Home / Sosok

Rabu, 23 November 2022 - 03:16 WIB

Dian Armiznah: Menjadi Guru karena Terinspirasi Sang Ayah

Dian Armiznah adalah sosok guru senior yang saat ini mengajar di MAN Aceh Barat Daya. Ayahnya merupakan manusia paling berpengaruh dalam hidupnya karena ayahnya lah, ia akhirnya memilih menjalani profesi guru hingga saat ini. 

Dian Armiznah atau yang akrab disapa Bu Dian lahir ketika ayahnya bertugas sebagai guru di SMA Sigli. Ibunya merupakan guru TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an). Dapat dikatakan bahwa di keluarganya sangat kental dengan dunia pendidikan. 

“Saya tertarik menjadi guru karena melihat ayah saya yang setiap hari didatangi oleh siswanya untuk belajar bermain gitar. Ayah saya seorang guru kesenian di sekolahnya. Beliau termasuk guru yang disenangi oleh siswa,” ungkap guru yang memiliki hobi membaca tersebut. 

Bukan hanya profesinya saja yang ingin ditiru oleh Bu Dian dari ayahnya. Menjadi guru yang disenangi oleh siswa juga menjadi impian bagi guru yang mengajar Matematika tersebut. 

Sebagai guru Matematika, Dian Armiznah selalu ingin menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Meskipun mata pelajaran Matematika sering dianggap sebagai momok oleh sebagian besar siswanya. 

Dalam tulisannya dengan judul Matematika Itu Ilmu yang Menyenangkan yang diterbitkan di NaikPangkat.com, ia mengungkapkan untuk bisa menjadi guru Matematika yang menyenangkan harus mampu membangun kedekatan dengan siswa sehingga para siswa tersebut tidak merasa takut untuk bertanya ketika tidak memahami salah satu materi yang diajarkan. 

“Di samping itu, untuk menjadikan Matematika sebagai ilmu yang menyenangkan bagi siswa, diperlukan kepiawaian guru Matematika dalam mengasuh mata pelajaran tersebut dengan menggunakan berbagai metode dan strategi yang menarik. Sehingga siswa merasa senang dan bergairah serta merasa asyik saat belajar Matematika,” tulisnya. 

Selain menjadi guru Matematika di sekolah, guru perempuan yang saat ini tinggal di Aceh Barat Daya tersebut juga kerap membimbing anak didiknya dalam berbagai perlombaan. Ia pernah mengantarkan siswanya menjadi juara 2 pada ajang Porseni (Pekan Olahraga dan Seni) di Provinsi Aceh di Bidang Syarhil Quran. 

Baca Juga:  Peneliti Mengatakan RUU Sisdiknas Berpotensi Bermasalah

“Juli 2018, saya dipercayakan untuk membimbing siswa dalam bidang Syarhil Qur’an untuk mengikuti Porseni ke-XVI di Kota Subulussalam. Dan Alhamdulillah, mereka dapat meraih juara dua se-Aceh,” kenangnya. 

Bukan hanya itu saja, di tahun berikutnya, ia juga pernah mengantarkan anak-anaknya menjadi juara satu dalam perlombaan yang sama pada acara Riab Fair yang diselenggarakan oleh Madrasah Ruhul Islam Anak Bangsa Banda Aceh. 

Guru alumni UIN Ar-Raniry Banda Aceh tersebut memang sudah banyak pengalaman dalam mengantarkan anak didiknya menuju gerbang kesuksesan. Namun demikian, hal itu tak lantas membuatnya lekas puas. Meskipun saat ini terbilang sudah tidak muda lagi, namun semangat Dian Armiznah untuk belajar tetap tinggi. 

Bari-baru ini, ibu dengan lima anak tersebut baru saja mengikuti pelatihan penulisan yang diselenggarakan oleh NaikPangkat.com. Setelah latihan selesai, berkolaborasi dengan guru yang lainnya, ia mampu menerbitkan sebuah buku antologi dengan judul “Merdeka Mendidik”. 

“Di usia saya yang sudah berkepala 5 ini, menulis adalah hal yang sangat berat saya rasakan.  Setelah membuat skripsi di akhir kuliah 32 tahun yang lalu, saya tidak pernah menulis sama sekali,” tuturnya. 

“Alhamdulillah, pada Juli 2022, ada WA masuk di HP saya tentang pelatihan 30 Hari Jago Menulis, saya agak tertarik juga ingin mencoba ikut bergabung dalam pelatihan itu. Setelah beberapa hari saya mengikutinya dan mencoba menyelesaikan beberapa tugas,  alhamdulillah saya bisa membuat dua tulisan dengan judul “Merdeka Mendidik” dan  “Matematika itu Menyenangkan”,” sambungnya lagi. 

Memang bagi guru di manapun berada, belajar atau melakukan pengembangan diri di era digital seperti sekarang jauh lebih mudah. Banyak platform penyelenggara pelatihan online yang dapat diikuti dari mana saja, di antaranya adalah e-Guru.id. (*)

Daftarkan diri Anda sebagai anggota e-Guru.id dan dapatkan pelatihan gratis setiap bulan untuk meningkatkan kompetensi sebagai pendidik. Caranya, klik pada link ini atau poster berikut untuk gabung menjadi member e-Guru.id!

Editor: Moh. Haris Suhud, S.S.

Share :

Baca Juga

Sosok

Elmi: Guru dan ‘Master Chef’ Pemenang Berbagai Perlombaan

Sosok

Kiswati: Kepala Sekolah, Pembelajar Sepanjang Hayat

Sosok

Sarmina Tampubolon: Penulis Buku dan Pendiri Rumah Pintar Bunda

Sosok

Marjito: Guru dengan Segudang Pengalaman Peraih Juara Olimpiade Sains

Sosok

Sri Susilawati:  Anak Tukang Becak yang Sukses Mengantarkan Siswanya Meraih Cita-Cita

Sosok

Ifa Hidayah: Guru Madrasah Berprestasi Tingkat Nasional

Sosok

Hendra Dwi Permana: Guru Konten Kreator

Sosok

Nadrita: Kelas Jadi Lebih Berwarna Setelah Belajar Bersama e-Guru.id