Home / News

Jumat, 31 Desember 2021 - 20:36 WIB

Fakta tentang Peran Pendidikan bagi Manusia

Peran Pendidikan  dalam kehidupan manusia memang sangat penting. Dunia pendidikan memiliki segudang pengetahuan yang tidak ada batasnya, bahkan dari usia dini hingga lansia pasti akan diajarkan untuk selalu belajar di manapun berada. Sebenarnya dari hal tersebut dapat memberikan kesimpulan kalau memang pendidikan adalah kunci atau dasar dalam kehidupan.

Dari pentingnya pendidikan memang secara otomatis dapat melihat setiap kemajuan yang terjadi. Hal ini juga karena persaingan yang dilakukan demi mendapatkan keunggulan dalam dunia pendidikan yang sesungguhnya. Pendidikan tidak hanya selalu mengajarkan untuk belajar, akan tetapi sebenarnya banyak banyak hal yang dapat kita ketahui.

Seperti contoh manusia yang dapat terbang ke bulan menggunakan roket. Memang terlihat sederhana ketika Anda membacanya, akan tetapi bila merenungkan dengan seksama, pasti akan muncul pertanyaan “bagaimana bisa?” Semua itu tentunya kembali lagi ke dalam peran pendidikan bagi kehidupan manusia sekarang.

Banyak sekali fakta menarik di balik peran pendidikan yang sesungguhnya. Maka dari itulah tidak heran kalau bidang pendidikan merupakan salah satu perhatian pemerintah yang selalu dikembangkan dan ditingkatkan. 

Baca Juga:  Mengajar di Tengah Pandemi yang Menyentuh Hati

Pengetahuan dalam dunia pendidikan pada dasarnya memiliki ruang yang sangat luas, semua dapat Anda pelajari asalkan memiliki kemauan dan niat sebagai dasarnya.

Adapun tujuan lain dari pendidikan juga tidak hanya berfokus kepada belajar, akan tetapi memiliki tujuan untuk memberikan gambaran masa depan yang harus dicapai sesuai dengan cita-cita. Cita-cita bukanlah angan belaka, akan tetapi hal tersebut adalah tujuan Anda belajar sekarang ini itu. 

Dan berikut merupakan di antara peran pendidikan yang harus Anda ketahui.

Belajar untuk Bertanggung Jawab

Hal ini tentunya memiliki maksud yaitu belajar bertanggung jawab dalam masa depan yang sudah direncanakan. Manusia pada umumnya memang memiliki rencana masing-masing, akan tetapi terkadang ada juga yang tidak sesuai dengan yang diinginkan karena beberapa faktor seperti usaha yang kurang maksimal, malas, mudah putus asa/menyerah.

Padahal kalau Anda mampu memahami peran pendidikan dalam kehidupan, secara otomatis akan memberikan pengertian untuk berusaha bertanggung jawab dalam segala hal. Tidak hanya dunia pendidikan, akan tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca Juga:  Catat ! Tanggal 25 Februari 2022 Jangan Sampai Terlewat Untuk Guru Yang Belum Sertifikasi

Unggul dalam IPTEK dan IMTAQ

Sebenarnya pendidikan juga memiliki tujuan untuk mengajarkan unggul dalam IMTAQ atau berhubungan dengan Tuhan setiap pribadi manusia. Kemajuan dunia yang semakin modern juga tidak lepas dari adanya pendidikan yang mengajarkan setiap pelajar untuk mampu menguasai IPTEK sehingga dapat memiliki pola pikir yang maju dan tidak gaptek.

Keduanya dapat dibilang saling berhubungan karena pada dasarnya peran pendidikan juga difokuskan untuk menguasai teknologi karena kecanggihan dunia sekaligus tidak lupa selalu mendekatkan diri kepada Tuhan. Pendidikan memang hal yang sangat penting, maka dari itulah terus belajar adalah kunci utama bila Anda ingin mendapatkan semua yang diinginkan.

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link INI atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Share :

Baca Juga

News

Program Guru Penggerak Angkatan 5 Segera Dibuka, Cek Tanggal dan Kriterianya
https://naikpangkat.com/rapor-kurikulum-merdeka-di-satuan-pendidikan/

News

Rapor Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan
https://naikpangkat.com/cara-membuat-soal-drag-and-drop-penilaian-interaktif-dan-koreksi-jawaban-ujian/(buka di tab baru)

News

Pengertian, Ragam serta Elemen Penting dalam Penilaian Pembelajaran

News

Kebijakan Merdeka Belajar Untuk Mendukung PTM Terbatas
https://naikpangkat.com/tutorial-membuat-nearpod-mudah-bagi-pemula/

News

Cara Cek Data Dapodik Siswa
panduan bisnis untuk guru

News

6 Prinsip Pengembangan RPP Kurikulum Prototipe
https://naikpangkat.com/begini-teknik-mudah-mengembangkan-potensi-diri/

News

Syarat Menjadi Dosen dan Hal yang Perlu Disiapkan
akm

News

Apa Itu Asesmen Nasional, AKM, Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar?