Free Pelatihan 32JP Belajar Dengan Game Dan Presentasi Interaktif

Gurupintar.web.id Kembali hadir mempersembahkan Free Pelatihan 32jp dengan judul Meningkatkan Keterlibatan Peserta Didik Dengan Game Dan Presentasi Interaktif. Pelatihan ini dapat diikuti secara gratis oleh guru di berbagai daerah di Indonesia secara daring melalui live zoom meeting dan live streaming youtube.

Free Pelatihan 32jp akan dilaksanakan pada tanggal 8,9,10, dan 11 April 2022 menghadirkan dua narasumber special yakni Osman Fredy Oktafrizal, S.Pd. dan ibu Gusti Dewi Monalisa Ramlan, S.Sos. yang akan membahas empat subjudul diantaranya yaitu proprofs, menghadirkan enjoyful learning dengan proprofs, pengenalan fungsi dan manfaat nearpod, membuat akun nearpod.

Peserta yang mendaftar Free Pelatihan 32jp akan mendapatkan fasilitas exclusive untuk menunjang proses belajar yaitu Sertifikat 32 JP, Surat Undangan Pelatihan, Rekap Daftar Hadir, Konsultasi dengan Narasumber, Semua mendapatkan Sertifikat 32 JP.

Peserta Free Pelatihan 32 JP juga berkesempatan mendapatkan 1 tiket/hari untuk dapat ikut kelas premium guru pintar secara gratis.

SYARAT WAJIB PENDAFTARAN FREE PELATIHAN 32JP

  1. Bagikan Info Pelatihan ini ke 3 Grup WA, FB atau Telegram
  2. Gabung di grup diskusi https://t.me/infowebinarpendidikan
  3. Subscribe Channel Youtube andilearning dan Nyalakan Lonceng https://www.youtube.com/c/andilearning
  4. Screenshot semua Syarat dan isi Formulir Pendaftaran dengan sesuai https://bit.ly/pendaftarangamedanpresentasiinteraktif
  5. Setelah mengisi formulir pendaftaran silakan bergabung salah satu Grup WA linktr.ee/grupinfowebinar
  6. Selanjutnya, Peserta membuat Twibbon melalui Link twibbon berikut http://twb.nz/twibbonfree32jp
  7. Share twibbon di Fanspage Gurupintar berikut ini https://www.facebook.com/Gurupintarofficial-105471862038329/

Note. Pastikan bahwa Bp/Ibu semua sudah mengisi formulir pendaftaran, karena sertifikat diambil melalui rekap formulir pendaftaran

Untuk mengikuti informasi lebih lanjut terkait kegiatan gratis bersertifikat silahkan simpan nomor admin 0895331198431 (admin lawu) lalu kirim pesan dengan format NAMA_INFO KEGIATAN.

Pembelajaran Interaktif

Permasalahan dari pembelajaran online yang selalu kita temui adalah kebosanan siswa dan menurunnya karakter siswa karena ketidakmampuan untuk bertemu secara langsung. Guru perlu mengurangi kecemasannya dengan  menciptakan kreativitas melalui pengembangan metode dan media pembelajaran.

Guru  harus dapat menggunakan teknologi untuk mengembangkan strategi pembelajaran, terlepas dari demografi atau karakteristik daerah. Oleh karena itu, kreativitas dan teknologi sangat penting. Optimalisasi pemanfaatan teknologi menjadi salah satu pilihan  kegiatan pembelajaran online.

Seiring dengan perkembangan teknologi, kita para pendidik harus mampu dengan cepat beradaptasi dan menggunakan teknologi untuk mempelajari perkembangan, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Teknologi online memungkinkan kita untuk terus berinteraksi dengan siswa baik satu arah maupun dua arah. Beragam aplikasi bisa Anda gunakan seperti Google Classroom, Edmodo, WhatsApp, Email, Video Call, Video Conference, Zoom, Rumah Belajar Kemdikbud, YouTube, Candy CBT, Moodle LMS dan lainnya.

Baca Juga:  Computational Thinking dalam Pembelajaran di Era Merdeka Belajar

Dalam penyampaian materi pembelajaran, guru harus kreatif sehingga siswa tidak  jenuh untuk belajar di rumah. Penggunaan media pembelajaran interaktif harus disesuaikan dengan kondisi siswa yang bervariasi agar siswa tetap dapat memiliki semangat belajar. Menyisipkan permainan di tengah-tengah pembelajaran, mungkin bisa menjad solusi untuk membuat suasana belajar  menyenangkan.

Media Pembelajaran Interaktif

Media interaktif adalah metode komunikasi di mana output dari media berasal dari masukan dari pengguna. Media interaktif umumnya mengarah pada produk dan layanan digital pada sistem berbasis komputer yang merespon tindakan pengguna dengan menyajikan konten seperti teks, film, animasi, video, audio, dan permainan video.

Generasi Z sudah tidak asing lagi dengan gadget dan game. Anak-anak pada umumnya menyukai game, sehingga penggunaan pembelajaran berbasis game merupakan cara yang baik untuk memasuki generasi digital saat ini.

Pembelajaran berbasis game adalah metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi permainan atau game yang  dirancang khusus untuk mendukung proses pembelajaran.

Pembelajaran berbasis game dapat merangsang tiga bagian utama pembelajaran yaitu emosional, intelektual, dan psikomotorik. Jika Anda tidak memiliki latar belakang dalam pengembangan game, atau  atau jika Anda tidak paham teknologi namun Anda ingin menerapkan pembelajaran berbasis game, jangan takut.

Ada banyak game edukasi yang bisa Anda temukan di smartphone Anda, banyak di antaranya adalah aplikasi berbasis web. Anda tinggal memilih game yang sesuai dengan materi yang Anda berikan.

Kita Juga tidak perlu khawatir siswa akan kebingungan dalam menggunakan aplikasi game pembelajaran tersebut. Karena setiap game biasanya menyertakan panduan yang terdapat di web atau aplikasi. Bahkan sekarang anda juga bisa melihat review penggunaan aplikasi tersebut melalui youtube.

Contoh Media Interaktif Untuk Pembelajaran

Quizizz

Dalam menggunakan game quzizz tentunya sudah tidak asing lagi bagi siswa dan guru di era sekarang. Banyak pelatihan dan tutorial yang menjelaskan mengenai aplikasi quizziz ini.

Bahkan sebelum pandemi, game ini sering dijadikan sebagai salah satu bentuk evaluasi di dalam kelas, dan sering digunakan untuk ice breaking agar suasana belajar di dalam kelas menjadi lebih menyenangkan.

Quizizz adalah alat web  untuk membuat  kuis interaktif yang sangat mudah digunakan. Kuis interaktif ini dapat disetting jumlah opsi yang ingin ditampilkan, termasuk jawaban mana yang benar. Anda juga dapat menyisipkan gambar ke dalam kuis yang dibuat.

Baca Juga:  Karakter dan Struktur Kurikulum Merdeka Belajar PAUD

Anda dapat menyimak video Pengenalan Quizziz dan Pembuatan Akun melalui link berikut Klik Materi

Kahoot

Kahoot adalah  platform pembelajaran berbasis game. Kahoot memungkinkan Anda untuk membuat kuis pilihan ganda dan mengaksesnya dari aplikasi Kahoot di web atau smartphone Android.

Kahoot adalah game berbasis platform pembelajaran gratis sebagai teknologi pendidikan. Kahoot adalah situs web di internet yang dapat menghadirkan suasana kuis yang semarak dan mengasyikkan di kelas Anda.

Permainan Kahoot membuat belajar menjadi sangat menyenangkan sehingga siswa tidak akan bosan mengikuti pembelajaran yang sulit untuk dipahami. Namun, untuk menggunakan aplikasi ini anda membutuhkan koneksi internet untuk memainkan Kahoot.

Hal ini dikarenakan kuis dan soal yang  dibuat dengan kahoot hanya bisa dimainkan secara online. Tapi disamping itu terdapat juga beberapa kelebihan yang sangat menarik. Kuis ini dapat dijalankan tidak hanya  melalui PC, tetapi juga bisa menggunakan smartphone asalkan terkoneksi dengan internet. Kahoot sendiri dibagi menjadi dua bagian, satu untuk peserta dan satu untuk administrator.

Educandy

Educandy adalah aplikasi game edukasi  berbasis web. Game ini membantu mengurangi kebosanan siswa selama kegiatan belajar dari rumah. Belajar akan menjadi berbeda dan menarik dengan Educandy.

Educandy adalah aplikasi berbasis web yang memiliki slogan `making learning sweeter` (membuat belajar lebih manis). Educandy dapat digunakan untuk membuat permainan daring yang menyenangkan.

Permainan biasanya disukai dan sering dimainkan oleh peserta didik ketika merasa bosan, jenuh atau stres. Adanya permainan edukatif menjadikan pembelajaran  lebih beragam dan menyenangkan.

Wordwall

Wordwall merupakan Aplikasi berbasis web yang dapat digunakan untuk membuat media pembelajaran seperti kuis, matchmaking, pairing, anagram, pengacakan kata, pencarian kata, dan pengelompokan.

Menariknya, pengguna tidak hanya dapat mengakses media yang dibuat secara online, tetapi juga dapat mengunduh dan mencetaknya di atas kertas. Aplikasi ini menyediakan 18 template yang dapat Anda dapat akses secara gratis, dan pengguna dapat dengan mudah mengubah template aktivitas dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya. Guru juga dapat menjadikan konten mereka sebagai tugas.

Anda dapat menyimak video Game Edukasi Tingkatkan Minat Belajar Siswa melalui link berikut Klik Materi

e-Guru.id menyediakan program membership dengan satu kali membayar gratis pelatihan bersertifikat 32 JP setiap bulannya. Mari bergabung dengan 9000++ di seluruh wilayah Indonesia. Tunggu apalagi DAFTAR SEKARANG

Ingin pelatihan bersertifikat 32 JP? KLIK LINK INI

Ingin dibantu mendaftar member e-Guri.id ? Hubungi wa.me/6285869433931 (Admin Ayu)

(law/law)

Share :

Baca Juga

Projek Profil Pelajar Pancasila

Pengembangan Diri

Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Pembelajaran

Advertorial

Diklat Bersertifikat 32JP Pembelajaran Aktif dan Kreatif 6 Literasi Dasar

Pelatihan Guru

Apakah Anda Sudah Mampu Mengoptimalkan WhatsApp untuk Pembelajaran Jarak Jauh?

Pengembangan Diri

Pembuatan Presentasi Interaktif sebagai Pembelajaran Kreatif

Pengembangan Diri

Daftar Sekarang! Pelatihan Khusus 90jp : Penggunaan Moodle
desain konten islami untuk medsos

Karya Inovatif

Inilah Cara Desain Gambar Islami untuk Medsos yang Lebih Praktis

Advertorial

Segera Daftar! Diklat Gratis Bersertifikat 40JP Peran Guru dalam Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar

Pengembangan Diri

Penerapan Soft skill untuk Meningkatkan Kompetensi Guru