Home / News

Rabu, 24 Maret 2021 - 11:15 WIB

Cara Mudah Melakukan Penjumlahan Nilai Siswa

Ketika guru sedang melakukan perekapan nilai salah satu proses yang harus dilakukan adalah penjumlahan. Jika proses penjumlahan tersebut dilakukan secara manual, mungkin akan memakan banyak waktu. Oleh sebab itu, perlu alternatif lain agar pekerjaan tersebut jadi lebih praktis, yaitu menggunakan aplikasi MIcrosoft Excel. 

Semua guru mungkin sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang identik dengan warna hijau tersebut. Hampir di seluruh komputer sudah pasti terpasang Microsoft Office yang di dalamnya terdapat Excel. Sayangnya, banyak guru yang belum mengetahui fungsi aplikasi tersebut. 

Microsoft Excel adalah sebuah perangkat lunak berbasis spreadsheet. Program tersebut banyak sekali manfaatnya terutama dalam kaitannya pengolahan data. 

Orang yang berkecimpung di bidang administrasi, akuntansi, dan lain sebagainya pasti sudah sangat familiar dengan program tersebut. Dan guru pun dapat memanfaatkan program tersebut untuk mengelola nilai siswa. 

Penjumlahan Nilai Siswa

Hal paling dasar ketika guru melakukan perekapan nilai adalah melakukan penjumlahan. Pekerjaan ini bisa menjadi hal yang cukup melelahkan karena harus jeli dan teliti melihat data-data nilai yang akan dijumlahkan. 

Baca Juga:  Tips Membuat PPT Menarik dan Atraktif untuk Presentasi

Jika pekerjaan yang membutuhkan kejelian tersebut dilakukan secara manual, menghitung menggunakan kalkulator misalnya, akan sangat menghabiskan waktu. Belum lagi jika lengah sedikit saja, penjumlahan akan salah dan harus mengulang dari awal.  

Nah, oleh sebab itu, proses penjumlahan nilai perlu dilakukan menggunakan bantuan teknologi yang dapat berjalan otomatis dan praktis. 

Ketika penjumlahan nilai siswa menggunakan aplikasi Excel risiko kesalahan dalam penjumlahan nilai akan sangat minim. Pasalnya, guru tinggal menggunakan rumus-rumus yang memiliki keakuratan pasti. Meskipun jumlahnya banyak, penjumlahan melalui Excel dapat dilakukan dalam hitungan detik saja. 

Teknik Menjumlah di Excel

Setidaknya terdapat dua cara umum dalam melakukan penjumlahan menggunakan Excel yang kemudian dapat diaplikasikan ketika guru sedang mengelola nilai siswa. 

Pertama, cara paling dasar untuk melakukan penjumlahan di Excel adalah menggunakan operator plus (+). Misalnya ingin menjumlah angka yang terdiri dari 10, 39, 48, yang perlu dilakukan adalah menggunakan rumus =10+39+48. Maka akan ditemukan jumlah dari penambahan angka-angka tersebut. Rumus tersebut dapat diterapkan untuk menghitung angka-angka yang ada di dalam cell yang banyak. 

Baca Juga:  Download Materi Hari Ke-4 Diklat Gratis 40JP Perangkat Pembelajaran : Langkah-Langkah Membuat E-Rapor

Kedua, cara penjumlahan di Excel juga bisa menggunakan fungsi SUM. Teknik ini paling sering digunakan karena memang lebih mudah. Rumus yang digunakan adalah menambahkan =SUM (cell yang akan dijumlah). Dengan begitu, maka akan diketahui jumlah nilai penjumlahan tersebut. 

Selain teknik penjumlahan di atas, masih banyak teknik lain yang dapat digunakan dalam penjumlahan di Excel di antaranya menggunakan fungsi SUMIF, SUBTOTAL, SUMPRODI, dan lain sebagainya. 

Untuk dapat menerapkan fungsi-fungsi dalam Excel tersebut memang membutuhkan belajar. Dan ketika guru sudah menguasai teknik penjumlahan menggunakan Excel tersebut, sudah pasti akan lebih mudah dalam mengelola nilai-nilai siswa meskipun jumlahnya tidak sedikit. 

Share :

Baca Juga

News

Download Materi Pertemuan Hari Keempat: Pembelajaran Interaktif untuk Generasi Z yang Menyenangkan

News

Mengenal dan Manfaat Platform ResearchGate bagi Dosen

News

3 Kesalahan Penerapan Kurikulum Merdeka yang Sering Dilakukan Guru

News

Mengabdi 5 Tahun, Honorer Dapat Diangkat Jadi PPPK, Ini Syaratnya!

News

Penting Diketahui Guru! Penerapan P5 Dalam Pelaksanaan Kurikulum Merdeka
mendidik anak menggunakan smartphone

News

Cara Mudah Membuat Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) secara Online

News

Tahapan Penyusunan Silabus

News

Update Terbaru! Daftar Daerah Yang Sudah Mencairkan Tunjangan Profesi Guru Triwulan I Tahun 2022