Download Sertifikat dan Fasilitas Diklat Gratis 40 JP “Peran Guru dalam Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar dengan Memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar”

- Editor

Jumat, 3 Juni 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Kurikulum Merdeka – Diklat gratis bersertifikat 40 JP yang berjudul “Peran Guru dalam Upaya Mewujudkan Merdeka Belajar dengan Memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar” telah selesai dilaksanakan.

Bagi Anda yang telah mengikuti kegiatan tersebut, saatnya Anda mengunduh fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh tim e-Guru.id selaku penyelenggara.

Sebagaimana yang kita ketahui, diklat tersebut membahas berbagai topik dalam empat pertemuan, diantaranya adalah pemanfaatan platform merdeka mengajar, perwujudan merdeka belajar di Kurikulum Merdeka, rapor projek penguatan profil Pancasila, dan penyusunan administrasi guru di satuan pendidikan.

Ulasan Materi Diklat

Adapun beberapa ulasan dari diklat 40 JP ini dimaksudkan agar peserta diklat kembali mengingat hal-hal yang telah disampaikan. Berikut ulasannya.

1. Memaksimalkan Platform Merdeka Mengajar

Platform Merdeka Mengajar merupakan langkah lanjutan dari upaya transformasi pendidikan berbasis digital di Indonesia, serta disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dalam mengajar, belajar, dan berkarya.

Untuk memaksimalkan Platform Merdeka Mengajar, perlu diketahui terlebih dahulu bahwa Platform ini terdiri dari 4 (empat) fitur dengan tujuan dan manfaat penggunaannya sebagai berikut:

  • Perangkat Ajar

Perangkat Ajar adalah kumpulan bahan ajar, modul ajar, modul proyek, atau buku teks. Melalui produk Perangkat Ajar, Guru dapat dengan mudah menemukan inspirasi materi pembelajaran sesuai dengan domain dan fase dimana Guru mengajar.

  • Laman Kelas dan Asesmen Murid

Asesmen Murid berisi kumpulan paket soal yang telah dipetakan berdasarkan fase dan mata pelajaran tertentu. Laman Kelas berisi daftar murid berdasarkan kelompok kelas tertentu sebagai target distribusi asesmen murid.

Melalui produk Asesmen Murid, Guru dapat mengetahui level kompetensi masing-masing murid dan level kompetensi kelas secara keseluruhan. Dengan demikian diharapkan tercapai pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik murid.

  • Pelatihan Mandiri dan Video Inspirasi

Pelatihan Mandiri merupakan bagian dari platform Merdeka Mengajar, yang memuat berbagai materi pembelajaran untuk digunakan secara mandiri dalam upaya meningkatkan kompetensi Guru sebagai pendidik.

Materi pembelajaran dibuat secara singkat dan sesuai kebutuhan, untuk mempermudah guru melakukan pelatihan mandiri di manapun dan kapanpun.

  • Bukti Karya Saya

Bukti Karya Saya merupakan wadah dokumentasi karya bagi Guru. Karya menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah.

2. Kurikulum Merdeka Menyongsong Digitalisasi Pembelajaran

Kemdikbud secara resmi telah meluncurkan suatu platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk guru dalam mewujudkan Pelajar Pancasila di Kurikulum Merdeka ini. Platform ini disebut Merdeka Mengajar.

Platform Merdeka Mengajar menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Tidak tanggung-tanggung, Kemendikbud juga menyediakan website lain yang bernama Belajar.id.

Website e-Belajar.id merupakan platform digital untuk administrasi pelaksanaan sekolah meliputi kegiatan belajar mengajar, absensi, raport, evaluasi, rekap penilaian, penerimaan peserta didik baru, hingga pembayaran secara digital. Sehingga dapat menunjang sekolah menuju sekolah yang profesional, efektif dan akuntabel.

Hal-hal demikian menjadi cerminan bahwa pentingnya website atau plaform pendidikan itu dibuat. Karena memang teknologi akan terus berkembang, sehingga diperlukan persiapan dalam mengimbangi perkembangan tersebut.

3. Prinsip-prinsip Kunci Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan ruang bagi semua anggota komunitas satuan pendidikan untuk dapat mempraktikkan dan mengamalkan Profil Pelajar Pancasila.

  1. Holistik. Holistik bermakna memandang sesuatu secara utuh dan menyeluruh, tidak parsial atau terpisah-pisah.
  2. Kontekstual. Prinsip kontekstual berkaitan dengan upaya mendasarkan kegiatan pembelajaran pada pengalaman nyata yang dihadapi dalam keseharian. Prinsip ini mendorong pendidik dan peserta didik untuk dapat menjadikan lingkungan sekitar dan realitas kehidupan sehari-hari sebagai bahan utama pembelajaran.
  3. Berpusat pada peserta didik. Prinsip berpusat pada peserta didik berkaitan dengan skema pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk menjadi subjek pembelajaran yang aktif mengelola proses belajarnya secara mandiri.
  4. Eksploratif. Prinsip eksploratif berkaitan dengan semangat untuk membuka ruang yang lebar bagi proses inkuiri dan pengembangan diri.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tidak berada dalam struktur intrakurikuler yang terkait dengan berbagai skema formal pengaturan mata pelajaran. Adapun cara pengelolaan projek adalah dengan:

  • mengawali kegiatan projek;
  • megoptimalkan pelaksanaan projek; dan
  • menutup rangkaian projek

4. Administrasi Guru di Kurikulum Merdeka

Administrasi guru kelas pada hakekatnya merupakan kelengkapan yang akan menunjang keberhasilan dalam proses belajar, sehingga akan mempermudah guru kelas dalam melihat datadata perkembangan proses pembelajaran di kelas.

Selin itu, administrasi guru juga memuat perencanaan rinci mengenai apa-apa saja hal yang dilakukan oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran.

Oleh karena itu, administrasi pembelajaran sejatinya menunjang kesuksesan pencapaian tujuan belajar yang targetkan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa administrasi guru yang baik menentukan mutu pembelajaran.

Kurikulum 2013 tidak memberikan fleksibilitas kepada guru untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi. Hal ini dikarenakan kurikulum mewajibkan guru untuk menyusun administrasi kelengkapan mengajar yang sangat kompleks.

Oleh karenanya, penyederhanaan kurikulum diharapkan memberikan fleksibilitas kepada sekolah untuk dapat mengembangkan silabus dari kerangka kurikulum yang telah ditetapkan.

Kurikulum hendaknya juga dapat mengakomodasi kompetensi lulusan pada pendidikan khusus untuk setiap jenjangnya.

Dalam konteks Kurikulum Merdeka, sebagai seorang guru atau calon guru, tentunya harus memiliki pengetahuan dan keterampilan untuk menyiapkan sejumlah kelengkapan kegiatan administrasi pembelajaran.

Administrasi pembelajaran yang umum diperaktikkan di kelas pada kurikulum merdeka adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) atau Modul Ajar, Modul Projek, Bahan Ajar, dan Capaian Pembelajaran. (mfs)

Download Fasilitas Diklat 40 JP

Download Sertifikat Diklat 40 JP

Tutorial Download Sertifikat

Segera daftarkan diri Anda dalam Diklat bersertifkat 64 JP “Penyusunan Raport Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila” yang akan dilaksanakan mulai tanggal 8-13 Juni 2022, pukul 13.30 WIB melalui Zoom Meeting dan Live Streaming YouTube. Ayo daftar sekarang juga sebelum kuota penuh!

Klik di sini untuk Mendaftar Diklat

Berita Terkait

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024
Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024
Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data
Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024
CATAT! Hal Mendesak, Lakukan Hal Ini Agar Tidak Gagal Ikut PPG Daljab 2024
Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru
Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024
Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025
Berita ini 592 kali dibaca

Berita Terkait

Sabtu, 15 Juni 2024 - 11:09 WIB

Ini Langkah Selanjutnya Setelah Menyelesaikan Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024

Sabtu, 15 Juni 2024 - 10:00 WIB

Kabar Gembira dari Bu Nunuk: Tidak Ada Prioritas PPPK 2024, Semua Guru Honorer Bisa Daftar PPPK 2024

Kamis, 13 Juni 2024 - 18:09 WIB

Cara Menambahkan Riwayat Pendidikan Formal Secara Mandiri di PTK Datadik untuk Pemutakhiran Data

Kamis, 13 Juni 2024 - 11:21 WIB

Pengumuman dari Kemendikbud, Guru dan Kepala Sekolah Sertifikasi dan Non Sertifikasi Wajib Bersiap Tanggal 14 Juni 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 10:35 WIB

Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025 untuk TK Sesuai Peraturan Kemendikbud Terbaru

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:58 WIB

Perlu Waspada! Guru Passing Grade P1 Berpotensi Tergeser oleh Guru Sekolah Negeri di Seleksi PPPK 2024

Rabu, 12 Juni 2024 - 09:30 WIB

Kemendikbud Umumkan Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru 2024/2025

Selasa, 11 Juni 2024 - 11:26 WIB

Cara Pemutakhiran Data Calon Peserta PPG Daljab 2024, Lengkap!

Berita Terbaru