Download Materi DIklat 40 JP Pertemuan Hari Pertama: Optimasi Media Podcast, Radio dan TV Edukasi Pada Pembelajaran

- Editor

Rabu, 20 April 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

Optimasi Media Pembelajaran – Diklat gratis 40 JP pertemuan hari pertama telah dilaksanakan melalui Zoom Meeting dan siaran langsung YouTube. Pertemuan yang dilaksanakan pada pukul 13.30 WIB ini membahas terkait dengan bagaimana cara optimasi media pembelajaran sebagai pendukung pembelajaran.

Sebagaimana yang diketahui bahwa proses belajar mengajar akan berjalan efektif dan efisien bila didukung dengan tersedianya media yang menunjang.

Tentunya penyediaan media serta metodologi pendidikan yang dinamis, kondusif serta dialogis sangat diperlukan bagi pengembangan potensi peserta didik, secara optimal.

Hal ini disebabkan karena potensi peserta didik akan lebih terangsang bila dibantu dengan sejumlah media atau sarana dan prasarana yang mendukung proses interaksi yang sedang dilaksanakan.

Media dalam perspektif pendidikan merupakan instrumen yang sangat strategis dalam ikut menentukan keberhasilan proses belajar mengajar. Sebab keberadaannya secara langsung dapat memberikan dinamika tersendiri terhadap peserta didik.

Media Podcast

Podcast berasal dari kata iPod+Broadcast. Podcast mengandung makna casting dalam rekaman iPod yang merupakan alat pemutar MP3 dari Apple Computer.

Alat pemutar MP3 tidak terbatas pada iPod saja, akan tetapi dapat diputar oleh semua perangkat audio digital, desktop atau laptop merek apa saja. Podcast pada umumnya berisi beberapa seri program audio atau video seperti episode film bersambung.

Media ini dapat digunakan sebagai media belajar dan pembelajaran yang variatif, perangkat pemutarnya (player) sederhana dan mudah ditemukan dan dapat didengarkan di mana saja kapan saja bahkan bagi yang terbiasa multitasking, dapat mendengarkan sambal melakukan aktifitas atau pekerjaan rumah lainnya.

Podcast bisa dibuat dalam format monolog maupun dialog. Monolog artinya guru bisa merekam saat proses mengajar atau sengaja merekam narasi yang berisi materi pelajaran.

Sementara dialog diartikan guru bisa kolaborasi dengan sesama guru atau bahkan dengan siswanya membahas tentang materi atau topik pelajaran yang telah ditentukan.

Podcast berisi rekaman audio. Namun seiring berkembangnya zaman, podcast tidak hanya bisa didengarkan, tetapi dipadukan antara media audio dan video (audio visual) sehingga audiens bisa menyaksikan isi dari podcast. Sehingga hal ini dapat digunakan sebagai salah satu langkah optimasi media pembelajaran.

Salah satu aplikasi untuk membuat podcast adalah Anchor. Anchor merupakan aplikasi yang bisa dipakai untuk membuat podcast dengan mudah. Memiliki kapasitas hosting yang unlimited.

Pengguna bebas memproduksi konten podcast sepuasnya. Durasi waktunya pun tidak dibatasi. Mau 5 menit hingga 60 menit lebih pun bisa. Adanya fitur distribusi dari Anchor semakin membantu konten pengguna bisa didistribusikan ke platform podcast lainnya.

Dampak podcast pada pendidikan adalah sebagai berikut:

  • Podcast menyediakan sumber daya pendidikan yang inovatif bagi guru untuk merancang kegiatan kelas.
  • Podcast membantu siswa belajar di dalam dan di luar kelas.
  • Media Podcast dapat meningkatkan kesiapan dan persiapan (readlines and preparation) calon  guru.

Adapun upaya podcasting yang dapat dipersiapkan para pendidik, antara lain adalah sebagai berikut.

  1. Podcast yang dibuat oleh pendidik memiliki durasi yang tetap pendek, lively & entertaining dan menahan diri dari podcast kuliah panjang.
  2. Podcast sebaiknya tidak dianggap sebagai pengganti kelas, melainkan sebagai pelengkap. Misalnya podcast pra-kelas (pre-class podcasts) dapat digunakan untuk mendorong siswa sehingga mereka datang ke kelas bersemangat dengan materi.
  3. Pendidik sebaiknya tidak menggandakan atau menduplikasi konten yang sudah tersedia di tempat lain seperti catatan kuliah dan buku teks atau yang akan dibahas selama di kelas. Jika ingin melakukan ini, cukup simpulkan poin-poin penting dan berikan wawasan tambahan.
  4. Pendidik perlu mempersiapkan dan memikirkan cara-cara menggunakan teknologi untuk memberdayakan siswa agar juga menghasilkan ide dan konten mereka sendiri.

Podcast yang berfungsi sebagai pelengkap dalam pembelajaran, membuat kelas lebih efektif. Karena siswa datang ke kelas dengan beberapa latar belakang pengetahuan tentang topik dan karenanya lebih siap terlibat dalam diskusi dan pembelajaran kolaboratif.

Media Radio

Radio adalah alat komunikasi yang mengirim dan menerima pesan suara menggunakan gelombang suara melalui udara. Dalam hal ini, radio tergolong ke dalam jenis media audio.

Sebagai suatu media, radio berfungsi untuk menyiarkankan berita yang aktual, beberapa kejadian di sekitar jangkauan, peristiwa baru dan penting, berbagai masalah kehidupan dan sebagainya.

Kemdikbud menyediakan layanan radio edukasi yang bernama Radio Suara Edukasi. Untuk mengakses Radio ini bisa melalui laman https://suaraedukasi.kemdikbud.go.id.

Radio Suara Edukasi merupakan salah satu radio pendidikan dari layanan Kemendikbudristek yang dikelola oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi berisikan siaran-siaran pendidikan dan konten-konten audio pembelajaran.

Sebagai media edukasi, Radio Suara Edukasi juga telah bekerjasama dengan layanan podcast seperti spotify. Beberapa program dari Radio Suara Edukasi adalah:

  • Live interaktif, meluputi: Sapa Edu, Info Edu, Kita Perlu Tahu, dan Eksakta
  • Taping meliputi: Pendidikan, Informasi, Hiburan, dan Budaya

Media TV Edukasi

TV Edukasi merupakan salah satu kanal televisi pendidikan dari layanan Kemendikbudristek yang dikelola oleh Pusat Data dan Teknologi Informasi berisikan siaran-siaran pendidikan dan konten-konten video pembelajaran (Video on Demand).

Adapun TV Edukasi ini didirikan dengan misi mencerdaskan masyarakat, menyajikan ketauladanan, menyebarluaskan informasi dan kebijakan pendidikan, serta memotivasi masyarakat untuk gemar membaca. Untuk TV Edukasi Kemdikbud bisa diakses melalui laman https://tve.kemdikbud.go.id.

TV Edukasi sebagai langkah optimasi media pembelajaran, telah bekerjasama dengan berbagai layanan pengaliran video lainnya seperti Vidio dan UseeTV. (mfs)

Jadilah Guru yang siap dan mampu mendesain Teknologi Pembelajaran yang cocok dan relevan diterapkan di kurikulum merdeka!. Ayo bergabung bersama e-Guru.id dan rancang pembelajaran di kelas agar lebih menarik dan kekinian!

e-Guru.id yang merupakan suatu platform peningkatan kualitas dan kompetensi guru dan nikmati pelatihan gratis bersertifikat 32 JP setiap bulan serta fasilitas-fasilitas lainnya.

Klik di sini untuk mendaftar!

Download materi Diklat 40 JP pertemuan hari pertama pdf

Gabung grup Telegram Guru Cerdas Era Digital untuk mendapatkan informasi terkait dengan Diklat, Webinar/Seminar, Pelatihan, Workshop, Bimtek, Lokakarya, dan informasi terbaru di bidang pendidikan.
Klik di sini untuk bergabung!

Berita Terkait

Saran Kemendikbud soal Pelatihan di PMM: Daripada Menjadi Beban Administratif, Lebih Baik Pilih yang Cocok
5 Pilihan untuk Memudahkan Membuat Bahan Ajar dengan Bantuan AI
Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK
Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini
Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024
Tampilan LMS PPG Daljab dan Modul PPG Daljab 2024 Bagi yang Diundang sebagai Peserta 
Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan
Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024
Berita ini 58 kali dibaca

Berita Terkait

Rabu, 29 Mei 2024 - 02:34 WIB

Saran Kemendikbud soal Pelatihan di PMM: Daripada Menjadi Beban Administratif, Lebih Baik Pilih yang Cocok

Rabu, 29 Mei 2024 - 01:49 WIB

5 Pilihan untuk Memudahkan Membuat Bahan Ajar dengan Bantuan AI

Senin, 27 Mei 2024 - 17:53 WIB

Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK

Senin, 27 Mei 2024 - 10:54 WIB

Nasib! Ratusan Honorer Terancam Batal Diangkat Jadi PPPK Tahun Ini

Senin, 27 Mei 2024 - 10:52 WIB

Terbaru, Khusus untuk Guru Honorer! Pemerintah Tetapkan 2 Syarat Utama Bisa Mengikuti Seleksi PPPK Guru 2024

Senin, 27 Mei 2024 - 09:27 WIB

Biaya Kuliah Dinilai Terlalu Mahal, Kemendikbud Beri Penjelasan

Minggu, 26 Mei 2024 - 11:19 WIB

Update Pencairan Tambahan 1 Bulan TPG untuk Guru Sertifikasi Maupaun Nonsertifikasi Per Tanggal 26 Mei 2024

Sabtu, 25 Mei 2024 - 16:06 WIB

Mahasiswa Tolak Student Loan Usulan Menteri Pendidikan, Itu Bisnis

Berita Terbaru

Keluarga Besar SD Negeri 001 Tanjung Perepat, Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau, mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa di bulan suci Ramadan 1444 H / 2023.

News

Tidak Ada Khaki, Ini Bedanya Seragam PNS dan PPPK

Senin, 27 Mei 2024 - 17:53 WIB