatis

Ketika guru bisa menggunakan Excel, maka guru dapat mengelola nilai siswa secara otomatis. Misalnya untuk melakukan penjumlah daftar nilai setiap mata pelajaran, guru tinggal memasukkan nilai-nilai yang ada, dan angka yang dimasukkan akan terhitung secara otomatis. 

Dengan fitur seperti itu, guru tidak akan mengalami kesulitan dalam mengelola nilai siswa. Guru tak perlu lagi menulis satu per satu nilai siswa lalu menjumlahkan dengan kalkulator. Sebab cara tersebut sudah pasti memakan waktu dan melelahkan. 

Menjumlah Nilai, Melakukan Pembagian, Perkalian dan Membuat Persentase

Banyak fungsi lain yang terdapat pada Excel. Dengan rumus-rumus tertentu, aplikasi Excel dapat digunakan untuk penjumlahan nilai hingga menemukan persentase dari daftar angka yang banyak jumlahnya. 

Memang untuk dapat menggunakan Excel membutuhkan waktu belajar dan juga menerapkannya secara langsung. Ketika sudah menguasai ilmu tersebut, mengelola nilai siswa akan jadi lebih mudah. 

Baca Juga:  Macam-Macam Permainan Seru Menggunakan Kertas, Bisa Diterapkan di Kelas

Menentukan Rangking dengan Mudah

Excel juga dapat digunakan untuk menemukan siswa yang mendapat nilai tertinggi berdasarkan nilai-nilai yang telah dimasukkan. Sehingga untuk menyusun peringkat, guru tidak perlu lagi melakukannya secara manual. 

Ketika penentuan ranking dilakukan secara manual, potensi melakukan kesalahan sangat besar. Sebab jika dalam penjumlahan salah, maka penentuan rangkingnya pun akan salah. Sementara itu, penjumlahan yang dapat dilakukan di Excel sudah pasti akurat sehingga pengurutan ranking pun akan sesuai dengan nilai yang ada. 

Membuat Predikat Lebih Tepat

Excel juga bisa digunakan untuk membuat penilaian dalam bentuk predikat dalam huruf seperti A atau B. Dan dengan Excel risiko mengalami kesalahan dalam membuat predikat dapat dihindari. 

Itulah manfaat Microsoft Excel yang dapat dimanfaatkan guru untuk pengelolaan nilai siswa. Apakah Anda tertarik untuk mempelajarinya? 

Share :

Baca Juga

News

Membuat Jurnal Ilmiah untuk Memudahkan Kenaikan Pangkat Guru

News

8 Rekomendasi Situs Jurnal Bereputasi dan Ber-ISBN
https://naikpangkat.com/materi-pertemuan-ketiga-pelatihan-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian-secara-mudah-gratis-32jp--scanning-jawaban-ujian-tatap-muka-dengan-zipgrade/

News

Fitur, Cara Download, dan Cara Menggunakan Classpoint 

News

Download Undangan DIKLAT GRATIS Bersertifikat 35 JP Menulis Artikel Populer Untuk Kenaikan Pangkat

News

Wajib Tahu! Tips Mudah Membuat Website Sekolah

News

Tips Menjadi Guru Produktif agar Cepat Naik Pangkat!
mengembangkan fitrah positif anak

News

Mengenal Model Pembelajaran PAIKEM dan Cara Penerapannya

News

Cara Membuat Chat Form untuk Kuis Online agar Lebih Menarik