Home / Advertorial / Pelatihan Guru

Sabtu, 7 Mei 2022 - 23:00 WIB

Diklat Bersertifikat 32JP Pembelajaran Aktif dan Kreatif 6 Literasi Dasar

E-Guru.id menyelenggarakan diklat pada tanggal 10, 11, 13, 17, 19, dan 23 Mei 2022 dengan judul “Pembelajaran Aktif dan Kreatif ‘6 Literasi Dasar’”.

Pelatihan ini menghadirkan instruktur yang tentunya berpengalaman dan ahli di bidangnya yaitu Ibu Diana Earlyana Lesmana, S,.Pd.I dengan beberapa materi yang akan disampaikan yaitu sebagai berikut :

  1. Pendahuluan berupa pengantar 6 Literasi Dasar seperti Baca-Tulis, Numerasi, Sains, Finansial, Digital dan Budaya
  2. Pembelajaran Aktif dan Kreatif Literasi Baca Tulis dan Numerasi
  3. Pembelajaran Aktif dan Kreatif Literasi Sains
  4. Pembelajaran Aktif dan Kreatif Literasi Digital
  5. Pembelajaran Aktif dan Kreatif Literasi Budaya dan Kewarganegaraan
  6. Merancang Kegiatan Pembelajaran Aktif dan Kreatif Literasi

Dengan mengikuti diklat ini, peserta juga akan mendapatkan Sertifikat 32JP dan beberapa fasilitas seperti Materi Pelatihan, Full Support dari Tim Instruktur, dan Laporan Pengembangan Diri.

Untuk dapat mengikuti pelatihan ini maka Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 97.000 saja.

Pendaftaran dapat dilakukan dengan mengisi formulir pendaftraran dengan cara KLIK DISINI, kemudian Anda dapat membayar biaya pendaftarannya.

Apabila Anda membutuhkan bantuan dalam pendaftaran diklat ini maka Anda dapat menghubungi Kontak Admin di bawah ini :

088225471197 (Eka)

Terdapat 6 literasi dasar yang perlu diketahui yaitu sebagai berikut :

  1. Literasi Baca Tulis

Literasi Baca Tulis adalah kecakapan dalam memahami isi teks tertulis, baik yang tersirat maupun tersurat, untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi diri.

Baca Juga:  Pembagian Sertifikat dan Fasilitas Bimtek Gratis 40JP Kiat Sukses Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif Kenaikan Pangkat

2. Literasi Numerasi

Literasi Numerasi adalah kecakapan untuk menggunakan berbagai macam angka dan symbol yang terkait dengan matematika dasar untuk memecahkan masalah praktis dalam berbagai macam konteks di kehidupan sehari-hari.

3. Literasi Sains

Literasi Sains adakah kecakapan untuk memahami fenomena alam dan sosial di sekitar kita serta mengambil keputusan yang tepat secara ilmiah.

4. Literasi Digital

Literasi Digital adalah kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi.

5. Literasi Finansial

Literasi Finansial adalah kecakapan untuk mengaplikasikan pemahaman tentang konsep resiko, keterampilan, dan motivasi dalam konteks finansial.

6. Literasi Budaya dan Kewarganegaraan

Literasi Budaya dan Keraganegaraan adalah kecakapan dalam memahami dan bersikap terhadap kebudayaan Indonesia sebagai identitas bangsa serta memahami hak dan kewajiban sebagai warga negara.

Berikut terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuat peserta didik aktif dalam pembelajaran yaitu :

  1. Mengenalkan sebuah fenomena yang menarik, fenomena menarik dapat berkaitan dengan tema pembelajaran yang sebelumnya belum diketahui oleh peserta didik. Sehingga akan meningkatkan rasa ingin tahu dan otomatis akan memunculkan banyak pertanyaan.
  2. Permainan words in a question yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan bertanya peserta didik. Dalam permainan ini guru dapat memberikan beberapa kata atau rangkaian kata dan kemudian meminta peserta didik untuk dapat membuat kalimat tanya yang mengandung kata-kata tersebut.
  3. Memberikan pertanyaan pancingan dengan tujuan untuk merangsang rasa ingin tahu dari peserta didik.
  4. Membentuk kelompok belajar dalam kegiatan pengamatan dan bertanya, dalam hal ini guru membentuk kelompok peserta didik dengan anggita kelompok wajib membuat minimal satu pertanyaan. Dengan ini akan lebih mengasah peserta didik dalam membuat pertanyaan yang berbobot, kemudian guru dapat meminta peserta didik untuk memilih tiga pertanyaan yang paling bagus menurut kelompoknya.
  5. Melengkapi pertanyaan, guru dapat memberikan tugas kepada peserta didik untuk melengkapi pertanyaan yang dimulai dengan kata “bagaimana kalua” atau “bagaimana kalua tidak”. Maka dari itu peserta didik akan berusaha untuk merealisasikan pengetahuan yang dipelajari dengan pertanyaan.
  6. Memulai kelas dengan bertanya, sebelum memulai pelajaran, guru dapat memberitahukan tema pelajaran yang akan dipelajari pada hari itu dan kemudian meminta peserta didik untuk dapat menuliskan pertanyaan tentang apa yang ingin diketahui dari tema tersebut.
  7. Memberikan penghargaan, guru dapat memberikan stimulus kepada peserta didik untuk dapat bertanya dengan memberikan penghargaan. Penghargaan yang besar dapat diberikan kepada peserta didik yang memiliki kuantitas dan kualitas pertanyaan dengan baik. (esy/esy)

Share :

Baca Juga

Advertorial

Download Materi Ke-Empat Bimtek 40JP : Kiat Suskes Publikasi Ilmiah dan Karya Inovatif

Pelatihan Guru

Apakah Anda Sudah Mampu Mengoptimalkan WhatsApp untuk Pembelajaran Jarak Jauh?
https://naikpangkat.com/download-materi-diklat-hari-ke-4-meningkatkan-keterlibatan-peserta-didik-dengan-game-dan-presentasi-interakttif-membuat-akun-nearpod/

Advertorial

Download Materi Diklat Hari Ke-4 Meningkatkan Keterlibatan Peserta Didik dengan Game dan Presentasi Interakttif: Membuat Akun Nearpod

Karya Ilmiah

Penting! Menerbitkan Buku Ber-ISBN Untuk Kenaikan Pangkat Guru

Advertorial

Download Materi Pertemuan Kedua Bimtek Gratis 40JP Membuat Artikel Ilmiah

Advertorial

Seminar Nasional Bersertifikat : Transformasi Pendidikan Guru Melalui PPG

News

Daftar Sekarang Juga, Paket Bundling Pelatihan 32 JP: Belajar Pembuatan Video Animasi Pembelajaran Menggunakan Powerpoint & Camtasia!
website guru

Pelatihan Guru

e-Course Penggunaan WhatsApp untuk Pembelajaran dan Penilaian Otomatis