Home / Karya Inovatif / News

Selasa, 19 Oktober 2021 - 14:35 WIB

Etika Bermedia Sosial bagi Seorang Guru yang Wajib Diperhatikan

Hampir semua orang di zaman sekarang selalu aktif di sosial media baik itu di Facebook, Instagram, Whatsapp dan yang lainnya. 90% dari mereka pasti aktif dan tidak asing lagi baik itu guru, dosen, siswa, mahasiswa dan yang lainnya.

Tetapi dalam bersosial media ini bukan masalah lamanya tetapi bagaimana menjaga etika ketika menggunakannya. Banyak orang yang kurang paham akan hal ini sehingga mencurahkna semua kegundahan hatinya di media tersebut.

Hal seperti ini harus dihindari oleh seorang tenaga pendidik karena akan berefek pada reputasi guru itu sendiri. Ada beberapa etika yang harus semestinya dilakukan oleh tenaga pendidik dalam bermedia sosial, dan di antaranya adalah :

Menggunakan Kata-Kata Santun

Dalam bersosial media, pendidik harus mampu memberikan teladan yang baik dan ini ditunjukkan dengan dengan kata-kata yang baik. Selalu gunakan kata-kata yang santun, sopan dan penuh tata krama agar tidak menimbulkan ketegangan.

Mungkin masih banyak di antara pendidik yang mengabaikan hal ini sehingga setiap apa yang ditulis di media soaial selalu menimbulkan provokasi. Akibatnya, apa yang pendidik ajarkan di sekolah tidak akan didengar oleh anak didik karena dianggap kurang tepat dalam bersosial media.

Baca Juga:  Teknik Dasar Penulisan Artikel Ilmiah Populer Untuk Kenaikan Pangkat

Share Video dan Gambar yang Baik

Dalam bersosial media sering terlihat beberapa orang yang suka share video atau gambar yang tidak mendidik baik di beranda atau di group. Hal seperti ini harus dihindari oleh pendidik karena berpotensi akan ditiru oleh para anak didiknya.

Sebaiknya, pilihlah video atau gambar yang mendidik dan juga mampu memberikan manfaat yang besar bagi orang banyak. Misalnya tutorial berhitung cepat, cara membuat template dari Powerpoint atau tutorial yang lainnya.

Gunakan Template

Sebagai seorang pendidik tentunya dalam bersosial media harus dibuat berbeda agar meninggalkan kesan yang juga berbeda. Bentuk pembeda tersebut bisa dilakukan dengan membungkus statusnya dengan menggunakan template pilihan di bawah ini yang beberapa di antaranya bisa diunduh secara gratis. 

Dengan adanya template tersebut tentu akan membuat status Anda akan terlihat lebih bagus dan juga memiliki daya tarik tersendiri. Sehingga apa yang Anda bagikan bisa saja jadi perhatian di media sosial dan memiliki dampak yang baik. 

Baca Juga:  Guru Jadi Konten Kreator Youtube, Kenapa Tidak?

Tetapi dalam membuat desain gambar yang akan digunakan dalam postingan di media sosial dibutuhkan skill khusus dan juga perlu belajar dari awal bagaimana membuat postingan yang bagus. Hal semacam ini butuh waktu yang tidak singkat dan juga daya imaginasi yang tinggi agar pilihan gambar dan desainnya bagus.

Namun jika Anda tidak ada waktu untuk hal ini maka semuanya bisa Anda miliki dengan membeli “Template Social Media Islami”. Ada sekitar 140 template yang bisa Anda gunakan dan semuanya sudah tinggal edit kemudian bisa langsung dibagikan di sosial media.

Untuk harganya ada yang 25 ribu dan mendapatkan 25 template serta ada juga yang 140 template dengan harga 97 ribu. Semua harga di atas termasuk harga promo dan sewaktu-waktu bisa berubah dan untuk membelinya silakan klik pada link berikut atau pada poster.  

Download Template Media Sosial untuk Para Guru

Share :

Baca Juga

computer thingking dalam pempelajaran

News

Kemendikbud Rilis Dapodik Versi 2022 c
cara mudah mengelola nilai siswa

News

Keuntungan dan Cara Membuat Blog untuk Pembelajaran

News

Cara Jitu Meningkatkan Produktivitas Tenaga Kerja

News

Download Materi Diklat Gratis 40 JP Hari Keempat: Guru Belajar Menulis Refleksi Pembelajaran

Karya Inovatif

2 Cara Membuat Ujian Digital yang Interaktif

News

Strategi Persiapan Sekolah Menuju Penerapan Kurikulum 2022

News

Tampilan Chat pada Google Form Membuat Kuis Online Kian Menarik untuk Siswa

News

Strategi Mengembangkan Modul Projek Kurikulum Merdeka